Logo Sulselsatu

Rapsel Ali Ungkap Keunggulan Integrasi Ekosistem Ultra Mikro Bagi Pelaku UMKM

Asrul
Asrul

Sabtu, 05 Juni 2021 22:07

Rapsel Ali Ungkap Keunggulan Integrasi Ekosistem Ultra Mikro Bagi Pelaku UMKM

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi VI DPR RI melakukan sosialisasi manfaat dan tujuan atas pembentukan Sinergi Ekosistem Ultra Mikro pada 3 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada masyarakat yang ada di Makassar, di Hotel D’Maleo, Sabtu (5/6/2021).

Sosialisasi tersebut dilakukan oleh Anggota Komisi VI DPR RI Muhammad Rapsel Ali pada masa Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) di daerah pemilihan Sulsel 1.

Kegiatan dihadiri langsung Anggota Komisi VI Muhammad Rapsel Ali dengan menghadirkan pembicara antara lain Muhaammad Fikri Satriawan selaku Pimpinan Wilayah BRI Makassar, Zulfan Adam Pimpinan Pegadaian Wilayah VI, dan Maimun Bakri Pimpinan Cabang PNM Makassar juga dihadiri ratusan peserta pelaku Usaha Mikro dan UMKM yang selama ini mengakses pembiayaan Mikro.

Baca Juga : Dukung Program PEN, Pegadaian Komitmen Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Warga

Mengingat Pandemi Covid-19 belum berakhir, kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Sponsored by MGID

Anggota Komisi VI DPR RI Muhammad Rapsel Ali mengatakan untuk memperluas akses layanan keuangan bagi pelaku usaha kecil, termasuk para pedagang tradisional, pemerintah didukung DPR RI bersama dengan BUMN Sektor Ultra Mikro (UMi) dan UMKM akan membentuk suatu ekosistem layanan keuangan untuk jutaan pelaku usaha kecil di Indonesia.

Langkah tersebut dilakukan melalui Sinergi Ekosistem Sektor Ultra Mikro melalui integrasi tiga perusahaan BUMN Yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau, PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) PNM.
Sinergi Ekosistem ini ditargetkan terbentuk pada semester II tahun ini.

Baca Juga : Pegadaian Kanwil VI Makassar dan IBK Nitro Perkuat Hubungan Kerja Sama

”Kami mendukung program ini, untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada pelaku usaha kecil termasuk pedagang pasar dan diharapkan dapat meningkatkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat pra sejahtera,” kata Rapsel Ali.

Menurut Rapsel, dari 57 juta pengusaha Ultra Mikro di Indonesia, baru 20 persen diantaranya yang mendapatkan layanan dari institusi keuangan formal. Padahal 80 persen segmentasi ekosistem Ultra Mikro didominasi oleh petani, pedagang tradisonal, pemilik toko dan pekerja lepas.

Disatu sisi, pelaku ultra Mikro dan UMKM ini merupakan tulang punggung dan kunci pemulihan ekonomi Nasional, sehingga harus diselamatkan dari tekanan dampak pandemi Covid-19. Harapannya pelaku usaha ultra Mikro dapat bangkit berkembang serta naik kelas.

Baca Juga : Pegadaian Gratiskan Biaya Titip Emas Hingga Akhir Juni

”Sinergi ini mengkolaborasikan kekuatan dan mensinergikan keahlian dalam satu rumah besar, agar bisa membantu sebanyak banyaknya pelaku usaha kecil supaya mereka bisa segera bangkit. Karena merekalah tulang punggung dan kunci pemulihan ekonomi nasional,” tutur Rapsel.

Rapsel menegaskan jiwa dan semangat dalam sinergi ekosistem sektor ultra Mikro ini adalah gotong royong dan tolong menolong. Manfaat positif dari sinergi BUMN ultra Mikro ini, lanjut Rapsel tentunya akan dirasakan para pelaku Usaha Mikro karena mereka berpeluang besar mendapat akses pembiayaan dengan lebih mudah dan lebih terjangkau dimasa depan. Akses dan biaya yang lebih terjangkau bisa terjadi karena sinergi BRI, PNM dan Pegadaian akan menurunkan biaya dana (Cost Of Fund) dan biaya investasi dari ketiga entitas tersebut.

”Sinergi ini akan memberikan akses dan biaya yang lebih terjangkau bagi nasabah. Ini penting karena kita ketahui banyak pelaku usaha dan masyarakat kita yang masih mendapatkan pendanaan dari rentenir dan pinjaman online ilegal alias bodong. Kami berharap sinergi ekosistem ultra Mikro bisa jadi solusi,” ungkap Rapsel.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi20 Juni 2021 20:23
Asmo Sulsel Beri Bantuan CSR Rp300 Juta ke Bupati Mamuju
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan total Rp3...
Makassar20 Juni 2021 18:04
Muchlis Misbah Minta Pemkot Makassar Beri Perhatian Khusus ke Guru Mengaji
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Makassar Fraksi Hanura Muchlis A Misbah meminta kepada Pemerintah Kota Makassar agar bisa lebih peka lag...
OPD20 Juni 2021 14:56
Pemkot Sudah Siapkan Perda Bantuan Hukum Bagi Warga Miskin Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Masyarakat Kota Makassar tak perlu khawatir jika menghadapi masalah hukum. Sebab, Pemkot Makassar memberikan bantuan ...
Sponsored by MGID
Sulsel20 Juni 2021 11:59
Pemkot-DPRD Parepare Sosialisasi Perda SPPD, Warga Usul Pagu Wilayah Ditambah Akomodir Anak dan Disabilitas
SULSELSATU.com, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kembali turun sosialisasikan Perda Nomor 2 Tah...