iklan Kareba Parlementa

Bupati Barru Masuk Nominasi 10 Top Leader di Indonesia

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, BARRU – Kepemimpinan Bupati Barru Suardi Saleh, kembali mendapat pengakuan dan apresiasi dari pihak luar. Tak tanggung-tanggung, besan Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina ini, masuk nominasi 10 top leader Indonesia.

Sesuai penyampaian Seven Media Asia sebagai penyelenggara, Suardi Saleh berhasil masuk nominasi “Indonesia Top Leader Awards 2020” untuk kategori “The Best Figure Keterbukaan Publik” yang malam penganugerahannya digelar di Bali, Sabtu (25/7/2020).

Suardi Saleh dinilai salah satu kepala daerah di Indonesia yang sangat konsisten dalam mendorong dan merealisasikan keterbukaan publik. Terutama soal transparansi setiap kebijakan di pemerintahan.

Sesuai rencana, penerima penghargaan dari Seven Media Asia akan dihadiri Menteri Pariwisata, sekaligus disiarkan dua stasiun televisi nasional, yakni I News TV dan TV Global.

Penyampaian penyelenggara, dari penilaian yang dilakukan selama ini, hanya beberapa kepala daerah di Indonesia yang dimasukkan dalam nominasi. Salah satunya Suardi Saleh yang dianggap konsisten dan komitmen tentang keterbukaan publik.

Suardi Saleh yang berhalangan hadir di puncak penganugerahan akan diwakili delegasi yang ditunjuknya. Pasalnya di hari bersamaan, putra sulungnya akan melakukan prosesi lamaran atau “mappetu ada’”di Makassar. Meski demikian, mantan Ketua AMPI Kabupaten Maros itu, secara khusus mengirimkan testimoni dalam bentuk video untuk ditayangkan di puncak kegiatan.

Di video tersebut, Suardi Saleh menjelaskan secara singkat mengenai berbagai kebijakan yang dilakukan selama memimpin Barru dalam mendorong keterbukaan publik di pemerintahan.

Soal nominasi dan pengakuan tersebut, Suardi tak lupa menyampaikan terima kasih kepada segenap elemen masyarakat. Menurutnya, masuk nominasi top leader tak lepas dari kerjasama berbagai pihak di Barru dalam mendorong pelayanan berkualitas dan keterbukaan publik.

“Terima kasih kepada segenap masyarakat Kabupaten Barru. Pimpinan dan para anggota DPRD, Bapak Wakil Bupati, serta Forkompida, dan tentunya seluruh perangkat daerah yang terus menjaga sinergitas yang harmonis. Dan anugerah ini, merupakan anugerah bersama,” kata Suardi Saleh, seperti di video testimoninya, Jumat (24/7/2020).

Dengan nominasi top leader itu, sekaligus menjadi bagian pengakuan dari pihak luar jika pemerintahan di Barru menjadi teladan dan contoh bagi daerah lainnya di Indonesia, terutama soal keterbukaan publik.

“Semoga Allah SWT menjadikan anugerah kita bersama ini bernilai ibadah, dan terus berkesinambungan untuk masa depan Indonesia Maju,” pungkas Suardi Saleh.

Sekadar diketahui, pemberian penghargaan top leader di Indonesia, rutin dilakukan Seven Media Asia selama beberapa tahun terakhir. Dan khusus tahun ini, Suardi Saleh merupakan salah satu kepala daerah yang mewakili Sulawesi Selatan.

Suardi Saleh yang kurang lebih empat tahun terakhir memimpin Barru, memang dikenal sebagai kepala daerah yang berusaha semaksimal mungkin mendorong tentang transparansi atau keterbukaan publik. Terbukti, di bawah kepemimpinannya, Barru mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tiga kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Selain itu, beragam prestasi dari pemerintah pusat dan provinsi berhasil disematkan ke Suardi Saleh dan Pemkab Barru atas berbagai capaian yang telah ditunjukkan selama empat tahun terakhir. Termasuk satu-satunya kabupaten di Sulsel yang sudah mengoperasikan secara resmi Mal Pelayanan Publik (MPP) Masiga.

Khusus MPP yang diresmikan langsung Menpan RI Tjahjo Kumolo, juga dijadikan percontohan bagi sejumlah kabupaten/kota di Indonesia. Bahkan pasca-diresmikan, berbagai daerah datang khusus melakukan studi banding.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Viral, Sebuah Kuburan Keluarkan Darah Segar dan Bau Amis

  SULSELSATU.com - Sebuah makam yang dipenuhi oleh cairan berwarna merah yang diduga darah viral di media sosial, Minggu (20/9). Dalam video terlihat makam itu amblas...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Enam Staf Positif Covid-19, Pelayanan di DPMPTSP Jeneponto Tutup Sementara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jeneponto yang berada di Jl Ishak Iskandar ditutup sementara. Penutupan pelayanan di...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

INFOGRAFIK: 4 Kerajaan Tertua di Indonesia

1. Kerajaan Kandis (sebelum Masehi) Kerajaan ini diyakini berdiri sebelum Masehi, mendahului berdirinya kerajaan Moloyou atau Dharmasraya. 2. Kerajaan Salakanagara (130-362 M) Kerajaan ini adalah kerajaan yang...

Seorang Pegawai Terkonfirmasi Positif, Kantor PN Barru Tutup Layanan Sementara

SULSELSATU.com, BARRU - Pengadilan Negeri (PN) Barru menutup sementara layanan setelah...

Artikel Lainnya

Partai Gelora Gabung Koalisi NasDem dan Gerindra di Pilwali Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Koalisi Partai NasDem dan Gerindra di Pilwali Makassar...

Rektor Launching Unit Pengelola Zakat UIN Alauddin Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Rektor UIN Alauddin Prof Hamdan Juhannis melaunching Unit...

Bupati Gowa Tinjau Kesiapan Pembukaan Pos Pelayanan Publik

SULSELSATU.com, GOWA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Kepala Kejaksaan...

Pemkab Jeneponto Kirim Ratusan Ton Jagung untuk Industri Pakan Ternak di Makassar

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pemerintah Kabupaten Jeneponto melalui dinas Pertanian menggelar Launching Pengiriman...

Dewan Tak Mau Pembangunan Jalur Pedestrian di Tanjung Bunga Dilanjutkan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - DPRD Kota Makassar ingatkan pemerintah kota (Pemkot) untuk...

Terkini

Pemuda  Bersimbah Darah Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, raya Lanto...

VIDEO: Viral, Tukang Bubur di Surabaya Jago Bahasa Jepang

SULSELSATU.com - Seorang penjual bubur kacang hijau di Surabaya, lancar berbahasa...

Pandemi Covid-19, HUT Polantas ke-65 di Jeneponto Digelar Sederhana

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Meski masih di tengah Pandemi Covid19, Polres Jeneponto...

Sanksi Sosial Tidak Beri Efek jera, Pemerintah Diminta Pertegas Sanksi Administrasi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Satpol PP Kota Makassar, Iman Hud menyebut...

PD Parkir Gagas Parkir Berlangganan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya, Irham Syah...