Logo Sulselsatu

Sekprov Apresiasi Kominfo Jalankan Pelayanan Berbasis Daring Selama Pandemi

Asrul
Asrul

Selasa, 11 Agustus 2020 23:43

Sekprov Sulsel Abdul Hayat Gani ikuti webinar bertajuk adaptasi kebiasaan baru yang digelar Kementerian Kominfo. (ist)
Sekprov Sulsel Abdul Hayat Gani ikuti webinar bertajuk adaptasi kebiasaan baru yang digelar Kementerian Kominfo. (ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekprov Sulsel Abdul Hayat Gani menyebutkan besarnya peran teknologi informasi dalam melayani kebutuhan masyarakat selama masa pandemi.

Pada webinar bertajuk adaptasi kebiasaan baru yang digelar bersama Direktorat Jenderal Penyelenggaraan dan Pos Informatika Kementerian Informatika, Hayat mengatakan, teknologi informasi memberi sumbangsih dalam menekan penyebaran virus di masyarakat.

“Mungkin jika melihat angka-angka statistik dari jumlah penularannya, peran teknologi tidak akan terasa, namun kita bisa membayangkan jika tidak ada bantuan teknologi sejak awal virus ini muncul, maka korban yang berjatuhan akan lebih banyak dari saat ini,” ujar Hayat pada webinar di Baruga Lounge Kantor Gubenur Sulsel, Selasa (11/8/2020).

Baca Juga : FISIP Unhas Gelar Webinar Bahas Analisis Linguistik Pemerintah New Zealand Hadapi COVID-19

Hayat dalam kesempatan ini menyampaikan, sejumlah aplikasi yang dapat memberi pelayanan secara daring kepada masyarakat di masa pandemi. Yakni aplikasi SIMAK untuk pengurusan perizinan, pembayaran pajak kendaraan secara online, maupun penyampaian aspirasi kepada Pemprov Sulsel melalui aplikasi Baruga Sulsel.

“Aplikasi ini sangat membantu manyarakat karena masalah-masalah yang disampaikan lebih cepat direspons ataupun ditindak lanjuti,” ujar dia.

Didampingi Kepala Dinas Kominfo Sulsel, Amson Padolo, Hayat juga menyampikan apresiasi kepada Kementerian Kominfo melalui Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika bekerjasama dengan Assosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam mendorong pemerintah daerah dan masyarakat untuk lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Baca Juga : FKM Unhas Gelar Webinar Tips dan Trik Survive di Tengah Pandemi

“Saya juga mengapresiasi Kementerian Kominfo yang menciptakan aplikasi Peduli Lindungi pada sistem android yang dapat membantu dalam mengidentifikasi orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19,” kata Hayat.

Hayat juga menyampaikan perlunya ketersediaan infrastruktur yang memadai untuk mendukung kebutuhan internet pemerintah daerah dan masyarakat.

“Kami berharap kepada operator telekomunikasi melalui Assosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) agar dapat membantu dalam ketersediaan infrastruktur teknologi informasi. Di samping itu saya berharap tidak membebani biaya yang mahal terhadap pemerintah daerah maupun masyarakat,” tutupnya.

Baca Juga : BNPB Adakan Webinar Anak Muda Bawa Perubahan

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News28 Maret 2024 22:59
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Vale Umumkan Jajaran Komisaris Baru
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jasmine Room, Soehanna Hall, The Energy Building Jal...
Ekonomi28 Maret 2024 22:30
Penyaluran Kredit UMKM Januari 2024 di Sulsel Mencapai Rp59,96 Triliun
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulselbar merilis penyaluran kredit UMKM di Sulsel hingga posisi Januari 2024 mencapai Rp59,96 triliun. Nominalnya naik 1...
Berita Utama28 Maret 2024 22:24
PLN Jeneponto Bukber Sekaligus Berbagi Keberkahan Ramadhan Dengan Yatim Dhuafa
SULSELSATU.com,JENEPONTO – PT. PLN Persero Rayon Jeneponto berkolaborasi dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) menggelar buka puasa bersama (Bukber) ...
Sulsel28 Maret 2024 22:02
Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023
Dari data BPS pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa tumbuh positif. Menjadi 5,82 persen pada 2023, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya 4,5...