Logo Sulselsatu

Pemuda Muhammadiyah Sayangkan Prof Ambo Jadi Rektor Unismuh Makassar

Asrul
Asrul

Senin, 10 Agustus 2020 11:25

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse. (ist)
Rektor Unismuh Prof Ambo Asse. (ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Makassar menyayangkan keputusan Prof Ambo Asse sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar yang baru. Mengingat, Prof Ambo kini masih aktif menjabat sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan.

Sekretaris Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Makassar, Muhammad Fauzan mengatakan, seharusnya Prof Ambo tetap fokus mengawal persyarikatan dan tak terlibat langsung dalam mengurusi amal usaha Muhammadiyah.

“Kami sebenarnya berharap beliau menjadi pemimpin dalam gerakan dakwah persyarikatan, bukan malah mengurusi amal usaha yang tentu akan menguras waktu dan tenaga,” katanya, Senin (10/8/2020).

Baca Juga : Prof Ambo Asse Rektor Baru Unismuh, Ini Rekam Jejaknya

Fauzan pun menilai, keputusan Prof Ambo untuk menjadi Rektor Unismuh bakal menjadi preseden buruk bagi persyarikatan. Ia khawatir fenomena yang sama akan berulang di tingkatkan pimpinan di tingkat daerah hingga ranting.

“Kami khawatir akan muncul anggapan bahwa menjadi pimpinan Muhammadiyah bisa dapat jabatan di amal usaha. Akhirnya, kelak motivasi mengurusi Muhammadiyah tidak lagi didasari pada niat tulus mengawal gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar,” jelas mantan pengurus DPD IMM Sulsel itu.

Selain itu, lanjut Fauzan, keputusan Prof Ambo untuk memimpin Unismuh Makassar berpotensi membuat pengawasan PWM di kampus Unismuh menjadi tumpul. Sebab, Badan Pengurus Harian (BPH) Unismuh yang selama ini menjalankan fungsi pengawasan juga diisi oleh kolega Prof Ambo di PWM Sulsel.

Baca Juga : Antisipasi Penyusup, Rektor Unismuh Perintahkan Civitas Akademika Dampingi Mahasiswa Demo

“Jika sudah demikian, bagaimana caranya warga persyarikatan berharap fungsi pengawasan di amal usaha terbesar Muhammadiyah Sulsel ini bisa berjalan optimal?,” tuturnya.

Fauzan menyebut, seyogyanya jabatan tersebut diduduki oleh kader persyarikatan yang selama ini mengikuti kaderisasi di Unismuh. Sementara Prof Ambo sebagai pimpinan persyarikatan bertanggung jawab mendorong agar Unismuh semakin berkembang.

Olehnya, ia berharap Prof Ambo bisa lebih bijaksana menyikapi kondisi ini terutama demi kepentingan besar persyarikatan Muhammadiyah.

Baca Juga : Rektor Unismuh Temui Wagub, Bahas Pertanian dan Peternakan

“Kami tentu hanya bisa berdoa ayahanda Prof Ambo terus amanah memimpin persyarikatan Muhammadiyah dan juga amal usaha. Sebab, beban sangat berat kini ada di pundak beliau,” katanya.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 17:51
Bengkel dan Showroom Kalla Toyota Tetap Buka Saat Hari Libur
Bengkel resmi dan showroom Kalla Toyota tetap buka di hari libur Peringatan Wahat Isa Almasih yang jatuh pada 29 Maret 2024 mendatang. Di hari libur t...
Video29 Maret 2024 16:46
VIDEO: Aksi Blokade di Lahan Pertambangan di Luwu Timur
SULSELSATU.com – Aksi blokade di dalam lokasi Izin Pertambangan PT. Citra Lampia Mandiri, Kamis (28/3/2024) kemarin. Blokade tersebut dilakukan ...
Metropolitan29 Maret 2024 16:44
Danny Pomanto Siap Adopsi Penerapan Kabel Bawah Tanah Ala Singapura di Makassar
Pembangunan Ducting Sharing atau pemindahan kabel ke bawah tanah di Makassar segera terealisasi. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto baru saja usai...
Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...