Logo Sulselsatu

Perangi Jukir Liar, PD Parkir Wacana Terapkan Karcis Insidentil

Asrul
Asrul

Jumat, 06 Maret 2020 08:55

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PD Parkir Raya Makassar berencana menjalankan parkir insidentil di sejumlah titik untuk memberikan efek jera juru parkir (jukir) liar yang memasang tarif mahal.

Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya Ilham Syah Gaffar mengatakan, parkir insidentil adalah langkah di mana masyarakat kerap dirugikan dengan keberadaan jukir liar memberikan pungutan tinggi.

“Kami cuma mau melakukan sebuah tindakan yang pada notabenenya masyarakat dirugikan karena disuruh bayar Rp10 ribu untuk mobil, disuruh bayar Rp5 ribu untuk motor tidak ada karcisnya. Maka kami lakukan sebuah tindakan yang namanya karcis insidentil,” kata Ilham di Hotel Almadera, Jalan Somba Opu Makassar, Kamis (5/3/2020).

Baca Juga : VIDEO: Lakukan Pungli Parkir Liar, Jukir Bertato Ini Nangis Saat Diintrogasi Petugas

“Ini memberikan tindakan kepada jukir liar yang memungut biaya parkir jasa yang bukan pada tempatnya. Contohnya di IMMIM, Bambuden, coba kita lihat bagaimana mereka menerima parkir dengan harga Rp10 ribu, apa yang mereka dapat? Begitu parkir mereka hilang,” ucapnya.

Meskipun demikian, karcis insidentil masih sebatas uji coba saja, pasalnya karcis insidentil juga bakal kembali dikoordinasikan dengan Pemerintah Kota Makassar.

“Kalau itu masih sekarang kami sedang memberi masukan ke Pemerintah Kota Makassar mengenai itu, apakah diterima atau tidaknya itu tergantung pemerintah,” ucapnya.

Baca Juga : PD Parkir Janjikan Penambahan PAD pada Penerapan Parkir Online

Adapun kriteria tempat untuk menerapkan karcis insidentil di tempat yang ramai, misalnya acara pernikahan, hingga acara dadakan seperti konser.

“Kriteria tempat misalnya ada pengantin, ada acara dadakan, konser itu disiapkan supaya masyarakat tidak lakukan perparkiran di tepi jalan,” terangnya.

Penulis: Resti Setiawati
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Metropolitan29 Maret 2024 16:44
Danny Pomanto Siap Adopsi Penerapan Kabel Bawah Tanah Ala Singapura di Makassar
Pembangunan Ducting Sharing atau pemindahan kabel ke bawah tanah di Makassar segera terealisasi. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto baru saja usai...
Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Ekonomi29 Maret 2024 09:12
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepa...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...