Logo Sulselsatu

Pemerintah Buka Lowongan 1,3 Juta CPNS 2021, Ini Jadwal dan Formasinya

Asrul
Asrul

Kamis, 11 Februari 2021 21:15

Pemerintah Buka Lowongan 1,3 Juta CPNS 2021, Ini Jadwal dan Formasinya

SULSELSATU.COM, Jakarta – Pada Bulan April 2021 nanti Pemerintah berencana membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2021 sebanyak sekitar 1,3 juta formasi.

Kepastian penerimaan CPNS 2021 itu diutarakan Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Teguh Widjinarko.

“Rencananya bulan Maret akan ditetapkan formasinya, dan bulan April-Mei dibuka proses pendaftaran. Dan Juni mulai dilakukan seleksi,” ujar Teguh dilansir detik.com.

Baca Juga : Peserta SKD CPNS 2021 Wajib Pakai Masker 3 Lapis

Kebijakan ini juga sudah diajukan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan telah disetujui. Kementerian PAN & RB hanya menunggu pertimbangan teknis dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Sponsored by MGID

Untuk diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo sebelumnya menyebut perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Senin (18/1/2021).

Tjahjo mengatakan CPNS 2021 diupayakan tetap terlaksana tahun 2021 ini. Hanya saat itu Tjahjo belum bisa memastikan kapan proses rekrutmen itu dilaksanakan dan berapa besar kebutuhannya.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Terapkan Prokes Ketat Bagi Peserta CPNS 2021

Sebab, ungkap dia, rekrutmen CPNS 2019 baru terlaksana menjelang akhir tahun 2020, sehingga jumlahnya akan disesuaikan dengan kebutuhan Kementerian atau Instansi masing-masing.

Berikut Formasi CPNS 2021:
1. 1 Juta guru PPPK melalui skema yang menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (untuk Pemda).
2. Untuk Pemda (di luar guru) ditentukan sebesar sekitar 189 ribu yang terdiri dari:
-70 ribu PPPK jabatan fungsional selain guru.
-119 ribu CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan (termasuk tenaga kesehatan).
3. Untuk instansi pemerintah pusat ditentukan kebutuhan sebesar sekitar 83 ribu dengan persentase 50% PPPK dan 50% CPNS.

Kemudian, apa saja syarat-syarat seperti dokumen yang harus disiapkan untuk mengikuti CPNS 2021? Menurut Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, untuk pendaftaran CPNS 2019 misalnya, dokumen yang perlu disiapkan untuk pendaftaran CPNS yakni akta kelahiran, KTP, ijazah dan transkrip nilai, kartu keluarga (KK), termasuk pasfoto ukuran 4×6 dan swafoto.

Baca Juga : Tinggal Sehari, Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Ditutup Besok

Editor: Midkhal

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video27 September 2021 23:22
VIDEO: Harimau Berukuran Besar di Grobogan Ternyata Hanya Editan, Pelaku Beri Klarifikasi
SULSELSATU.com – Seekor harimau berukuran cukup besar muncul di dekat pemukiman warga di Grobogan, Jawa Tengah. Video tersebut dibagikan oleh ak...
Makassar27 September 2021 21:13
Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Se...
Video27 September 2021 20:57
VIDEO: Badak Bercula Satu Lepas, Tampak Berjalan Santai di Jalan Raya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan badak bercula satu jalan-jalan di sebuah jalan raya. Dalam video terlihat badak bercula satu tengah...
Sponsored by MGID
Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...