Logo Sulselsatu

Dosen UNM Gelar Pelatihan Manajemen Keuangan di Koperasi Simpan Pinjam BMT Insan Mandiri

Andi
Andi

Kamis, 01 Oktober 2020 17:28

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Koperasi Simpan Pinjam BMT Insan Mandiri pada September 2020 lalu.

PKM yang bertajuk Pelatihan Manajemen Keuangan Koperasi Simpan Pinjam BMT Insan Mandiri yang dipimpin oleh Prof. Dr. Anwar Ramli, S.E.,M.Si. Anggota pelaksana Muh Jamil, SE., M. Si. dan Yusri Karmila, SE., M.Ak. serta melibatkan tiga Mahasiswa UNM.

Kegiatan tersebut di ikuti 30 peserta yang dihadiri oleh Ketua, Staf, Pengurus, dan Pengawas Koperasi Simpan Pinjam BMT Insan Mandiri.

Baca Juga : 1.700 Dosen dan Karyawan UNM Mulai Disuntik Vaksin

Ketua tim PKM Prof. Dr. Anwar Ramli, S.E.,M.Si menjelaskan bahwa pelatihan PKM tersebut dapat memberikan manfaat untuk Ketua, Staf, Pengurus, dan Pengawas Koperasi Simpan Pinjam BMT Insan Mandiri.

Koperasi Simpan Pinjam BMT Insan Mandiri mampu memahami: pertama penguasaan manajemen keuangan yang mencakup Pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen, a) perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling); b) Kegiatan pencarian dana, adalah memanage aktivitas untuk memperoleh dana/modal, baik yang berasal dari dalam maupun luar koperasi; c) Kegiatan penggunaan dana, adalah aktivitas untuk mengalokasikan atau menginvestasikan modal, baik dalam bentuk modal kerja maupun investasi aktiva tetap; Kedua Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi, dan Ketiga menganalisis rasio keuangan koperasi, dalam hal ini merupakan permasalahan yang menjadi prioritas utama yang harus ditangani ketua pelaksana, untuk itu dilaksanakan pelatihan manajemen keuangan merupakan salah satu cara yang efektif untuk membantu meningkatkan kinerja keuangan bagi Koperasi Simpan Pinjam BMT Insan Mandiri”, ungkapnya.

Ia juga menambahkan kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari Tridarma Perguruan Tinggi.

“Kegiatan PKM ini merupakan wujud implementasi salah satu tugas Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian dosen di tengah masyarakat”, tambahnya.

Dalam Kegiatan ini juga sangat direspon antusias oleh para peserta selama mengikuti pelatihan dari awal sampai akhir pelatihan.

Editor: Andi

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar02 Maret 2024 08:21
Pemkot Makassar Bersama BPKP Sulsel Komitmen Tekan Angka Kemiskinan dan Stunting
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Mohamad Risbiyantoro berkomitmen menekan angka stunting dan kemiskinan di...
Video01 Maret 2024 22:48
VIDEO: Cekcok berujung Saling Lempar Botol, ASN di Bantaeng Ini Viral
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan keributan sesama pegawai ASN dalam sebuah rapat. Kejadian ini diduga terjadi di lingkup Pemerintah ...
Video01 Maret 2024 20:29
VIDEO: Pohon Tumbang Berukuran Besar di Samping Kanal Pampang Makassar
SULSELSATU.com – Pohon tumbang di samping kanal Pampang Makassar, Jumat (1/3/2024) malam. Insiden pohon tumbang ini menutup akses jalan. Dalam v...
Ekonomi01 Maret 2024 19:38
RUPST 2024: BRI Bagikan Dividen Rp48,10 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di Jakarta (...