Logo Sulselsatu

Pemkab Gowa Putuskan Salat Idul Adha Bisa di Masjid dan Lapangan

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Minggu, 18 Juli 2021 21:17

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksanaan salat Idul Adha 1442 Hijriah bagi warga Kabupaten Gowa yang jatuh pada 20 Juli 2021 mendatang bisa dilakukan di masjid atau lapangan.

Kebijakan tersebut diambil Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa setelah melakukan rapat koordinasi secara virtual bersama Forkopimda, Kemenag Gowa, dan sejumlah organisasi Islam di Gowa.

Kepala Kemenag Gowa, Hj Adliah mengatakan, meskipun Gowa masuk pada zona Oranye, namun setelah berkoordinasi dengan Kementerian Agama serta KUA di kecamatan, Gowa memungkinkan melaksanakan salat Idul Adha di masjid.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel dan Bupati Gowa Bahas Sabtu Truck Free Day ke Malino

“Masyarakat harus melakukan prokes ketat dan tidak boleh lintas kecamatan melaksanakan salat Id,” jelasnya, Minggu, (18/7/2021).

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, peningkatan kasus di Gowa dan Sulsel terjadi kenaikan signifikan. Bahkan, Gowa berada pada peringkat kedua tertinggi setelah Makassar pada kasus konfirmasi Covid-19 dalam sehari.

“Namun, berdasarkan koordinasi dengan Kemenag Gowa bahwa dikembalikan ke daerah masing-masing sehingga kami lakukan rapat ini. Pelaksanaan salat Idul Adha bisa dilakukan dengan catatan penerapan protokol kesehatan ketat dan masyarakat melaksanakan di masjid sekitar rumah masing-masing,” tegasnya.

Baca Juga : Di Malino Bakal Dibangun Wisata Baru Bernuansa Eropa

Untuk itu, dirinya meminta seluruh camat, desa, lurah, polsek, danramil, babinsa dan babinkamtibmas untuk mengecek seluruh masjid di wilayah masing-masing sebelum Hari Raya Idul Adha untuk memastikan masjid mengatur jarak shaf minimal 1-1,5 meter.

“Saya mohon untuk bisa melaksanakan salat dengan prokes ketat dan menyampaikan ke pengurus dan keluarga untuk bisa memahami situasi dan kondisi sekarang. Saya juga minta camat, lurah, kepala desa, kapolres dan dandim untuk menurunkan anggotanya di kecamatan agar mengecek masjid baik-baik, sehingga seluruh masjid menerapkan prokes,” imbaunya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Sri Wahyudi Astuti
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video29 Maret 2024 16:46
VIDEO: Aksi Blokade di Lahan Pertambangan di Luwu Timur
SULSELSATU.com – Aksi blokade di dalam lokasi Izin Pertambangan PT. Citra Lampia Mandiri, Kamis (28/3/2024) kemarin. Blokade tersebut dilakukan ...
Metropolitan29 Maret 2024 16:44
Danny Pomanto Siap Adopsi Penerapan Kabel Bawah Tanah Ala Singapura di Makassar
Pembangunan Ducting Sharing atau pemindahan kabel ke bawah tanah di Makassar segera terealisasi. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto baru saja usai...
Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Ekonomi29 Maret 2024 09:12
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepa...