Logo Sulselsatu

Hore! Ada Subsidi Rp1 Juta Bagi Pekerja Bergaji di Bawah Rp3,5 Juta, Begini Cara Pencairannya

Midkhal
Midkhal

Selasa, 27 Juli 2021 19:54

Ilustrasi subsidi.
Ilustrasi subsidi.

SULSELSATU.com, Jakarta – Pemerintah terus menyalurkan bantuan akibat dampak penerapan PPKM level 4. Salah satu item bantuan adalah subsidi Rp1 juta bagi pekerja yang bergaji di bawah Rp3,5 juta.

Simak penjelasannya berikut ini. Pemerintah memberikan subsidi Rp1 juta untuk pekerja atau disebut juga bantuan subsidi upah (BSU). Bagaimana cara dapat subsidi Rp 1 juta untuk pekerja tersebut?

Tujuan pemberian subsidi Rp1 juta untuk pekerja ini diharapkan dapat meringankan beban ekonomi pekerja yang terdampak PPKM. Sehingga mereka dapat bertahan dari kondisi yang serba sulit sekarang.

Baca Juga : Pastikan Paket Bansos Sesuai Kriteria, Wali Kota Makassar Kunjungi Gedung Bulog

Tentu saja, terdapat syarat dan ketentuan yang terlebih dahulu harus dipenuhi. Berikut persyaratannya:

Sponsored by MGID

1. Upah yang diterima penerima/pekerja di bawah Rp3,5 juta. Atau jika UMK di atas nilai tersebut, maka UMK yang dijadikan acuan utama.

2. Penerima harus memiliki rekening bank aktif.

Baca Juga : VIDEO: Mensos Risma Sidak Penyaluran BST di Tangerang

3. Berada di lokasi penerapan PPKM Level 4.

4. Merupakan WNI dengan NIK, dan terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang aktif di BPJS Ketenagakerjaan. Dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan per Juni 2021.

5. Penerima ditargetkan adalah pekerja di sektor industri barang konsumsi, perdagangan, dan jasa, keduali pendidikan dan kesehatan, transportasi, aneka industri properti dan real estate.

Baca Juga : Abdul Hayat Pastikan Penyaluran Bansos Kemensos RI Tuntas Bulan Ini

6. Bantuan diterimakan melalui bank-bank BUMN yang tergabung dalam Himbara.

Bantuan subsidi Rp1 juta untuk pekerja ini rencananya akan dicairkan sebanyak dua kali. Yakni, masing-masing Rp500.000 selama dua bulan. Namun kemudian diputuskan pencairan bantuan subsidi upah dilakukan sekaligus selama dua bulan.

Sehingga penerima BSU akan menerima jumlah dana sebesar Rp1 juta yang diberikan secara langsung dalam sekali waktu.

Baca Juga : Abdul Hayat Pastikan Penyaluran Bansos Kemensos RI Tuntas Bulan Ini

Data BPJS Ketenagakerjaan sendiri dinilai paling valid untuk melihat jumlah pekerja dan siapa-siapa saja yang berhak mendapatkan bantuan subsidi Rp 1 juta untuk pekerja ini.

Maka dengan demikian, diharapkan perusahaan juga secara aktif melaporkan data karyawan yang dimilikinya. Sehingga pendataan bisa berlangsung lebih depat dan bantuan bisa segera disalurkan.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar27 September 2021 21:13
Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Se...
Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...
Makassar27 September 2021 18:54
Siapkan Simulasi PTM, Pemkot Makassar Pastikan Kondisi Pelajar Sehat Terlebih Dulu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar tidak mau gegabah menerapkan proses pembelajaran tatap muka (PTM) bagi para pelajar di masa ...
Sponsored by MGID
Video27 September 2021 18:41
VIDEO: Purnawirawan Polri Terpaksa Jadi Manusia Silver Akibat Himpitan Ekonomi
SULSELSATU.com – Seorang purnawirawan Polri jadi manusia silver viral di media sosial. Purnawirawan Polri itu ditangkap oleh satpol PP di Kota S...