Logo Sulselsatu

Dosen UNM Gelar Pelatihan Manajemen Keuangan di Koperasi Simpan Pinjam BMT Insan Mandiri

Andi
Andi

Kamis, 01 Oktober 2020 17:28

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Koperasi Simpan Pinjam BMT Insan Mandiri pada September 2020 lalu.

PKM yang bertajuk Pelatihan Manajemen Keuangan Koperasi Simpan Pinjam BMT Insan Mandiri yang dipimpin oleh Prof. Dr. Anwar Ramli, S.E.,M.Si. Anggota pelaksana Muh Jamil, SE., M. Si. dan Yusri Karmila, SE., M.Ak. serta melibatkan tiga Mahasiswa UNM.

Kegiatan tersebut di ikuti 30 peserta yang dihadiri oleh Ketua, Staf, Pengurus, dan Pengawas Koperasi Simpan Pinjam BMT Insan Mandiri.

Baca Juga : 1.700 Dosen dan Karyawan UNM Mulai Disuntik Vaksin

Ketua tim PKM Prof. Dr. Anwar Ramli, S.E.,M.Si menjelaskan bahwa pelatihan PKM tersebut dapat memberikan manfaat untuk Ketua, Staf, Pengurus, dan Pengawas Koperasi Simpan Pinjam BMT Insan Mandiri.

Koperasi Simpan Pinjam BMT Insan Mandiri mampu memahami: pertama penguasaan manajemen keuangan yang mencakup Pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen, a) perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling); b) Kegiatan pencarian dana, adalah memanage aktivitas untuk memperoleh dana/modal, baik yang berasal dari dalam maupun luar koperasi; c) Kegiatan penggunaan dana, adalah aktivitas untuk mengalokasikan atau menginvestasikan modal, baik dalam bentuk modal kerja maupun investasi aktiva tetap; Kedua Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi, dan Ketiga menganalisis rasio keuangan koperasi, dalam hal ini merupakan permasalahan yang menjadi prioritas utama yang harus ditangani ketua pelaksana, untuk itu dilaksanakan pelatihan manajemen keuangan merupakan salah satu cara yang efektif untuk membantu meningkatkan kinerja keuangan bagi Koperasi Simpan Pinjam BMT Insan Mandiri”, ungkapnya.

Ia juga menambahkan kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari Tridarma Perguruan Tinggi.

“Kegiatan PKM ini merupakan wujud implementasi salah satu tugas Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian dosen di tengah masyarakat”, tambahnya.

Dalam Kegiatan ini juga sangat direspon antusias oleh para peserta selama mengikuti pelatihan dari awal sampai akhir pelatihan.

Editor: Andi

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...