Logo Sulselsatu

Cegah Penyebaran Corona, Masjid Al-Aqsa Tutup Total

Asrul
Asrul

Senin, 23 Maret 2020 18:34

Masjid Al- Aqsa (Int)
Masjid Al- Aqsa (Int)

YERUSALEM – Otoritas terkait memutusukan untuk menutup kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem. Penutupan ini mulai diberlakukan hari ini, Senin (23/3/2020).

Direktur Masjid Al-Aqsa, Omar Kiswani menuturkan, ini merupakan penutupan total pertama masjid sejak 1967. Kebijakan penutupan ini diperintahkan langsung oleh Dewan Wakaf Yordania sebagai pengurus masjid yang menjadi situs tersuci ketiga bagi umat Islam tersebut.

Dilansir AFP, menurut Badan Wakaf, umat Muslim “tidak dapat mengunjungi kompleks Al-Aqsa untuk sementara waktu berdasarkan atas rekomendasi keagamaan dan medis.”

Baca Juga : Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Door to Door di Aceh

Sebelum aturan penutupan diterapkan, pihak Israel, yang mengontrol gerbang masuk ke kompleks masjid juga telah memblokir akses ke Al Aqsa.

Sponsored by MGID

Pengurus masjid juga sebelumnya sudah melarang jemaah masuk dan beribadah ke dalam masjid. Namun, para jemaah masih bisa beribadah di wilayah terbuka kompleks Al Aqsa.

Pada Jumat pekan lalu, terhitung hanya ada ratusan jemaah yang menunaikan salat Jumat di Masjid Al Aqsa. Padahal, biasanya sekitar 30 ribu jemaah kerap menunaikan salat Jumat di masjid tersebut.

Baca Juga : Peserta SKD CPNS 2021 Wajib Pakai Masker 3 Lapis

Sejak awal Maret lalu, Kementerian Agama dan Wakaf Yordania sebagai pengurus Al Aqsa memerintahkan seluruh gereja dan masjid di wilayah Palestina untuk ditutup sementara.

Kantor berita Palestina, Wafa, melaporkan masjid di seluruh Tepi Barat, Palestina, juga telah mengimbau umat Muslim untuk melaksanakan salat di rumah masing-masing untuk sementara waktu demi menghindari keramaian yang bisa meningkatkan risiko terpapar Covid-19.

Pengumuman itu disampaikan masjid-masjid melalui pengeras suara.

Baca Juga : Agar Tak Menimbulkan Kerumunan, Lokasi Live Score SKD CPNS di Luwu Utara Ditiadakan

Sejauh ini, Palestina mencatat memiliki 59 kasus virus corona dengan nihil kematian. Sementara itu, Israel memiliki 1.238 kasus dengan satu kematian.

Editor: Hendra Wijaya

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi17 September 2021 13:45
Komitmen Pada Isu Lingkungan, PLTU Co-firing Enceng Gondok Raih Penghargaan Internasional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT PLN (Persero) berupaya terus menjaga keseimbangan aspek lingkungan hidup dan keekonomian operasional, termasuk di ...
Video16 September 2021 23:06
VIDEO: Emak-emak Ini Tuduh Driver Ojol Curi Emas Ketika Antar Paket COD
SULSELSATU.com – Seorang driver ojek online dituduh curi emas milik seorang ibu-ibu viral di media sosial. Ojol DKI Jakarta dituduh mencuri seju...
Makassar16 September 2021 21:02
Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Temui Wali Kota Danny
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menerima kunjungan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS)...
Sponsored by MGID
Makassar16 September 2021 20:49
AUHM Rampungkan Vaksinasi Pekerja THM, Berharap Segera Beroperasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Asosiasi Usaha Hiburan Makassar (AUHM) tengah merampungkan vaksinasi untuk seluruh pekerja usaha hiburan. Kegiatan it...