Logo Sulselsatu

Dewan Pendidikan Makassar Dorong Penguatan Pengawas dan Penilik Sekolah

Midkhal
Midkhal

Rabu, 07 Juli 2021 21:09

Dewan Pendidikan Makassar Dorong Penguatan Pengawas dan Penilik Sekolah

SULSELSATU.com, Makassar – Dewan Pendidikan Kota Makassar mendorong penguatan peran pengawas dan penilik sekolah di Makassar. Penguatan itu dilakukan dengan memfasilitasi Rakor para pengawas dan penilik sekolah di Hotel Mercure, Jalan AP Pettarani, Makassar, Rabu (7/7/2021).

Dialog bertajuk Rakor Pengawas dsn Penilik se-Kota Makassar itu digelar untuk mengetahui sejauh mana peran para pengawas dan penilik sekolah memainkan perannya selama ini sebagai perpanjangan tangan Dinas Pendidikan ke sekolah-sekolah.

Kegiatan itu menghadirkan sejumlah narasumber, di antaranya Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Nielma Palamba, Prof Yusran Jusuf yang saat ini dipercaya sebagai Ketua Tim Ahli Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdy, Muliono Caco serta Dr Zainuddin Djaka yang juga anggota Dewan Pendidikan.

Baca Juga : PPKM Diperpanjang, Dewan Pendidikan Kota Makassar Tunda Lomba Cerdas Cermat

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Nielma Palamba mengatakan sangat berterima kasih kepada Dewan Pendidikan Kota Makassar yang telah memfasilitasi kegiatan ini sehingga pihaknya bisa tahu seperti apa posisi pengawas dan penilik sekolah dalam melaksanakan tugasnya.

Sponsored by MGID

“Untung ada Dewan Pendidikan Kota Makassar yang menfasilitasi saya bertemu. Jadi semua unek-unek mereka bisa disampaikan walaupun waktu terbatas,” kata Nielma.

Dia menekankan, pengawas dan penilik sekolah merupakan perpanjangan tangan Dinas Pendidikan. Sehingga seluruh kebijakan yang ada di Dinas Pendidikan, menjadi tugas mereka untuk menyosialisasikannya ke sekolah.

Baca Juga : Rudianto Lallo Reses di Kodingareng, Boyong Dinas PU, Dishub dan PDAM Tampung Langsung Keluhan Warga

“Jadi, walaupun ada NKKN, K3S, forum yang dibuat kepala sekolah, tapi yang resmi sebagai perpanjangan tangan pemerintah tetap pengawas. Seluruh kebijakan, merekalah yang sosialisasikan,” kata Nielma.

Jika ada persoalan yang mereka temukan dalam melaksanakan tugas, seperti kebuntuan komunikasi, harus segera dikonsolidasikan dan diselesaikan dengan baik.

Menjadi catatan dalam hal penyusunan SKS, harus melibatkan tiga pilar yakni sekolah, pengawas dan komite sekolah. Jadi, pengawas bisa memberikan masukan dalam peningkatan mutu pendidikan.

Baca Juga : Buka MPLS, Danny Harap Semua Murid Tetap Belajar Dengan Baik

Sementara itu, Prof Yusran Jusuf menekankan, salah satu poin penting yang ingin diwujudkan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan Wakil Wali Kota Fatmawati Rusdy adalah melakukan revolusi pendidikan.

Untuk melaksanakan program tersebut, kata Prof Yusran, perlu penguatan terhadap semua stakeholder terkait. Bukan hanya dalam manajemen sekolah, namun juga dalam pengawasan.

“Di sini peran pengawas sangat dibutuhkan agar semua sekolah bisa melaksanakan pesannya dengan maksimal,” jelas mantan Pj Wali Kota Makassar itu.

Baca Juga : Buka MPLS, Danny Harap Semua Murid Tetap Belajar Dengan Baik

Dia berharap, ke depan, pengawas dan penilik sekolah memperkuat sinergitas dan soliditas agar segala hambatan dalam melaksanakan revolusi pendidikan.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Politik31 Juli 2021 07:47
Pengundian Nomor Urut Caketum HIPMI Makassar, Nidal 1, Fadel 2, Hikmah 3
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Muhammad Nidal Rusdin memdapat nomor urut 1 sebagai calon ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Makassar da...
Video31 Juli 2021 00:46
VIDEO: Momen Kocak Ganjar Pranowo Dicuekin Mendagri Tito Saat Kuker di Jateng
SULSELSATU.com – Momen kocak saat kunjungan kerja (Kuker) Mendagri Tito Karnavian di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (29/7/2021). Dalam vid...
Video30 Juli 2021 23:10
VIDEO: Setelah Viral, Rafael Malalangi Akhirnya Dinyatakan Lulus Seleksi Calon Bintara Polri 2021
SULSELSATU.com – Kisah Rafael Malalangi viral di media sosial lantaran namanya menghilang dari pengumuman kedua Calon Bintara Polri 2021. Rafael...
Sponsored by MGID
Pendidikan30 Juli 2021 21:37
Temui Bupati Polman, Rektor UNM Pastikan Mahasiswa KKN UNM di Polman Tetap Lanjut
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Negeri Makassar di Polewali Mandar akhirnya tetap berlanjut. H...