Logo Sulselsatu

Pemerintah Optimis Pemulihan Ekonomi Akan Terus Berlanjut

Asrul
Asrul

Senin, 10 Mei 2021 10:01

Pemerintah Optimis Pemulihan Ekonomi Akan Terus Berlanjut

SULSELSATU.com, Jakarta – Pertumbuhan ekonomi Kuartal I tahun 2021 menunjukkan kontraksi tumbuh -0,74% (YoY). Angka ini jauh lebih baik jika dibandingkan kuartal IV tahun 2020 yang berada di -2,19% (YoY). Pemulihan ekonomi terjadi berkat dukungan semua pihak.

“Ini harus kita tekankan bahwa ini kerja keras kita bersama. Pemerintah iya, masyarakat jelas iya. Ini bisa terjadi karena kita bisa menjaga kondisi COVID-19 itu tetap rendah kasusnya,” ungkap Kepala Badan Kebijakan Fiskal Febrio Kacaribu, seperti dilansir kemenkeu.go.id.

Tren pemulihan ini berjalan sesuai dengan yang pemerintah harapkan dan tentunya karena masyarakat melaksanakan protokol kesehatan. Sebagai contoh dari sisi jumlah orang bekerja. Jumlah pencari kerja meningkat 1,59 juta orang, sedangkan jumlah orang yang bekerja bertambah 2,61 juta orang, lebih cepat tumbuh dari jumlah orang yang mencari kerja.

Baca Juga : Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Door to Door di Aceh

Febrio menjelaskan, sebagai upaya pemerintah untuk mendorong penciptaan lapangan kerja, pengeluaran APBN untuk Kartu Prakerja yang dilakukan oleh pemerintah sesuai bahkan melebihi target. Dari target untuk 2 juta orang, terealisasi 5,5 juta orang di 514 Kabupaten/Kota.

Sponsored by MGID

Selain itu, pemerintah terus mengoptimalkan peningkatan konsumsi. PPN dan PPnBM yang ditanggung pemerintah menyebabkan kenaikan penjualan kendaraan. Program Harbolnas juga mendorong konsumsi masyarakat dan memutar roda perekonomian. Pemerintah optimis pemulihan ini akan terus berlanjut di kuartal-kuartal berikutnya.

“Kuartal II kita memang cukup optimis bahwa melanjutkan pemulihan ini dan juga program pemulihan ekonomi nasional yang terus kita dorong. Harapannya nanti menghasilkan yang kita harapkan di kuartal II dan seterusnya,” tutup Febrio.

Baca Juga : Peserta SKD CPNS 2021 Wajib Pakai Masker 3 Lapis

Editor: Midkhal

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Kesehatan17 September 2021 14:43
PMI Sulsel Siapkan Plasma Konvalesen Gratis untuk Pasien Covid
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Palang Merah Indonesia Sulawesi Selatan (PMI Sulsel) siapkan plasma konvalesen gratis di markas PMI Sulsel, Jalan Lan...
Ekonomi17 September 2021 13:45
Komitmen Pada Isu Lingkungan, PLTU Co-firing Enceng Gondok Raih Penghargaan Internasional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT PLN (Persero) berupaya terus menjaga keseimbangan aspek lingkungan hidup dan keekonomian operasional, termasuk di ...
Video16 September 2021 23:06
VIDEO: Emak-emak Ini Tuduh Driver Ojol Curi Emas Ketika Antar Paket COD
SULSELSATU.com – Seorang driver ojek online dituduh curi emas milik seorang ibu-ibu viral di media sosial. Ojol DKI Jakarta dituduh mencuri seju...
Sponsored by MGID
Makassar16 September 2021 21:02
Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Temui Wali Kota Danny
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menerima kunjungan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS)...