Logo Sulselsatu

Pemkab Gowa Putuskan Salat Idul Adha Bisa di Masjid dan Lapangan

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Minggu, 18 Juli 2021 21:17

Pemkab Gowa Putuskan Salat Idul Adha Bisa di Masjid dan Lapangan

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksanaan salat Idul Adha 1442 Hijriah bagi warga Kabupaten Gowa yang jatuh pada 20 Juli 2021 mendatang bisa dilakukan di masjid atau lapangan.

Kebijakan tersebut diambil Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa setelah melakukan rapat koordinasi secara virtual bersama Forkopimda, Kemenag Gowa, dan sejumlah organisasi Islam di Gowa.

Kepala Kemenag Gowa, Hj Adliah mengatakan, meskipun Gowa masuk pada zona Oranye, namun setelah berkoordinasi dengan Kementerian Agama serta KUA di kecamatan, Gowa memungkinkan melaksanakan salat Idul Adha di masjid.

Baca Juga : Pemkab Gowa Bentuk Tim Khusus Penerapan PPKM Level 3

“Masyarakat harus melakukan prokes ketat dan tidak boleh lintas kecamatan melaksanakan salat Id,” jelasnya, Minggu, (18/7/2021).

Sponsored by MGID

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, peningkatan kasus di Gowa dan Sulsel terjadi kenaikan signifikan. Bahkan, Gowa berada pada peringkat kedua tertinggi setelah Makassar pada kasus konfirmasi Covid-19 dalam sehari.

“Namun, berdasarkan koordinasi dengan Kemenag Gowa bahwa dikembalikan ke daerah masing-masing sehingga kami lakukan rapat ini. Pelaksanaan salat Idul Adha bisa dilakukan dengan catatan penerapan protokol kesehatan ketat dan masyarakat melaksanakan di masjid sekitar rumah masing-masing,” tegasnya.

Baca Juga : Bupati Gowa Copot Oknum Satpol PP Pelaku Tindak Kekerasan Saat PPKM

Untuk itu, dirinya meminta seluruh camat, desa, lurah, polsek, danramil, babinsa dan babinkamtibmas untuk mengecek seluruh masjid di wilayah masing-masing sebelum Hari Raya Idul Adha untuk memastikan masjid mengatur jarak shaf minimal 1-1,5 meter.

“Saya mohon untuk bisa melaksanakan salat dengan prokes ketat dan menyampaikan ke pengurus dan keluarga untuk bisa memahami situasi dan kondisi sekarang. Saya juga minta camat, lurah, kepala desa, kapolres dan dandim untuk menurunkan anggotanya di kecamatan agar mengecek masjid baik-baik, sehingga seluruh masjid menerapkan prokes,” imbaunya.

Penulis : Sri Wahyudi Astuti
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video29 Juli 2021 00:36
VIDEO: Mensos Risma Sidak Penyaluran BST di Tangerang
SULSELSATU.com – Menteri Sosial, Tri Rismaharini melakukan sidak di Kota Tangerang, Rabu (28/7/2021). Risma memeriksa mengenai perkembangan peny...
Video28 Juli 2021 21:15
VIDEO: Hujan Es Jumbo di Italia, Sejumlah Orang Terluka
SULSELSATU.com – Sejumlah kendaraan rusak akibat diterjang hujan es di Italia, Selasa (27/7/2021). Hujan es tersebut disebabkan badai singkat ya...
Makassar28 Juli 2021 21:00
Sudirman Sulaiman Hadiri Dua Titik Vaksinasi Massal
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Kali ini, Sudirman Sulai...
Sponsored by MGID
Video28 Juli 2021 19:38
VIDEO: Pedagang Sayur Mirip Banget Sama Sule, Netizen: KW Super
SULSELSATU.com – Seorang pedagang di pasar mirip dengan artis Sule viral di media sosial. Dalam video terlihat pria mirip dengan Sule tengah ber...