Fakultas Farmasi Unhas Gelar Kuliah Umum tentang Virus

SULSELSATU.com – Ditengah pandemi Covid-19 yang melanda belahan dunia juga berdampak di dunia pendidikan yang mengharuskan untuk tidak melaksanakan belajar tatap muka.

Kampus terbaik di Indonesia, Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Farmasi menggelar kuliah umum melalui aplikasi zoom meeting tentang virus, Selasa (24/11).

Dalam kuliah umum tersebut menghadirkan Assoc. Prof. Karyn Johnson (School of Biological Sciences, The University Queensland, Australia) yang juga menjelaskan tentang virus.

Prof. Karyn menjelaskan beberapa hal tentang virus, diantaranya mengenalkan virus sebagai patogen umum, menggambarkan struktur umum, dan siklus hidup virus, hingga menjelaskan bagaimana dan mengapa virus sebagai dogma sentral dalam biologi molekuler virus.

“Virus merupakan parasit obligat intraselulur yang berkembang biak melalui mutasi dan seleksi alam. Masing-masing hanya mengandung satu macam asam nukleat, bisa jadi DNA atau RNA,” jelas Prof Karyn.

Setelah pemaparan materi, kemudian dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab dari para peserta yang hadir. Kegiatan yang diikuti kurang lebih 150 peserta berlangsung lancar.

Penulis: Nur Waidah
Editor: Andi Hermanto