iklan Kareba Parlementa

Pemprov dan DPRD Sulsel Tandatangani Nota Kesepakatan KUA PPAS APBD TA 2021

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekprov Sulsel hadir dalam rapat paripurna DPRD Sulsel, Kamis (27/8/2020) malam.

Apadapun agendanya, yakni Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemprov Sulsel dengan DPRD Prov Sulsel tentang Kebijakan Umum APBD (KUA) Tahun Anggaran 2021. Selanjutnya, Penandatanganan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) TA 2021.

Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari menyantakan bahwa setelah mendengar pandangan fraksi dan Gubernur Sulsel Kebijakan Umum APBD (KUA) Tahun Anggaran 2021 dan Penandatanganan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) TA 2021 sudah dapat disetujui menjadi nota kesepakatan.

“Sudah dapat kita setujui untuk ditetapkan menjadi nota kesepakatan bersama antara DPRD Sulsel dengan Pemerintah Sulsel,” ucap Andi Ina Kartika Sari.

Sedangkan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penyelesaian nota kesepakatan dan semua yang menjadi catatan penting menjadi perhatian.

“Walau di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, pimpinan dan segenap anggota dewan, terkhusus Badan Anggaran DPRD telah menyelesaikan agenda ini sebagai rangkaian dalam penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021 yang akan datang,” sebutnya.

Tahun 2021 sebutnya, menjadi babakan percepatan untuk recovery ekonomi, oleh karena itu diperlukan pemanfaatan berbagai potensi daerah secara optimal agar dapat bangkit dan keluar dari kondisi perekonomian yang mengalami kontraksi di triwulan II tahun 2020 ini.

Kebersamaan dan kesatupaduan semua pihak menjadi kekuatan tersendiri bagi Sulawesi Selatan untuk mampu menjadi akselererator perekonomian nasional.

Wujud sinergitas tetap didorong lebih maksimal lagi, termasuk bagaimana memanfaatkan potensi lembaga perbankan dan lembaga non-bank untuk menjadi penyokong dalam upaya mendorong tumbuh kembangnya UMKM, BUMDES dan bergerak optimalnya aktifitas kelompok tani.

Demikian halnya, warga yang bemukim di pulau-pulau, di daerah-daerah perbatasan dan pelosok-pelosok kita berikan perhatian agar pertumbuhan yang didorong ke depan lebih berkualitas, lebih tahan terhadap gejolak ekonomi termasuk dampak yang diakibatkan oleh pandemic covid 19.

“Jika kami mencermati catatan-catatan atas laporan Badan Anggaran DPRD yang telah disampaikan, tentunya menjadi arahan bagi kami untuk percepatan pemulihan. Kita semua berharap Sulsel ini bisa tetap menjadi motor perekonomian di luar Pulau Jawa,” ujarnya.

Oleh karena itu, untuk optimalisai pencapaian harapan tersebut selain bertumpu pada dukungan APBD kita juga berharap supporting dari berbagai pihak untuk bersama-sama bangkit dari keterpurukan akibat pandemic covid 19 ini.

Secara khusus pada kesempatan ini, Ia menyampaikan pula bahwa, terkait rencana Pemerintah Provinsi mengakses dana dari PT. SMI dalam bentuk skema pinjaman.

“Pada prinsipnya pengajuan tersebut adalah menjabarkan kebijakan Pemerintah Pusat dalam hal Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” ucap.

Program PEN oleh Pemerintah Pusat dialokasikan sebesar Rp695 triliun rupiah difokuskan pada dua kegiatan utama yang terdiri atas kegiatan yang dikelola oleh Kementrian/lembaga dan hanya sekitar Rp27 triliun rupiah dialokasikan dalam bentuk dukungan ke Pemerintah Daerah, termasuk Rp.10 triliun rupiah dalam bentuk Skema Pinjaman Daerah.

Oleh karena itu, pengajuan pinjaman ini didasarkan karena terbitnya PMK No. 105 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional untuk Pemerintah Daerah.

Kemudian, terkait KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2021 merupakan dasar dalam penyusunan R-APBD. Olehnya itu, TAPD agar segera menyampaikan Surat Edaran kepada masing-masing kepala OPD untuk segera menyusun RKA-SKPD Tahun Anggaran 2021 yang pada gilirannya tercipta APBD yang berkualitas baik dari sisi efektifitas maupun efisiensi belanja daerah.

“Disamping itu, diperlukan komitmen kita bersama dalam mengawal Program Prioritas pembangunan Sulawesi Selatan, agar secara bersama kita wujudkan Sulawesi Selatan yang Inovatif, Produktif, Kompetitif, Inklusif dan Berkarakter,” pungkasnya.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

VIDEO: Mahasiswi di Kupang Diduga Mesum saat Kuliah Online

SULSELSATU.com - Seorang mahasiswa di Kupang diduga berbuat mesum saat sedang mengikuti kuliah online viral di media sosial. Dalam video menunjukan proses perkuliahan yang diikuti...

VIDEO: Pemilik Akun FB Penghina Moeldoko Ditangkap Polisi

SULSELSATU.com- Seorang bernama Muhammad Basmi ditangkap Bareskrim Polri karena menghina Moeldoko di akun Facebooknya. Pria tersebut dijerat dengan UU ITE. Basmi ditangkap di kawasan Koja, Jakarta...

Andi Padauleng Sosok Dibalik Suksesnya Demonstran Temui Legislator di DPRD Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Sulsel tak pernah...

Artikel Lainnya

Polres Sinjai Rilis Kasus Human Trafficking

SULSELSATU.com, SINJAI - Kapolres Sinjai AKBP Iwan Irmawan, didampingi Kanit PPA...

Kadisdik Sulsel Ungkap Peserta PPDB 2020 SMA/SMK Surplus

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB 2020 untuk...

Pejabat BPKSDM Parepare Dipanggil Ombudsman Sulsel

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pejabat Bidang Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia...

Nurdin Abdullah Minta Pamong Kerja Profesional

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam kapasitas sebagai Ketuq...

Ni’matullah Sarankan Pemprov Sulsel Bentuk Tim Kecil Tangani Covid-19

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Ketua DPRD Sulsel Ni'matullah menyarankan kepada Pemprov...

Terkini

Tomas Buakana Satukan Suara Menangkan Danny-Fatma

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kemajuan Makassar dalam kepemimpinan Moh Ramdhan Pomanto sebagai...

Gubernur Buka Musrenbang Perubahan RPJMD Sulsel 2018-2023

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah membuka...

Warga Ballaparang: Menzalimi DP Sama Saja Menyakiti Masyarakat Kecil

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kampanye dialogis Danny Pomanto di Kelurahan Ballaparang, Kacamatan...

Bersama Komunitas “Gowes Syantik”, Fatma Sempatkan Keliling Naik Sepeda

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Aktivitas yang padat di tengah tahapan kampanye tak...

Menuju UNPSA 2021, KemenPAN-RB Dampingi Inovasi Parepare

SULSELSATU.com, PAREPARE - Inovasi Pemkot Parepare yang akan berkompetisi di ajang...