Logo Sulselsatu

Sulsel Raih 3 Juara pada Lomba Inovasi Penyiapan New Normal

Asrul
Asrul

Selasa, 23 Juni 2020 11:23

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. (Sulselsatu/Jahir Majid)
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. (Sulselsatu/Jahir Majid)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulsel berhasil meraih tiga predikat juara dalam lomba inovasi daerah dalam penyiapan tatanan norma baru produktif dan aman dari Covid-19 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kompetisi ini diikuti oleh seluruh daerah yang terbagi 3 kategori pemenang, mulai tingkat provinsi, kabupaten dan kota. Terdapat tujuh sektor lomba yakni sektor pasar tradisional, mal, transportasi, restoran, hotel, PTSP dan tempat wisata.

Sulsel meraih juara 2 sektor pasar tradisional, juara 3 sektor hotel dan meraih juara 3 sektor tempat wisata. Sedangkan untuk kategori kabupaten, Sinjai meraih juara 2 pelayanan perpadu satu pintu dan untuk kategori kota, Parepare meraih juara 3 sektor tempat wisata.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Kucurkan Rp3,5 Miliar untuk Penanganan Banjir Jeneponto

Baca juga: Program DPMPTSP Sinjai Juara 2 Lomba Inovasi New Normal Kemendagri

Sponsored by MGID

Adapun pengumuman juara dilakukan di Sasana Bhakti Praja Gedung C Kemendagri, Jakarta, Senin, 22 Juni 2020 dengan protokol kesehatan yang ketat, serta disaksikan secara virtual melalui Zoom dan YouTube Badan Litbang Kemendagri.

Atas keberhasilan ini, Sulsel mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo yang disampaikan kepada Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat melaporkan perkembangan Covid-19 Sulsel di Istana Negara.

Baca Juga : DPD RI dan Pemprov Sulsel Bahas Penyelesaian Lahan SMA N 4 Makassar

“Saat selesai memberikan laporan perkembangan Covid-19. Apresiasi diberikan Bapak Presiden atas inovasi Gugus Tugas Provinsi Sulsel,” kata Nurdin Abdullah.

Raihan Sulsel pada sektor pasar tradisional, inovasinya yakni “BARUGA PASAR: Protokol Kesehatan Berbasis Teknologi Non Tunai di Pasar Tradisional di Sulawesi Selatan”.

Sedangkan di sektor Hotel dengan inovasi program “Wisata Covid-19”. Untuk sektor Tempat Wisata dengan inovasi yakni “SulSel in Our Hand” atau “South Sulawesi in Our Hand” (SulSel dalam Genggaman): New Normal Inovasi berbasis aplikasi dan barcode di destinasi wisata.

Baca Juga : BP2MI – Pemprov Sulsel Kolaborasi Atasi Pekerja Migran Ilegal

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memberikan apresiasi atas inovasi tim Pemprov Sulsel.

“Alhamdulillah Provinsi Sulawesi Selatan meraih juara dalam lomba inovasi daerah dalam penyiapan tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 tingkat nasional,” ujar Sudirman.

“Sebuah kebanggaan berada bersama tim pemprov meski di tengah persoalan pandemi ini yang masih rumit, tapi tidak menghalangi semangat OPD atau dinas provinsi untuk berprestasi dan berinovasi,” lanjutnya.

Baca Juga : BP2MI – Pemprov Sulsel Kolaborasi Atasi Pekerja Migran Ilegal

Sudirman mengucapkan selamat terhadap semua yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung. Khususnya pada Dinas Perdagangan dan Dinas Pariwisata.

Terpisah, dalam sambutannya pada pengumuman pemenang lomba, Mendagri Tito Karnavian mengatakan, berbagai ahli kesehatan baik nasional maupun internasional menyampakian bahwa pandemi Covid-19 ini tidak berakhir dengan segera.

Oleh karena itu, dunia beradaptasi dengan pandemi ini dengan melakukan inovasi baru dengan tatanan baru atau new normal life, karena tidak mungkin melakukan pembatasan terus-menerus secara ketat apalagi lockdown, demikian pula dengan Indonesia.

Baca Juga : BP2MI – Pemprov Sulsel Kolaborasi Atasi Pekerja Migran Ilegal

“Sebagai sesuatu yang baru, tatanan ini memerlukan pengenalan atau pra kondisi agar seluruh masyarakat siap dan mampu beradaptasi. Prakondisi ini dilakukan dengan protokol kesehatan dalam berbagai sektor kesehatan dengan simulasi-simulasi,” kata Tito.

Selain piagam penghargaan, para pemenang mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID). Untuk pemenang pertama, setiap kategori dan setiap klaster daerah diberikan DID sebesar Rp3 milliar, pemenang kedua sebanyak Rp2 milliar dan pemenang ketiga Rp1 milliar. Sehingga Sulsel yang meraih satu juara 2 dan dua juara 3 berhasil meraih hadiah total Rp5 miliar.

Editor: Hendra Wijaya

Baca Juga : BP2MI – Pemprov Sulsel Kolaborasi Atasi Pekerja Migran Ilegal

 

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video31 Juli 2021 00:46
VIDEO: Momen Kocak Ganjar Pranowo Dicuekin Mendagri Tito Saat Kuker di Jateng
SULSELSATU.com – Momen kocak saat kunjungan kerja (Kuker) Mendagri Tito Karnavian di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (29/7/2021). Dalam vid...
Video30 Juli 2021 23:10
VIDEO: Setelah Viral, Rafael Malalangi Akhirnya Dinyatakan Lulus Seleksi Calon Bintara Polri 2021
SULSELSATU.com – Kisah Rafael Malalangi viral di media sosial lantaran namanya menghilang dari pengumuman kedua Calon Bintara Polri 2021. Rafael...
Pendidikan30 Juli 2021 21:37
Temui Bupati Polman, Rektor UNM Pastikan Mahasiswa KKN UNM di Polman Tetap Lanjut
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Negeri Makassar di Polewali Mandar akhirnya tetap berlanjut. H...
Sponsored by MGID
Video30 Juli 2021 21:15
VIDEO: Jubir Satgas Covid-19 Jeneponto Nyaris Dikeroyok, Oknum Lurah Diduga Provokator
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Sebuah video menjadi viral Jubir Satgas Covid-19 Jeneponto, Suryaningrat, nyaris dikeroyok massa. Oknum lurah diduga...