iklan Kareba Parlementa

Bupati Gowa Serahkan LKPJ ke DPRD Secara Virtual

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, GOWA – Penyampaian dan Penyerahan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Gowa Tahun Anggaran 2019 diserahkan secara virtual pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa melalui video conference, Rabu (27/5/2020).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dalam sambutannya mengatakan penyerahan LKPJ secara virtual ini dilakukan karena melihat situasi saat ini masih dalam pandemi Covid-19. Menurutnya hal ini sudah sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Dalam Negeri.

“Dalam surat Menteri Dalam Negeri Nomor 700/1723/otda tanggal 24 maret 2020 perihal perpanjangan waktu penyerahan LKPJ pada poin 6 berbunyi bahwa bupati dapat menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) kepada DPRD dengan memanfaatkan sarana teleconference dan/atau video conference,” kata Bupati Adnan.

Selain itu, LKPJ ini kata Adnan merupakan implementasi dari amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah pasal 69 ayat 1, bahwa kepala daerah diwajibkan menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban, dan ringkasan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagaimana diatur dalam pasal 19 ayat 1 peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019.

“Laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah disampaikan kepada DPRD dilakukan 1 kali dalam 1 tahun, paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir,” jelasnya.

Selain itu, Bupati Adnan dalam laporannya mengungkapkan selama empat tahun pemerintahannya bersama Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni Kabupaten Gowa mengalami tren positif. Hal ini sesuai hasil survei yang dilakukan oleh Jaringan Survei Indonesia (JSI). Hasil survei JSI menunjukkan bahwa kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan naik dari 83,3 persen di tahun 2018 menjadi 90,7 persen pada tahun 2019.

Orang nomor satu di Gowa ini juga menyebutkan bahwa hasil-hasil pembangunan Kabupaten Gowa kian nyata memberikan kebanggaan untuk masyarakat Kabupaten Gowa. Sampai dengan saat ini Pemerintah Kabupaten Gowa telah menerima 103 penghargaan, baik di tingkat nasional, regional maupun provinsi.

”Berbagai penghargaan tersebut tentu menggambarkan adanya peningkatan kinerja pemerintahan yang semakin baik bagi daerah dan masyarakat Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Selama empat tahun ini, Bupati Adnan menyebutkan beberapa urusan pemerintahan yang menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Gowa yaitu, urusan pendidikan, kesehatan, infrastruktur, lingkungan hidup, perhubungan, ketahanan pangan, koperasi dan UMKM, kebudayaan dan pariwisata, pemerintahan umum, bidang Keagamaan, bidang sosial, bidang keamanan dan ketertiban, bidang keuangan, kepemudaan, olahraga, komunikasi dan informasi, pelayanan publik, bidang organisasi dan tatalaksana.

“Penghargaan tertinggi diperoleh Kabupaten Gowa dari Menteri Dalam Negeri atas prestasi kinerja status sangat tinggi bintang dua dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) tahun 2017 peringkat ke-21 secara nasional,” ungkapnya.

Adnan menambahkan Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Gowa ini tak lepas dari keterlibatan dan kerja sama semua pihak, seperti DPRD Kabupaten Gowa, jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Kabupaten Gowa.

“Tentu menjadi harapan kita bersama, suasana yang aman dan kondusif ini dapat kita jaga dan rawat baik-baik. Apalagi menjelang Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Gowa ini,” harapnya.

Sementara itu sebanyak 36 anggota DPRD Kabupaten Gowa yang ikut dalam Rapat Paripurna tersebut menyetujui LKPJ Bupati Gowa Tahun Anggaran 2019 untuk dibahas lebih lanjut sesuai dengan aturan yang ada.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Asosiasi Pedagang Karisa Datangi Kantor DPRD Jeneponto, Ini Harapannya

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Sejumlah pengurus Asosiasi Pedagang Karisa mendatangi Kantor DPRD Jeneponto, Senin (28/9/2020). Mereka datang membawa sejumlah aspirasi para pedagang yang kiosnya terbakar...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Jalan Terjal Calon Bupati Petahana Majene Hadapi Tes Kesehatan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melaksanakan beberapa rangkaian tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020. Saat ini, jajaran KPU sedang...

Pjs Bupati Gowa Harap Pelaksanaan Pilkada Terapkan Protokol Kesehatan

SULSELSATU.com, GOWA - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Gowa, Andi Aslam Patonangi...

Artikel Lainnya

Muda Ungkap Tiga Alasan Partai Gelora Dukung Macca di Barru

SULSELSATU.com, BARRU - Pasangan calon bupati dan calon wakil Bupati Barru...

DPRD Sulsel Apresiasi Gerak Cepat Pemerintah Soal Kegiatan Ijtima Asia

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Ketua DPRD Sulsel, Muzayyin Arif memberi apresiasi...

Cegah Corona, PMI Gowa Terjunkan 250 Relawan di 10 Desa dan Kelurahan

SULSELSATU.com, GOWA - Guna membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penularan Corona...

Jurnalis Peduli Kemanusiaan Sulsel Bagikan 1.500 Masker

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Tim Posko Jurnalis Peduli Kemanusiaan (JPK) Sulawesi Selatan...

HUT Maros ke 61 Tahun, Nurdin Abdullah Serahkan Bantuan 25 Miliar

SULSELSATU.com, MAROS - Pemerintah Provinsi Sulsel menyerahkan bantuan sebesar Rp 25...

Terkini

Wabup Jeneponto Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemulihan Pasar Karisa

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar secara resmi menunjuk Wakil...

Gubernur Support Generasi Muda Sulsel Ikut Lomba Esai Persahabatan Indonesia-Jepang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), HM Nurdin Abdullah, mensupport...

DPD II Golkar Gelar Rapid Test Massal Gratis Bagi Warga Parepare

SULSELSATU.com, PAREPARE - DPD II Partai Golkar Kota Parepare melaksanakan rapid...

Penyusunan DED Stadion Mattoanging Habiskan Anggaran 20 Miliar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel Andi...

Direksi Ingatkan Karyawan PD Pasar Agar Netral di Pilwali Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Jelang Pilwali Makassar tahun 2021, Direktur Operasional PD...