Logo Sulselsatu

Jaga Stabilitas dan Keamanan Kampus, UNM dan Polda Sulsel Jalin Kerjasama

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Rabu, 28 Juli 2021 16:23

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan penandatanganan kerjasama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan.

Penandatanganan ini dilakukan dalam rangka sinergitas pelaksanaan tugas dan fungsi yang dilaksanakan di Lantai 7 Gedung Pinisi UNM, Jalan AP. Pettarani, Makassar, Rabu (28/07/2021).

Perjanjian kerjasama ini merupakan tindaklanjut dari nota kesepahaman antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 20/Xl/NK/2020. nomor NK/40/XI/2020 tanggal 11 November 2020 tentang kesinergian pelaksanaan tugas dan fungsi. Perjanjian kerjasama ini meliputi:

Baca Juga : 1551 Personel Polda Sulsel Alami Kenaikan Pangkat

1. Pembinaan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat serta penanggulangan tindak pidana yang terjadi dalam dan sekitar wilayah kampus Universitas Negeri Makassar.

2. Pelaksanaan tri darma perguruan tinggi serta implementasi merdeka belajar kampus merdeka.

3. Pertukaran data, informasi, keahlian serta pemanfaatan sarana dan prasarana dalam rangka pelaksanaan kegiatan yang telah disepakati.

Baca Juga : Pemprov, Kejati, Polda, dan Bawaslu Sulsel Komitmen Tegakkan Gakkumdu di Pemilu 2024

Dalam sambutannya, Kapolda Sulsel, Irjen. Pol. Drs. H. Merdisyam, M.Si menyampaikan dengan kerjasama ini diharapkan untuk dapat mewujudkan sinergitas pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pihak.

“Kami menyadari bahwa menjalin dan menjaga hubungan dengan perguruan tinggi merupakan cara yang efektif dalam membangun stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat baik dalam lingkungan kampus maupun di wilayah sekitaran kampus,” ujar Merdisyam.

Pihaknya pun sangat menyambut baik dilaksanakannya kerjasama ini, selaras dengan tujuan dan harapan kesepahaman untuk menciptakan sebuah hubungan kerjasama yang harmonis antara Polri dengan perguruan tinggi di Sulawesi Selatan pada umumnya dan UNM pada khususnya.

Baca Juga : Jangan Sembarangan Ajukan Kredit Pakai Data Pribadi Pihak Lain, Bisa Dipidana!

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof. Dr. Ir. Husain Syam, M.T., IPU,. ASEAN Eng mengatakan kerjasama antara UNM dan Polri bukan kali pertama dilakukan. Melainkan selalu diperbaharui, penguatan dan sinergi kedua lembaga dalam kepedulian bersama.

“Ini merupakan sebuah kebanggaan dan kebahagiaan, sebab sinergitas antara UNM dan Polri sangat diperlukan dalam ketertiban dan kehidupan kampus, keamanan dari gangguan yang terjadi dan tidak lepas dari Tri Dharma perguruan tinggi,” terang Prof Husain Syam.

Dalam pertemuan tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pimpinan dari UNM diantaranya, Wakil Rektor 1 Prof Asnawawi Haris, Wakil Rektor 2 Dr. Kartika Jayadi,, Wakil Rektor 3 Prof Sukardi Weda, Wakil Rektor 4 Dr. Ichsan Ali para Dekan dan Direktur Pasca Sarjana UNM.

Baca Juga : UNM dan UiTM Perak Malaysia Kolaborasi Lahirkan Konsep Arsitek di Internasional Syimposium Nusantra XIV

Sementara dari pihak Polda Sulsel, Kombes Pol. Dwi Suryo Cahyono, S.I.K.,M.H. (Dirintelkam Polda Sulsel ). Dirbinmas Polda Sulsel Kombes Pol. Andi Heru Santo, S.S.T.M.K, Karo SDM Polda Sulsel Kombes Pol I Ketut Yudha Karyana S.I.k, Dir Krimsus Polda Sulsel Kombes Pol Widoni Fedri S.I.k, Dir Narkoba Polda Sulsel Kombes PoI K. Yani Sudarto S.I.k, Dir Pamobvit Polda Sulsel Kombes Pol M Iftah Palahadin S.H, Kabidkum Polda Sulsel Kombes Pol Hambali S.H dan Kabid Humas Polda Sulse! Kombes Pol. E. Zulpan, S.I.K.,M.Si.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video16 April 2024 23:47
VIDEO: Diduga Buat Curang, Konsumen Marahi Kasir Minimarket
SULSELSATU.com – Seorang kasir minimarket mendapat teguran dari seorang konsumen yang diduga mengalami kekurangan uang kembalian. Video insiden ...
OPD16 April 2024 23:46
Pimpin Raker Bersama OPD, Syaharuddin Alrif Kembali Minta Pj Gubernur Bantu Stabilkan Harga Gabah dan Jagung
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi B bidang ekonomi DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan rapat kerja pembahasan LKPJ Gubernur Sul...
Video16 April 2024 22:45
VIDEO: Anak Tertidur dalam Mobil Terkunci, Warga Berusaha Menggoyangkan Mobil
SULSELSATU.com – Seorang anak kecil di Nganjuk, Jawa Timur yang tertidur dalam mobil bikin heboh. Lantaran dirinya tertidur di mobil yang terkun...
Lifestyle16 April 2024 21:00
Astra Motor Sulsel Gandeng 42 UMKM Beri Promo Bagi Pengguna Aplikasi MotorkuX
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) punya kabar bahagia bagi masyarakat Makassar, Gowa, dan Kendari. Bersama 42 UMKM, Asmo Sulsel menggelar pro...