Logo Sulselsatu

Begini Prosedur Pengambilan Ijazah Calon Wisudawan Unhas Periode Maret

Asrul
Asrul

Selasa, 17 Maret 2020 20:20

Gedung rektorat Universitas Hasanuddin Makassar
Gedung rektorat Universitas Hasanuddin Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebagaimana disampaikan sebelumnya melalui Surat Edaran Rektor Unhas Nomor 7522/UN4.1/PK.03.03/2/2020 bahwa pelaksanaan Wisuda Periode III Tahun Akademik 2019/2020, yang sedianya dilaksanakan pada tanggal 17 dan 18 Maret 2020 mengalami penundaan.

Hal ini berkaitan dengan upaya memutus rantai penyebaran virus Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia sebagai pandemi global, dan telah ditetapkan pula oleh Pemerintah Indonesia sebagai bencana non alam.

Sebagaimana lazimnya, prosesi wisuda di Universitas Hasanuddin bukan saja merupakan acara seremonial biasa. Salah satu segmen penting adalah penyerahan ijazah dan transkrip nilai yang asli, sebagai bukti resmi dan sah penggunaan gelar sesuai aturan yang berlaku.

Baca Juga : Transparency International Suarakan Praktik Korupsi dan Eksploitasi Lingkungan di Pesisir Takalar

Tidak sedikit alumni baru yang membutuhkan ijazah dan transkrip nilai tersebut untuk mewujudkan rencana yang telah mereka siapkan.

Untuk merespon hal tersebut, Bidang Akademik Unhas telah memutuskan Prosedur Pengambilan Ijazah dan Transkrip Nilai khusus untuk alumni yang mengalami penundaan pelaksanaan Wisuda Periode III Tahun Akademik 2019/2020.

Prosedur tersebut adalah sebagai berikut:

Baca Juga : Fakultas Kedokteran Unhas Kini Punya Tiga Guru Besar Baru

1. Calon wisudawan/wisudawati datang ke bagian akademik di fakultas masing-masing. Pihak fakultas telah menyiapkan form yang harus diisi oleh wisudawan/wisudawati.

Harap diperhatikan bahwa pengambilan ijazah dan transkrip nilai ini tidak dapat diwakilkan. Calon wisudawan/wisudawati agar membawa Kartu Tanda Mahasiswa atau bukti lainnya yang menunjukkan bahwa dirinya adalah calon wisudawan/wisudawati Periode III Tahun Akademik 2019/2020. Selain itu, calon wisudawan/wisudawati agar memastikan dirinya dalam keadaan sehat.

2. Setelah mengisi form, pihak akademik fakultas akan melakukan verifikasi keabsahan data calon wisudawan/wisudawati, dan memproses pengambilan ijazah ke bagian akademik universitas. Proses verifikasi oleh bagian akademik fakultas dan universitas ini diperkirakan membutuhkan waktu selama 3 (tiga) jam.

Baca Juga : Mahasiswa Agroteknologi Unhas Ikut partisipasi Budidaya Sukun di Kota Palopo

3. Setelah data terverifikasi, calon wisudawan/wisudawati dapat mengambil ijazahnya pada hari yang sama, juga di bagian akademik fakultas masing-masing. Waktu pelayanan adalah pada jam kerja, yaitu mulai pukul 08.00 s.d. 16.00 Wita.

Agar kiranya diperhatikan, pengisian form dan pengambilan ijazah serta transkrip asli oleh calon wisudawan/wisudawati berlangsung melalui bagian akademik di fakultas masing-masing. Informasi lainnya dapat dikomunikasikan melalui bagian akademik fakultas.

Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, menjelaskan bahwa prosedur ini diputuskan dalam rapat bidang akademik, sebagai wujud kepedulian terhadap alumni baru yang mengalami penundaan waktu wisuda.

Baca Juga : Prof Jamaluddin Jompa Janji Bawa Unhas Naik Kelas Jadi World Class University

“Kita tetap akan melaksanakan wisuda, namun waktunya belum dapat kita pastikan, menunggu perkembangan situasi. Sementara itu, bagi calon wisudawan/wisudawati yang membutuhkan ijazah dan transkrip nilai dalam waktu secepatnya, kami berikan kesempatan melalui mekanisme ini,” kata Suharman.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...
Sulsel28 Maret 2024 13:19
Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis
perencanaan pembangunan 2025 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini...