Logo Sulselsatu

Kabar Baik! Bio Farma Kembangkan Vaksin Virus Corona

Asrul
Asrul

Kamis, 05 Maret 2020 00:30

ilustrasi. (int)
ilustrasi. (int)

SULSELSATU.com – Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya dua warga negara Indonesia positif terjangkit virus corona, setelah berinteraksi dengan orang Jepang berkunjung, Senin (2/3/2020) lalu.

Setelah pengumuman tersebut, warga sempat dilanda kepanikan, banyak warga yang berburu antiseptik dan masker untuk mencegah penularan virus corona

Namun saat ini, warga mendapat kabar baik dari Produsen vaksin PT Bio Farma (Persero) yang tengah berkoordinasi dengan lembaga penelitian untuk membuat vaksin virus corona.

Baca Juga : Untuk yang Ketiga Kalinya, UNM Umumkan Lockdown

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, pihaknya tengah berdiskusi dengan beberapa lembaga penelitian untuk mengembangkan vaksin ini. Salah satunya adalah dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Indonesia kan sudah ada yang positif corona. Artinya, kita sudah punya sampel virusnya. Makanya, nanti kami dengan Balitbangkes Kemenkes akan meneliti. Semoga kita bisa bikin vaksin ke depan,” kata Honesti, seperti yang dilansir dari kontan, Rabu (4/3/2020).

Honesti menjelaskan, waktu yang dibutuhkan untuk penelitian hingga vaksin bisa diedarkan ke masyarakat berkisar antara 10 sampai 15 tahun.

Baca Juga : VIDEO: Takut Corona, Perampok Ini Pakai Masker dan Hand Sanitizer

Akan tetapi, jika menjalin kerjasama dengan lembaga penelitian, maka kemungkinan akan ada jalur pintas untuk pembuatan vaksin ini.

“Misalnya, ada lembaga riset yang sudah sampai tahap 1 tapi mereka tidak punya kapasitas untuk melanjutkan. Kalau seandainya sudah ada yang sampai tahap 2, bisa dua sampai tiga tahun lebih cepat. Jadi memang harus koordinasi,” ungkap Honesti.

Meskipun belum memiliki vaksin virus corona, Honesti menyampaikan bahwa Indonesia telah mempunyai vaksin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Persediaan vaksin tersebut juga ia klaim mencukupi.

Baca Juga : VIDEO: Viral, Pengantin Pria Dihukum Push Up di Atas Pelaminan karena Tak Pakai Masker

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...
News28 Maret 2024 22:59
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Vale Umumkan Jajaran Komisaris Baru
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jasmine Room, Soehanna Hall, The Energy Building Jal...