iklan Kareba Parlementa

Adnan Tegaskan Pihaknya Dukung Penerapan Protokol Kesehatan di Pilkada

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bersama KPU, Bawaslu dan Forkopimda Kabupaten Gowa melakukan Rapat Koordinasi Penegakan Hukum Tahapan Pilkada Serentak 2020 di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Jumat (18/9/2020).

Dalam rapat tersebut membahas mengenai hal apa saja yang harus diperhatikan selama tahapan Pilkada hingga masa kampanye terkait penerapan protokol kesehatan sekaligus mengenai dampak atau sanksi jika terjadi adanya pelanggaran selama masa kampanye.

Ketua KPU Gowa, Muchtar Muis mengatakan hal terpenting dalam proses tahapan pilkada yakni harus menerapkan protokol kesehatan dan menghindari kerumunan. Apalagi pada tanggal 23 September mendatang akan ada pengumuman penetapan Pasangan Calon (Paslon), dan masa kampanye yang dimulai 26 September yang memungkinkan adanya pergerakan massa.

“Ancaman yang disampaikan oleh pusat jika terdapat adanya pelanggaran atau penularan Covid-19 tidak terkendali maka akan dilakukan penundaan sehingga perlu diantisipasi bersama untuk tetap menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

KPU mengaku hal ini perlu disosialisasikan hingga ke tingkat kecamatan, desa dan kelurahan agar ketika penetepan paslon, pengundian nomor urut hingga masa kampanye tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pada kesempatan itu juga pihaknya mengajak untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Menurutnya salah satu bentuk keberhasilan pilkada dilihat dari meningkatnya partisipasi pemilih.

“Kami mengajak masyarakat agar jangan lupa ke TPS pada 9 Desember mendatang dengan memakai masker agar kita bisa mencapai target yaitu 77,5 persen partisipasi pemilih. Jangan percaya hoaks jika ada yang mengatakan akan dilakukan rapid maupun swab tetapi cukup menggunakan masker dan patuhi protokol kesehatan,” tegas Muchtar.

Sementara Ketua Bawaslu, Samsuar Saleh mengatakan Pilkada 2020 ini memang sangat berbeda karena disatu sisi harus meningkatkan partisipasi pemilih dan disisi lainnya harus menghindari kerumunan, jaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi ini sehingga kedua hal tersebut cukup berbanding terbalik dan merupakan suatu tantangan.

“Perlu kerjasama seluruh sektor hingga ke tingkat desa untuk mensosialisasikan ke masyarakat karena ini suatu tantangan bagi kita, selain meningkatkan partisipasi pemilih juga harus menghindari kerumunan sedangkan euforia masyarakat pada pesta demokrasi ini susah dihindari,” tambahnya.

Menanggapi hal ini, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengaku pihaknya telah melakukan sosialisasi ke tingkat kecamatan melalui Kunker yang dimulai 10 September lalu dan akan terus mensosialisasikannya hingga bisa menyeluruh ke masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan msningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada nanti.

Selain itu, dirinya mengaku Kabupaten Gowa telah memiliki perda wajib memakai masker dan penerapan protokol kesehatan yang didalamnya telah ada payung hukum dan memuat beberapa jenis sanksi seperti sanksi sosial, sanksi denda hingga sanksi pencabutan izin bagi pelaku usaha selama tiga bulan.

“Kita akan selalu melakukan sosialisasi ke masyarakat agar bisa mematuhi protokol kesehatan apalagi kita sudah ada Perda yang mengikat sehingga jika ditemukan pelanggaran akan kena sanksi,” kata Adnan.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Gowa ini juga mengingatkan masyarakatnya untuk menggunakan hak pilihnya pada pilkada nanyi sebagai bentuk keberhasilan dalam penyelenggaran Pilkada 2020.

“Kita akan rapat lanjutan lagi selasa nanti secara virtual bersama pemerintah desa/lurah, kecamatan, Kapolsek dan Danramil untuk mensukseskan pilkada di tengah pandemi ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

VIDEO: Mahasiswi di Kupang Diduga Mesum saat Kuliah Online

SULSELSATU.com - Seorang mahasiswa di Kupang diduga berbuat mesum saat sedang mengikuti kuliah online viral di media sosial. Dalam video menunjukan proses perkuliahan yang diikuti...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Jelang Pilkada 2020, Pemkab Gowa Gelar Penandatanganan Pakta Integritas

SULSELSATU.com, GOWA - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 Pemerintah Kabupaten...

Artikel Lainnya

Gerakan 10 Ribu Masker Perdami dan APD BUMN Millennial

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) Kota Makassar juga...

Tingkatkan Kesejahteraan Warga, Danny Janji Kembalikan Program Lorong Wisata

  SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kedatangan Calon Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto...

RAI Makassar Serahkan Bantuan ke Masjid Hajjah Talla di Antang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Relawan Akhirat Indonesia (RAI) Makassar, menyerahkan paket bantuan...

Cegah Penyebaran Covid-19, Daging Kurban Pemkab Gowa Diantar Langsung ke Rumah Warga

SULSELSATU.com, GOWA - Pemkab Gowa terus berupaya menekan penyebaran Covid-19. Bahkan...

Kasatpol PP Makassar Geram Sikap Toko Agung yang Kerap Membandel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota...

Terkini

VIDEO: TNI Antar Pulang Massa Aksi Tolak UU Cipta Kerja

  SULSELSATU.com - Puluhan Prajurit TNI kawal pulang massa aksi unjuk rasa...

Donor Darah Aston Makassar Hasilkan 35 Kantong Darah

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Aston Makassar kembali menggelar kegiatan donor darah bersama...

Besok, Stadion Mattoanging Dibongkar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Badan Keuangan dan...

Imam Islamic Center New York Temui Prof Rudy, Ini yang Dibahas

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Imam Islamic Center Of New York Amerika Serikat,...

Selamat, Jeneponto Peringkat Kedua Pencegahan Stunting di Sulsel

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kabupaten Jeneponto mendapat peringkat kedua di Sulawesi Selatan...