Logo Sulselsatu

Hadirkan 9 Tahun Merdeka Belajar, Alam terbuka Akan Terpakai

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 13 Mei 2021 16:02

Hadirkan 9 Tahun Merdeka Belajar, Alam terbuka Akan Terpakai

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) hadirkan konsep pendidikan di Kota Makassar yang beda dari sebelumnya.

9 tahun merdeka belajar dan hibridisasi pendidikan merupakan dua konsep yang akan diterapkan Danny kedepannya untuk dunia pendidikan.

Hal ini berangkat dari banyaknya anak yang terdata tidak mengenyam pendidikan dengan keterbatasan daya serapan sekolah yang tersedia.

Baca Juga : Danny Paparkan Penanganan Sampah dan Bank Sampah Makassar Pada Forum APEC

Meneliti data, ada sebanyak 24 ribu anak yang terancam putus sekolah tingkat SD, dan 33 ribu tingkat SMP dikarenakan adanya ketimpangan dan ketidaksesuaian jumlah SMP dan SD yang tersedia.

Sponsored by MGID

Saat ini SMP yang tersebar di Kota Makassar sebanyak 55 sekolah. Sementara, SD sebanyak 314 sekolah. Dengan kapasitas untuk SD sebesar 105.504 bangku, SMP sebanyak 47570 bangku.

“Jadi konsep kasarnya ini kita buat sekolah yang bisa menampung semua anak-anak yang terancam ini. Kita bisa pakai alam untuk mengajar anak-anak kita. Kita bisa pakai benteng rotterdam kita buatkan bangku-bangku yang bisa dibongkar pasang. Kita buatkan juga nanti tambahan kelas di setiap SD dan SMP,” ucap Danny.

Baca Juga : Pemkot Makassar Raih Kategori Layak Anak Tingkat Madya Dari Kemen PPPA RI

Tak hanya itu, konsep ini diyakini akan membuat peserta didik jadi bersemangat dalam belajar dan lebih banyak mengenal hal-hal baru.

“Saya tidak mau main-main. Ini revolusi nomor satu ku untuk pendidikan. Buat sekolah alam belajar di alam, belajar online tiga hari offline tiga hari, ini baru namanya hibridisasi. Apalagi masa pandemi ini kita butuh tempat terbuka,” jelasnya.

Danny berharap konsep 9 tahun merdeka belajar ini bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Agar bisa menciptakan generasi-generasi yang bisa meneruskan cita-cita bangsa.

Baca Juga : Terkait Lambannya Penjemputan Jenazah Covid, Danny Pomanto: Kita Sudah Pesan 6 Ambulance untuk Membantu

“Kita lihat penyempurnaan konsep ini dari dinas pendidikan minggu depan, saya akan launching nanti,” pungkasnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video01 Agustus 2021 00:40
VIDEO: Pria yang Ludahi Petugas PLN Saat Menagih Tunggakan Diamankan Polisi
SULSELSATU.com – Pria yang ludahi petugas PLN di Medan, Sumatera Utara telah diamankan pihak kepolisian, Sabtu (31/7). Pria tersebut menjadi ter...
Video31 Juli 2021 22:48
VIDEO: Aksi Emak-emak Antar Suami Sakit Pakai Motor Sampai ke Dalam UGD
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan emak-emak tengah mengantar suaminya yang sedang sakit menggunakan sepeda motor. Dalam video terliha...
Turatea31 Juli 2021 22:23
PPKM Mikro, Kapolsek Binamu Gandeng PD Pemuda Muhammadiyah Gelar Baksos
SULSELSATU.com, Jeneponto – Untuk membantu masyarakat ditengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Jeneponto, Kapolsek B...
Sponsored by MGID
Video31 Juli 2021 20:50
VIDEO: Bikin Heboh, Penampakan Mirip Kuntilanak di Batu Bara Terekam Kamera CCTV
SULSELSATU.com – Warga di Kabupaten Baru Bara, Sumatera Utara dihebohkan dengan penampakan sosok yang diduga kuntilanak. Penampakan sosok yang m...