Logo Sulselsatu

FIKP Unhas Bantu Kebutuhan Pokok Mahasiswa Terdampak Covid-19

Asrul
Asrul

Senin, 06 April 2020 13:20

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Saat ini Indonesia tengah dihadapkan pada pandemi Global Covid-19 yang mana mampu memengaruhi segala lini kehidupan bermasyarakat. Akibat dari pandemi ini, sejumlah kebijakan dikeluarkan aparat pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang tentu secara sadar memengaruhi kehidupan beraktivitas warga masyarakat.

Mrespon situasi tersebut, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin membagikan ratusan paket bahan pokok kepada mahasiswa Unhas yang berdiam di kawasan sekitar kampus. Saat ini masih terdapat ratusan mahasiswa yang berdomisili di asrama dan pemondokan, yang ikut merasakan dampak pembatasan sosial akibat wabah Covid-19.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIKP Unhas Muh Farid Samawi, menjelaskan bahwa pihaknya merasa prihatin dengan situasi pembatasan sosial, dimana masih banyak mahasiswa yang tinggal sendirian, jauh dari keluarga dan orang tua.

Baca Juga : Transparency International Suarakan Praktik Korupsi dan Eksploitasi Lingkungan di Pesisir Takalar

“Situasi sekarang juga ikut menyulitkan mahasiswa yang masih tetap berada di Makassar dan tinggal di kos kosan. Karena kebanyakan mahasiswa mengkonsumsi makanan cepat saji. Tapi karena situasi sekarang, akhirnya banyak warung makan yang tutup. Pasti ini akan memengaruhi kondisi mereka,” jelas Farid, Senin (6/4/2020).

Bantuan bahan pokok yang dibagikan kepada para mahasiswa ini berasal dari dana yang dikumpulkan oleh sivitas akademik FIKP sendiri. Dari hasil penggalangan, pihak kemahasiswaan dapat mengumpulkan sebanyak 131 paket bahan pokok.

“Setiap paket terdiri atas 5 kg beras, 10 bungkus mie instan, 10 butir telur, 2 kaleng ikan dan 1 liter minyak goreng. Pembagian dilakukan dengan cara menghubungi mahasiswa yang didata sebelumnya untuk datang mengambil paket yang telah disediakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan dalam jumlah besar,” lanjut Farid.

Baca Juga : Fakultas Kedokteran Unhas Kini Punya Tiga Guru Besar Baru

FIKP Unhas akan terus melakukan kegiatan seperti ini sebagai bentuk tanggung jawab kepada mahasiswa yang terdampak langsung akibat pembatasan sosial.

“Kita tentu berharap wabah ini segera dapat diatasi. Namun jika saja keadaan darurat masih berkepanjangan, kita akan melanjutkan lagi bantuan dan dukungan kepada mahasiswa yang masih berdiam di sekitar kampus. Kami harapkan mahasiswa dapat fokus pada aktivitas perkuliahan secara daring dan tetap dapat menjaga kesehatan,” tutup Farid.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Sulsel28 Maret 2024 22:02
Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023
Dari data BPS pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa tumbuh positif. Menjadi 5,82 persen pada 2023, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya 4,5...
Video28 Maret 2024 21:34
VIDEO: Muchlis Misbah Atensi Khusus Pasar Sentral dan Butung
SULSELSATU.com – Podcast bersama Anggota DPRD Kota Makassar, Muchlis Misbah pada Selasa (26/3/2023) lalu. Dalam kesempatan tersebut, Muchlis Mis...
Nasional28 Maret 2024 21:30
Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Punya Fitur Lebih Responsif dan Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran
Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) meluncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3/2024) di Jakarta....
Makassar28 Maret 2024 20:39
Dihadapan Menteri PPPA, PJ Sekda Sebut Longwis dan Jagai Anakta Jadi Program Keterlibatan Peran Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Binta...