Logo Sulselsatu

Barru Tergolong Cepat Kendalikan Penyebaran Corona di Sulsel

Asrul
Asrul

Senin, 15 Juni 2020 11:50

Bupati Barru Suardi Saleh. (ist)
Bupati Barru Suardi Saleh. (ist)

SULSELSATU.com, BARRU – Apresiasi tinggi patut disematkan ke Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Barru di bawah kepemimpinan Suardi Saleh. Pasalnya, kabupaten berjuluk “Kota Hibridah” ini termasuk daerah di Indonesia yang tergolong cepat mengendalikan penyebaran virus corona.

Kendati hingga saat ini semua daerah belum aman dari penyebaran virus itu. Namun apa yang ditunjukkan Barru selama ini, patut diacungi jempol. Selain penanganan dan antisipasinya, juga angka kesembuhan warga yang sempat positif sudah mendekati 100%.

Tercatat, dari sembilan warganya yang pernah menjalani masa perawatan atau karantina pasca-positif, sudah delapan orang yang dinyatakan sembuh. Sisa satu yang menjalani masa karantina hingga Senin (15/6/2020).

Baca Juga : Jelang Laga Bupati Cup 2023, Ini Daftar Club yang Resmi Terdaftar

Bukan hanya itu, selama hampir sebulan terakhir, hanya satu tambahan kasus baru. Itupun langsung mendapat penanganan dari Tim Gugus Tugas, serta melakukan karantina kepada kedua orangtuanya meski negatif di rapid test.

Dibanding beberapa daerah lainnya di Sulsel, maupun di Indonesia, Barru sangat cekatan. Bahkan, hasil penelusuran dan kajian yang dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Pusat, menyebut jika Barru tergolong daerah yang rendah risiko penularan corona.

Begitupun pengakuan tentang langkah dan antisipasi Barru pernah disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, belum lama ini. Ia menyebut, bahwa kabupaten yang dipimpin Suardi Saleh tersebut sudah bisa mengendalikan Covid-19. Indikasinya, kasus positif baru semakin berkurang.

Baca Juga : Tehnical Meeting Bupati Cup 2023 Digelar, Ini Pesan Kadispora Barru

Terkait itu, Bupati Barru Suardi Saleh, memilih tidak ingin terlena dengan capaian yang ditunjukkan Tim Gugus Tugas dan berbagai elemen masyarakat selama kurang lebih tiga bulan terakhir.

“Kita sangat bersyukur dengan antisipasi dan pengendalian penyebaran selama ini. Tapi bukan berarti kita sudah benar-benar aman. Tetap wajib meningkatkan kewaspadaan dan mematuhi standar protokol kesehatan pencegahan dalam beraktivitas, maupun dalam kehidupan sehari-hari,” kata Suardi Saleh saat ditanya mengenai pengendalian Covid-19, Senin (15/6/2020).

Ia menaruh harapan besar, baik tim gugus tugas, maupun elemen masyarakat lainnya, agar tak henti-hentinya saling mengingatkan dan mengedukasi warga. Termasuk dalam menyambut tatanan baru atau era new normal.

Baca Juga : Dilalap Si Jago Merah, Aliansi Jurnalis Barru Bantu Kerabat Sesama Wartawan

“Memang kita mengarah lagi ke zona hijau. Namun sekali lagi, ancaman penyebaran virus corona itu masih ada. Terutama jika kita abai dan tidak mematuhi standar protokol kesehatan pencegahan,” jelasnya.

Tak lupa, Suardi Saleh menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua elemen masyarakat di Barru yang selama ini saling menunjukkan kepedulian di tengah pandemi, serta bisa bersama-sama mencegah penularan.

“Kalau kita sudah mulai mampu mengendalikan penyebaran Covid-19, tentu ini bukan peran pemerintah melalui tim gugus semata. Melainkan ini berkat kerjasama kita semua. Kerjasama berbagai lapisan. Karena itu, kita harus pertahankan dan tingkatkan lagi, sembari kita berdoa semoga secepatnya pandemi Covid-19 berakhir,” terang Suardi Saleh.

Baca Juga : Jalan Sehat BUMN Libatkan UMKM Lokal Barru Binaan Bank Mandiri

Untuk diketahui, Barru mulai mempersiapkan tatanan baru di tengah pandemi untuk bangkit kembali. Seperti sudah membolehkan aktivitas ibadah di rumah ibadah, perlahan menghidupkan geliat perekonomian rakyat, serta beberapa kebijakan lainnya.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....