iklan Kareba Parlementa

Enam Lembaga Survei Sebut Prabowo Capres Terkuat di Pilpres 2024

Iklan Humas SulSel

JAKARTA – Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto digembar-gemborkan sebagai calon presiden terkuat di Pilpres 2024 mendatang. Hasil ini merupakan survei yang dilakukan sejumlah lembaga.

Hasil survei Akurat Poll juga menyebut elektabilitas Menteri Pertahanan tersebut tertinggi dibading calon-calon lain. Sebelumnya, 5 lembaga survei juga telah menyatakan bahwa Prabowo sebagai sosok dengan elektabilitas tertinggi jika berkompetisi di Pilpres 2024.

Dalam hasil survei Akurat Poll kali ini, elektabilitas Prabowo sebesar 12,7 persen. Dia mengungguli Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 5,2 persen dan Sandiaga Uno 3,9 persen.

“Pada tingkat elektabilitas terdapat 3 nama besar yang berurutan yakni Prabowo, disusul Anies Baswedan, Sandiaga Uno,” kata Direktur Akurat Poll Adlan Nawawi dalam rilis survei yang disampaikan via internet atau dalam jaringan, Selasa (4/8/2020).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada diposisi empat dengan elektabilitas sebesar 3 persen. Lalu di posisi selanjutnya masing-masing ditempati Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas sebesar 2 persen.

Adlan mengatakan Prabowo Subianto akan mendapatkan sumbangan suara terbesar dari Pulau Jawa sebesar 12,9 persen dari hasil simulasi. Lalu diikuti oleh Ganjar Pranowo sebesar 11 persen, Anies (10.3 persen), AHY (6.4 persen), lalu Sandiaga Uno (5.6 persen).

Dari sisi popularitas, Adlan menyatakan Prabowo masih berada pada urutan pertama dengan 93,9 persen. Sementara Anies di urutan kedua dengan 85.4 persen. Lalu diikuti Sandiaga Uno (82,5 persen), Basuki Tjahaja Purnama (82.4 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (72,9 persen).

Adlan menilai analisa masyarakat memilih para kandidat tersebut cukup beragam. Ia menyatakan masyarakat memilih Prabowo karena terkenal dengan karakter tegas. Sementara Anies dan Sandiaga terkenal dengan personalitasnya.

“Ganjar dan Ridwan Kamil dengan kinerjanya, sementara yang lainnya, juga dengan kinerjanya,” kata dia.

Survei Akurat Poll dilakukan pada 15-24 Juli 2020 dengan jumlah responden 1.210 orang.

Survei dilakukan lewat wawancara langsung terhadap responden survei yang dipilih secara acak. Metode survei menggunakan multistage random sampling. Tingkat kesalahan (margin of error) mencapai 2,8 persen.

Akurat Poll sebagai lembaga survei diketahui belum terdaftar pada Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi).

Nama Prabowo Subianto bukan baru kali ini mencuat sebagai sosok dengan elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden di 2024. Sudah ada 5 lembaga survei yang menyatakan demikian.

Pada Februari lalu, Indo Barometer menyatakan Prabowo adalah calon presiden terkuat. Elektabilitasnya mencapai 22,5 persen jika responden diberi pilihan 22 tokoh.

Nama Prabowo juga muncul sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi jika dibandingkan dengan anggota Kabinet Indonesia Maju mau pun kepala daerah yang hingga saat ini masih menjabat. Hanya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menempel ketat.

Pada Maret, giliran hasil survei Cyrus Network yang menyatakan bahwa Prabowo adalah sosok capres dengan elektabilitas tertinggi yakni 18,7 persen. Ada pula nama Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno, namun elektabilitas mereka jauh di bawah Prabowo.

Hasil tak jauh berbeda terlihat dalam survei yang dilakukan New Indonesia Research & Consulting pada Juni lalu. Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 18,9 persen mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 14,3 persen dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil 11 persen.

Pada Juli, giliran Charta Politica yang melakukan survei. Hasilnya, Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 17,5 persen. Tertinggi di antara tokoh lainnya.

Ganjar Pranowo menguntit di urutan kedua dengan elektabilitas 15,9 persen. Anies Baswedan di peringkat ketiga dengan 15 persen. Disusul Sandiaga Uno 11,2 persen, Ridwan Kamil 10,1 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 3 persen.

Hasil survei Indikator Politik pun memperoleh hasil serupa. Survei dilakukan pada Juli lalu menyatakan Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 16,2 persen.

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III Kantor DPRD Jeneponto, Selasa, (29/9/2020), diwarnai insiden pengusiran terhadap dua jurnalis yang sedang...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

Wabup Jeneponto Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemulihan Pasar Karisa

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar secara resmi menunjuk Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yaris sebagai ketua Tim Penanganan dan Pemulihan Pasar Karisa yang...

Kampanye di Zona III, None Nginap di Rumah Ketua RT

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, hari ini akan melakukan kampanyenya di Zona III, yang meliputi Kecamatan Panakkukang, Manggala,...

Pesan Jokowi Saat KLB Gerindra: Prioritaskan Kesehatan dan Keselamatan Rakyat

SULSELSATU.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para kader Partai Gerindra...

Artikel Lainnya

15 Camat Dicopot, Pemkot Tunjuk Pelaksana Tugas

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sekertaris Kota Makassar, Muhammad Ansar mengaku 15 eks...

Intruksi NH, Golkar Sinjai Bakal Bentuk Tim Gugus Covid-19

SULSELSATU.com, SINJAI - DPD II Golkar Sinjai bakal membentuk tim gugus...

Iqbal Suhaeb Ajak Kader NU Bangkitkan Ekonomi Keumatan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menyampaikan peranan...

Hanya Rp75 Ribu, Nikmati Varian The Bergers The Rinra

SULSELSATU.com, MAKASSAR - The Rinra Makassar kini menghadirkan berbagai variasi burger...

Danny Ngotot F8 Digelar, Ini yang Akan Dilakukan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Mantan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, berharap...

Terkini

APT, Politisi Muda NasDem Diberi Amanah Jabat Wakil Ketua Komisi C DPRD Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Legislator Fraksi NasDem Sulsel, Andre Prasetyo Tanta (APT),...

Prof Rudy Apresiasi Hadirnya Perda Pencegahan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin...

VIDEO: Bikin Haru, Kisah Anak Driver Ojol yang Lulus Perguruan Tinggi dan Dapat Beasiswa

  SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang anak driver ojek online menceritakan...

Akan Diresmikan Presiden Jokowi, Menhub Dijadwalkan Kunjungi Bandara Toraja

SULSELSATU.com, TANA TORAJA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dijadwalkan...

Taat Protokol Kesehatan Covid-19, Satlantas Polres Jeneponto Beri Edukasi Pengendara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kepolisian Resort (Polres) Jeneponto terus mengedukasi masyarakat untuk...