Logo Sulselsatu

Pertumbuhan Ekonomi Barru Naik Satu Persen, Tertinggi di Ajatappareng

Asrul
Asrul

Senin, 01 Juni 2020 13:25

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, BARRU – Laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Barru di tahun 2019, mencatatatkan angka yang baik dibanding sejumlah daerah lain. Pertumbuhannya mencapai 7.41%. Naik dari angka 6,49% di tahun sebelumnya.

Berdasarkan data resmi, dari 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, Barru menempati urutan ketujuh untuk laju pertumbuhan ekonomi. Dibawa Bantaeng, Makassar, Soppeng, Selayar, Toraja Utara, dan Gowa.

Sedangkan di kawasan Ajatappareng yang meliputi lima daerah, Barru berada diperingkat pertama atau paling tertinggi. Disusul Kota Parepare 6.65%, Pirang 6.53%, Enrekang 5,43%, dan Sidrap 4,65%.

Baca Juga : Jelang Laga Bupati Cup 2023, Ini Daftar Club yang Resmi Terdaftar

Laju pertumbuhan ekonomi yang dicatatkan Barru di tahun 2019, sejalan dengan angka kemiskinan yang terus mengalami penurunan setiap tahunnya selama lima tahun terakhir. Begitupun Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan. Di tahun 2018, angkanya 70.05.

Bupati Barru Suardi Saleh menyebut, capaian di tahun 2019, merupakan kerja keras semua pihak. Baik jajaran pemerintahan, legislatif, pelaku usaha, dan elemen masyarakat. Termasuk aparat keamanan dalam menciptakan suasana yang kondusif dan aman.

“Capaian ini adalah kerja keras dan usaha kita semua untuk terus memajukan daerah kita,” kata Suardi Saleh saat ditanya mengenai pertumbuhan ekonomi di tahun 2019, Senin (1/6/2020).

Baca Juga : Tehnical Meeting Bupati Cup 2023 Digelar, Ini Pesan Kadispora Barru

Meskipun, lanjut dia, pertumbuhan ekonomi itu akan sulit dicapai lagi di tahun ini, akibat pandemi corona yang melanda hampir semua daerah di Indonesia selama tiga bulan terakhir.

“Tapi kita tak boleh pasrah. Tetap harus berusaha semaksimal mungkin, memberikan yang terbaik untuk rakyat dan daerah kita,” tambah Suardi Saleh yang berulangkali mendapat apresiasi dari Gubernur Sulsel

Nurdin Abdullah.

Baca Juga : Dilalap Si Jago Merah, Aliansi Jurnalis Barru Bantu Kerabat Sesama Wartawan

Sekadar diketahui, akibat pandemi corona, semua daerah di Sulsel, termasuk Barru meniadakan berbagai pembangunan fisik. Sebagian anggaran dialokasikan untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, maupun yang terkena dampak.

Khusus di Barru, beberapa kebijakan sudah diambil Pemkab Barru selama pandemi corona. Seperti meniadakan sejumlah retribusi, pajak hotel, restoran dan rumah makan. Begitupun kebijakan lainnya yang diyakini sangat berdampak pada penurunan pendapatan asli daerah.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video29 Maret 2024 16:46
VIDEO: Aksi Blokade di Lahan Pertambangan di Luwu Timur
SULSELSATU.com – Aksi blokade di dalam lokasi Izin Pertambangan PT. Citra Lampia Mandiri, Kamis (28/3/2024) kemarin. Blokade tersebut dilakukan ...
Metropolitan29 Maret 2024 16:44
Danny Pomanto Siap Adopsi Penerapan Kabel Bawah Tanah Ala Singapura di Makassar
Pembangunan Ducting Sharing atau pemindahan kabel ke bawah tanah di Makassar segera terealisasi. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto baru saja usai...
Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Ekonomi29 Maret 2024 09:12
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepa...