Logo Sulselsatu

Pemkot Parepare Ajak Warga Budidayakan Tanaman Obat di Pekarangan Rumah

Andi Fardi
Andi Fardi

Senin, 02 Agustus 2021 14:54

Pemkot Parepare Ajak Warga Budidayakan Tanaman Obat di Pekarangan Rumah

SULSELSATU.com, PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare terus meningkatkan dan mengembangkan inovasi tanaman pangan yang dapat difungsikan bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, utamanya di masa pandemi.

Kali ini, melalui inovasi Tokita (Tanaman Obat Sekitar Kita), Pemkot melalui Dinas Ketahanan Pangan menunjang ketersediaan tanaman obat-obatan tradisional yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

“Inovasi Tokita atau Tanaman Obat di Sekitar Kita dikembangkan. Hubungannya dengan masalah pandemi saat ini karena kita ketahui juga bahwa dengan tanaman obat itu adalah upaya untuk meningkatkan imun pada masyarakat karena ini merupakan obat-obat terapi tradisional yang manjur untuk ditingkatakan penanamannya,” ujar Muhammad Nur, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Parepare.

Bibit Tokita yang dikembangkan ini kata dia akan ditanam dengan memanfaatkan pekarangan rumah warga, sehingga pekarangan rumah berfungsi dengan baik dalam menanam tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat dan menghasilkan.

Selain memanfaatkan pekarangan warga, Dinas Ketahanan Pangan juga merencanakan untuk melakukan penanaman di pekarangan sekolah-sekolah. “Namun untuk sementara kita utamakan masyarakat umum dulu,” jelas dia.

Adapun jenis tanaman obat yang disiapkan secara gratis tersebut, tanaman jahe, kunyit, lengkuas, sereh, dan kunyit putih.

Di beberapa kesempatan, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe berpesan agar SKPD terus berinovasi, terlebih di masa pandemi. “Jangan pernah berhenti berinovasi demi kesejahteraan masyarakat. Karena pemulihan ekonomi yang saya canangkan tahun ini merupakan kerja-kerja terintegrasi, bukan one man show,” pesan Taufan Pawe.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video06 Februari 2023 23:13
VIDEO: Emak-emak Diduga Curi Jilbab di Tenan Mall Panakkukang Makassar
SULSELSATU.com – Aksi pencurian jilbab terjadi di salah satu tenan di Mall Panakkukang Makassar. Kejadian tersebut terjadi pada Minggu (5/2/2023...
Nasional06 Februari 2023 22:55
Diguncang Gempa, Jokowi Sampaikan Belasungkawa ke Turki
SULSELSATU.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa kepada seluruh rakyat Turki dan Suriah, korban gempa bumi berk...
Entertainment06 Februari 2023 22:18
Akhir Pekan Ini Before Falling In Love with Mario G Klau Hadir di Makassar, Catat Tanggalnya
Penyanyi nasional sekaligus pencipta lagu, Mario G Klau bakal menghibur masyarakat Makassar pada 11 Februari 2023 mendatang. Konser Mario bakal digela...
Hukum06 Februari 2023 21:29
Kasus Honorium Fiktif Satpol PP Makassar, Saksi Mengaku Disuruh Buat Dua Rekening
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sidang lanjutan Kasus Korupsi Honorium Satpol PP makassar yang merugikan negara Rp 4,8 miliar kembali digelar, kali ini m...