iklan Kareba Parlementa

Gowa Raih Penghargaan Terbaik I Wajah Bahasa 2020

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa berhasil meraih penghargaan terbaik I (Pertama) Wajah Bahasa, Kategori Kantor Bupati/Walikota sebagai kantor tertib berbahasa Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan.

Penghargaan tesebut diserahkan langsung Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulsel, Zaenab kepada Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Hj Kamsinah di Hotel Swiss Bell Inn Panakkukang Makassar, Selasa (6/10).

Kamsinah mengaku sangat bangga, pasalnya dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, Kabupaten Gowa mampu meraih terbaik pertama.

“Tentunya penghargaan ini patut kita syukuri, sebab Kabupaten Gowa dinilai mampu membudayakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar baik itu dalam penulisan maupun dalam pengucapan,” ujarnya.

Sehingga dirinya berharap penghargaan ini mampu di pertahankan, kalau perlu instansi-instansi lain ikut berpatisipasi dalam kategori-kategori yang diperlombakan di tahun-tahun berikutnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Salam menjelaskan bahwa acara Lomba Wajah Bahasa setiap tahun diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Lomba Wajah Bahasa ini merupakan penilaian atas sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara di lingkungan sekolah, instansi pemerintahan, swasta maupun media,” jelasnya.

Adapun penilaian yang dilakukan oleh panitia lebih kepada tata tertib penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar. Mulai dari administrasi penulisan bahasa Indonesia nama-nama dalam satu bidang sebagai identitas instansi, ruang-ruang publik serta fasilitas umum yang ada di wilayah kantor tersebut.

Sementara Zaenab menyampaikan bahwa berbicara masalah bahasa khususnya media luar ruang itulah wajah kita, itulah wajah Indonesia. Namun apa yang terjadi berdasarkan pengamatan balai bahasa ternyata masih banyak kita jumpai bahasa asing lebih diutamakan dari bahasa kita.

“Melalui ajang pelombaan ini saya mengajak kita semua untuk selalu menjunjung tinggi bahasa kita yakni bahasa Indonesia agar kita tidak kehilangan identitas jati diri bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Untuk mempertahankan keberadaan bahasa Indonesia, pihak kami juga melakukan berbagai kegiatan dan program -program kerja. Salah satunya setiap tahun kami mengadakan lomba ajang pemilihan Duta Bahasa.

“Duta bahasa inilah yang menjadi mitra kami dalam melakukan pembinaan-pembinaan kantor-kantor literasi di komunitas anak-anak pemulung, termasuk di lembaga pemasyarakatan anak yang kadang-kadang kurang terjangkau,” jelasnya.

Selain Kabupaten Gowa, ada 4 kabupaten/kota yang meraih penghargaan Wajah Bahasa Kategori Kantor Bupati/Walikota tahun 2020, yakni Kabupaten Takalar, Kabupaten Maros, Kota Palopo dan Kabupaten Barru. (*)

Editor: ANDI

Iklan PDAM
...

Populer

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Artikel Lainnya

Jarang Ikut Apel, BKPSDM Parepare Minta Kenaikan Pangkat Muslimin Ditinjau Ulang

SULSELSATU.com, PAREPARE - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)...

Tunaikan Janji, Arum Spink Luncurkan Kartu Satukan Hati

SULSELSATU.com, BULUKUMBA - Belum genap sepekan pasca dilantik sebagai anggota DPRD...

Camat Tallo: Era Saya, Keterbukaan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Kecamatan Tallo menggelar rapat koordinasi rutin, Senin...

Aliyah Ajak Warga Makassar Doakan Kesembuhan Ani Yudhoyono

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham mengajak ratusan...

Berlayar di Lautan, Pasangan Asal Inggris Ini Tak Tahu Dunia Dilanda Covid-19

SULSELSATU.com, INGGRIS - Pada tahun 2017, pasangan Elena Manighetti dan Ryan Osborne...

Terkini

Masa Tenang, Danny-Fatma Ajak Tim dan Simpatisan Jaga Ketenangan Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komitmen pasangan nomor urut 1 Pilkada Makassar, Mohammad...

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Tim kuasa hukum Ramdhan 'Danny' Pomanto melaporkan pelaku...

Gunakan Cara-Cara Kotor, Perekam Suara Danny Adalah Titipan Kubu Tertentu

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Rekaman suara Mohammad Ramdhan Pomanto alias Danny yang...

Tanda-Tanda Kemenangan Berpihak ke ADAMA’, Kubu Tertentu Berusaha Buat Kekacauan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Tensi politik Makassar semakin menghangat jelang pencoblosan. Upaya...

VIDEO: Susi Pudjiastuti Tanggapi Tudingan Hashim Soal Larangan Eskpor Benur

SULSELSATU.com - Susi Pudjiastuti menanggapi tudingan Hashim yang mengatakan dirinya membuat...