Logo Sulselsatu

Soal Pembatalan UN, Kadisdik Sinjai: Kita Ikuti Kebijakan Pemerintah

Asrul
Asrul

Sabtu, 28 Maret 2020 21:50

Kepala Kesbangpol Sinjai, Andi Jefrianto Asapa. (Ist)
Kepala Kesbangpol Sinjai, Andi Jefrianto Asapa. (Ist)

SULSELSATU.com, SINJAI – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Sinjai, Andi Jefriyanto Asapa siap mengikuti kebijakan pemerintah pusat terkait keputusan Presiden RI, Joko Widodo mengenai pembatalan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SD, SMP, dan SMA.

menurut Andi Jefri, keputusan pemerintah pusat terkait pembatalan pelaksanaan ujian nasional ini tentunya merupakan langkah terbaik dalam meminimalisir penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang sekarang ini sedang mewabah di Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan.

“Keputusan tersebut ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas dengan pihak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Selasa 24 Maret kemarin. Bagi kami keputusan tersebut patut kita ikuti, karena sejak awal kita sudah mengantisipasi segala kemungkinan yang menjadi keputusan pemerintah pusat akibat mewabahnya virus corona sekarang ini terjadi,” kata Andi Jefri

Baca Juga : Hamka Gani Ajak Warga Kampala Bersatu Majukan Desa

Andi Jefri mengungkapkan bahwa dengan langkah pembatalan UN yang ditetapkan oleh pemerintah pusat tidak akan jadi hambatan saat melanjutkan ke tingkat selanjutnya. Sebab menurutnya, kelulusan siswa akan ditentukan berdasarkan hasil rapor dari lima semester yang telah dilalui.

“Untuk kelulusan dan penentuan kenaikan kelas berdasarkan pada nilai ujian semester yang ada dan ini yang menjadi tugas guru di sekolah untuk mulai saat ini harus melakukan inventarisir nilai-nilai tersebut,” ungkapnya.

Sedangkan terkait dengan pembuatan soal yang sudah dilakukan oleh Dinas Pendidikan, kata Andi Jefri bahwa soal-soal tersebut nantinya akan menjadi tugas tambahan bagi siswa yang diliburkan saat ini menjadi tugas tambahan di rumah.

Baca Juga : Jelang Akhir Tahun, Kepala Daerah di Sulsel Kebut Vaksinasi

“Sementara mengenai paket kesetaraan, kita masih menunggu petunjuk selanjutnya dari Pemerintah Pusat. Sebab hal tersebut tidak diatur dalam surat edaran Kemendikbud. Untuk siswa yang mengukuti paket kesetaraan tidak mengikuti ujian semester seperti sekolah lain, sehingga kami masih menunggu petunjuk dari pihak Kemendikbud terkait penentuan kelulusannya,” jelasnya.

Penulis: Andin Irfan Arjuna
Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...