iklan Kareba Parlementa

Rektor Unhas Bahas Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Bersama Airlangga

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Rektor Universitas Hasanuddin, ProfDwia Aries Tina Pulubuhu, menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan webinar nasional kerja sama Universitas Padjadjaran, Universitas Hasanuddin dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

Webinar Nasional dengan tema “Strategi Pemulihan Ekonomi Dalam Era Tatanan Baru Pasca Pandemi Covid-19” berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtube Universitas Padjadjaran, Jumat (26/6/2020).

Hadir sebagai nara sumber lainnya Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Rektor Universitas Padjadjaran Rina Indiastuti.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Dwia memaparkan materi bertema “Strategi Pemulihan Sosial di Era New Normal, Suatu Perspektif Sosial”.

Prof Dwia menuturkan bahwa krisis Covid-19 tidak hanya menimbulkan permasalahan kesehatan, melainkan berbagai sektor di lini kehidupan bermasyarakat. Sejak pandemi, angka kemiskinan berdasarkan data dari Bank Dunia menunjukkan jumlah kemiskinan berada di angka 632 juta jiwa.

Di Indonesia sendiri, angka kemiskinan juga mengalami peningkatan yang proyeksinya mempengaruhi pertumbuhan perekonomian hingga 1%, sementara angka kemiskinan naik hingga 12,4%.

“Semua ini adalah sumber permasalahan yang membuat kita terjebak di dalam perangkat krisis multidimensial. Persoalannya memang berawal dari Covid-19, sehingga menuntut pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan. Namun efeknya tentu berpengaruh pada krisis ekonomi, kemiskinan meningkat dan pada saat yang sama merangkap dengan krisis sosial,” jelas Prof Dwia.

Lebih lanjut, Prof Dwia memandang bahwa era new normal sebagai tatanan baru pasca pandemi merupakan situasi yang harus dihadapi bersama dengan melakukan penataan ulang dan beradaptasi di segala sektor dengan tetap berfokus pada upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Di tengah situasi wabah pandemi, menyamakan persepsi antara masyarakat dan pemerintah menjadi sangat penting, sehingga kebijakan yang dibuat dapat diterima semua pihak. Selain itu, diperlukan adanya penataan peta prioritas untuk membantu mengalokasikan sejumlah kebijakan yang dihadirkan pemerintah dalam upaya membantu masyarakat menghadapi krisis pandemi.

“Cara pandang ini perlu disamakan, jangan sampai masyarakat memandang hal itu adalah masalah, sementara pemerintah tidak, begitupun sebaliknya. Sehingga memang kita membutuhkan manajemen pasca krisis dan pemulihan seperti melakukan perlindungan pada komunitas terkena bencana, restorasi dengan waktu yang tepat untuk kehidupan normal serta formulasikan tujuan bersama dari semua pihak yang terlibat,” sambung Prof Dwia.

Untuk mengatasi krisis wabah, pemerintah telah mengeluarkan sejumlah kebijakan dan alokasi pendanaan. Saat ini, pemerintah menyediakan dana sebesar Rl677,2 Triliun. Prof Dwia menuturkan, dana ini sebaiknya dialokasikan secara berbeda antar wilayah disesuaikan dengan dampak yang dirasakan masyarakat, melakukan re-design terhadap pemulihan ekonomi nasional secara strategis menuju kemandirian masyarakat.

“Sekarang ini banyak regulasi yang dikeluarkan pemerintah, misalnya bantuan langsung tunai, sembako, kartu prakerja, bantuan listrik dan sebagainya. Saya melihat, peran pemerintah sangat dominan sementara partisipasi masyarakat lemah. Di era new normal, hal ini perlu di re-design ulang sehingga peran pemerintah dan partisipasi masyarakat berimbang dan bertahap,” tutup Prof Dwia.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III Kantor DPRD Jeneponto, Selasa, (29/9/2020), diwarnai insiden pengusiran terhadap dua jurnalis yang sedang...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

Wabup Jeneponto Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemulihan Pasar Karisa

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar secara resmi menunjuk Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yaris sebagai ketua Tim Penanganan dan Pemulihan Pasar Karisa yang...

Kampanye di Zona III, None Nginap di Rumah Ketua RT

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, hari ini akan melakukan kampanyenya di Zona III, yang meliputi Kecamatan Panakkukang, Manggala,...

INFOGRAFIK: 4 Kampus Terbaik di Makassar

SULSELSATU.com - Berikut ini 4 Universitas terbaik di Makassar yang memiliki...

Artikel Lainnya

Tomy Satria Nilai Penundaan Pilkada Serentak Rasional

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pilkada serentak 2020 resmi ditunda. Keputusan itu diambil...

Panitia Siapkan Tali Rafia Bagi Peserta CPNS di Barru, Ini Tujuannya

SULSELSATU.com, BARRU - Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkab...

Gubernur NA Rencana Tata Pulau Lae-lae Jadi Destinasi Wisata Kuliner

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mencanangkan pengembangan pusat wisata...

PSBB Makassar Diperpanjang 14 Hari, NA: Petugas Harus Santun

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Makassar...

Hanura Pastikan Tak Akan Khianati Dilan, Kini Fokus Persiapan Deklarasi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Partai Hanura bergerak cepat dan masif mensosialisasikan Bakal...

Terkini

Kasus Kematian Covid-19 di Makassar Meningkat

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penambahan kasus baru Covid-19 terus terjadi, sekaligus kasus...

Tingkatkan Pengunjung, Anir-Lutfi akan Perbaiki Akses Jalan Menuju Daerah Wisata

SULSELSATU.com, PANGKEP - Calon bupati Pangkep nomor urut 4, Andi Nirawati...

INFOGRAFIK: 10 Pertanyaan Najwa Shihab untuk Menkes

SULSELSATU.com - Najwa Shihab mengajukan 10 pertanyaan kepada Menkes Terawan terkait...

Pj Walikota Dukung Pembebasan Lahan Akses Jalan Tol Makassar New Port

SULSELSATU.com, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menggelar rapar koordinasi...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III...