Logo Sulselsatu

Muhammad Syarifuddin Gantikan Hatta Ali Jadi Ketua MA

Asrul
Asrul

Senin, 06 April 2020 14:20

Mahkamah Agung. (INT)
Mahkamah Agung. (INT)

SULSELSATU.com – Hatta Ali resmi memiliki pengganti sebagai Ketua Mahkamah Agung. Dia adalah Muhammad Syarifuddin.

Muhammad Syarifuddin ditetapkan sebagai Ketua MA usai menang dalam pemilihan secara voting dari para hakim agung yang memiliki hak suara. Ia terpilih setelah voting dilakukan dalam 2 putaran.

Pada putaran pertama, Syarifuddin mendapatkan 22 dari 44 suara sah. Adapun 2 suara tidak sah dan Hatta Ali menyatakan abstain.

Baca Juga : Jalin Kerja Sama yang Baik dengan Peradilan Makassar, Ketua Mahkamah Agung Puji Pemkot Makassar

Suara terbanyak kedua di bawah Syarifuddin ialah Ketua Muda MA bidang Pengawasan sekaligus jubir MA, Andi Samsan Nganro, dengan 14 suara. Adapun terbanyak ketiga ialah Wakil Ketua MA bidang Non-Yudisial, Sunarto, dengan 5 suara.

Lantaran tak memenuhi syarat 50% suara plus 1, voting dilanjutkan ke putaran kedua yang hanya diikuti Syarifuddin dan Andi Samsan Nganro.

Dalam voting putaran kedua, Syarifuddin mendapatkan 32 dari 46 suara sah. Sementara Andi Samsan Nganro mendapatkan 14 suara. Adapun 1 suara yakni Hatta Ali abstain. Dengan hasil tersebut, Syafruddin ditetapkan sebagai Ketua MA terpilih.

Baca Juga : VIDEO: Perjuangan Lucas Mencari Keadilan

Selanjutnya Syarifuddin akan mengucap sumpah jabatan di hadapan Presiden Jokowi setelah Hatta Ali menanggalkan jabatannya pada 1 Mei 2020.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video01 Mei 2024 22:26
VIDEO: Plafon Masjid di Makassar Roboh Usai Salat Ashar
SULSELSATU.com – Plafon Masjid di Jalan Andalas, Kelurahan Melayo, Wajo, Makassar Roboh Kejadian ini terjadi pada Selasa (30/4/2024). Insiden te...
Turatea01 Mei 2024 22:03
Hadiri Peringatan HUT Jeneponto, Pj Ketua TP PKK Sulsel Serahkan Sejumlah Bantuan
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, mendampingj Penjabat Gubernur Bahtiar Baharuddin, men...
OPD01 Mei 2024 21:51
Ketua DPRD Sulsel Terima Langsung Demonstran Dari Serikat Buruh
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sejumlah organisasi serikat pekerja menggelar aksi turun ke jalan dalam memperingati Hari Buruh Internasional 1 Mei 2...
Ekonomi01 Mei 2024 21:19
Lakukan One on One Meeting, Dirut BRI Sunarso dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia
SULSELSATU.com, JAKARTA – Direktur Utama BRI Sunarso bertemu langsung lakukan one on one meeting dengan CEO Microsoft Satya Nadella di Jakarta Conve...