Logo Sulselsatu

Kalsel dan Kaltim Target Mahasiswa Unhas dalam Pembuatan Peta Rentan Covid-19

Asrul
Asrul

Rabu, 22 Juli 2020 22:30

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 104 dengan mengusung tema utama “Bersatu Melawan Covid-19”. Mahasiswa peserta KKN ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, yang disesuaikan dengan lokasi domisili masing-masing.

Sebanyak 21 mahasiswa mengikuti KKN Unhas dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Para mahasiswa ini merancang program yang berkaitan dengan upaya edukasi untuk mengatasi pandemi Covid-19, dengan fokus utama pada lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Diantara berbagai program kerja KKN yang dirancang, mahasiswa di lokasi Kalsel-Kaltim juga mempersiapkan pembuatan peta lokasi rentan Covid-19. Program ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi sebaran dengan menganalisis posisi geografis kasus-kasus terkonfirmasi.

Baca Juga : Transparency International Suarakan Praktik Korupsi dan Eksploitasi Lingkungan di Pesisir Takalar

Koordinator KKN Unhas untuk lokasi Kalsel dan Kaltim, Rezky Rachmadany Rachman, menjelaskan bahwa mereka mempersiapkan dua kategori program, yaitu program kelompok/pilihan dan individual/keilmuan. Masing-masing disesuaikan dengan kondisi di lingkungan tempat tinggal.

“Kami serahkan ke masing-masing peserta untuk merancang apa yang akan mereka lakukan, dengan mengikuti panduan yang telah disiapkan oleh P2KKN Unhas. Meskipun ini suasana pandemi, namun kami berharap dapat memberi sumbangsih bagi masyarakat,” kata Rezky, mahasiswa Prodi Fisika Fakultas MIPA ini.

Dosen pendamping di lokasi Kalsel dan Kaltim adalah Prof Dr Eng Adi Maulana, (Fakultas Teknik) dan Asmi Citra Malina, Ph.D (Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan). Keduanya berpesan agar mahasiswa memastikan betul protokol kesehatan, memfokuskan program kerja yang dapat dilakukan dari rumah dan seminimal mungkin melakukan kontak fisik dengan orang lain.

Baca Juga : Fakultas Kedokteran Unhas Kini Punya Tiga Guru Besar Baru

“Kami harapkan agar adik-adik selalu berkoordinasi dengan pemerintah setempat, sehingga ada kemitraan yang terbangun. Selain itu, agar kegiatan yang dilakukan juga disesuaikan dengan bidang keilmuan masing-masing,” kata Prof Adi Maulana.

Aktivitas mahasiswa KKN Unhas Gelombang 104 di Kalsel dan Kaltim berlangsung pada 9 kabupaten dan kota, yaitu: Tanah Bumbu, Balikpapan, Bontang, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, PPU, Samarinda, dan Tanjung Redeb.

Kegiatan akan dilaksanakan pada 15 kecamatan dan 17 desa/kelurahan, sesuai lokasi domisili masing-masing.

Baca Juga : Mahasiswa Agroteknologi Unhas Ikut partisipasi Budidaya Sukun di Kota Palopo

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Sulsel29 Maret 2024 18:18
Pj Gubernur Sulsel Apresiasi Gerakan Sedekah Bibit dan Penghijauan PT Vale
Dukungan PT Vale Indonesia untuk gerakan penghijauan yang digalakkan Pemerintah Provinsi Sulsel terus berlanjut. Terbaru ini melakukan sedekah bibit p...
Otomotif29 Maret 2024 17:51
Bengkel dan Showroom Kalla Toyota Tetap Buka Saat Hari Libur
Bengkel resmi dan showroom Kalla Toyota tetap buka di hari libur Peringatan Wahat Isa Almasih yang jatuh pada 29 Maret 2024 mendatang. Di hari libur t...
Video29 Maret 2024 16:46
VIDEO: Aksi Blokade di Lahan Pertambangan di Luwu Timur
SULSELSATU.com – Aksi blokade di dalam lokasi Izin Pertambangan PT. Citra Lampia Mandiri, Kamis (28/3/2024) kemarin. Blokade tersebut dilakukan ...
Metropolitan29 Maret 2024 16:44
Danny Pomanto Siap Adopsi Penerapan Kabel Bawah Tanah Ala Singapura di Makassar
Pembangunan Ducting Sharing atau pemindahan kabel ke bawah tanah di Makassar segera terealisasi. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto baru saja usai...