Logo Sulselsatu

Parepare Hasilkan Sampah 98 Ton Per Hari, TSM : Edukasi Warga Agar Tertib Buang Sampah

Andi Fardi
Andi Fardi

Minggu, 22 Agustus 2021 17:08

Parepare Hasilkan Sampah 98 Ton Per Hari, TSM : Edukasi Warga Agar Tertib Buang Sampah

SULSELSATU.com, Parepare — Wakil Ketua DPRD Kota Parepare, Tasming Hamid melaksanakan sosialisasi peraturan daerah (perda) nomor 11 tahun 2012 tentang pengelolaan persampahan.

Kegiatan yang digelar di Hotel Bugis itu menghadirkan narasumber Kabid Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Arhamdi dan sejumlah masyarakat Soreang yang menjadi peserta.

Pada kesempatan itu, H Tasming Hamid mengatakan, Perda pengelolaan sampah bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan, serta menjadikan sampah sebagai sumber daya.

“Solusi terkait masalah sampah yaitu harus ada semangat kerja serta edukasi masyarakat agar bisa tertib membuang sampahnya pada tempat yang disiapkan,” ujar Legislator Partai Nasdem itu, Minggu (22/8/2021).

Sponsored by MGID

Menurutnya, Perda pengelolaan sampah diselenggarakan berdasarkan asas tanggung jawab, berkelanjutan, manfaat, keadilan, kesadaran, kebersamaan, keselamatan, keamanan dan bernilai ekonomi.

Kabid Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Parepare, Arhamdi mengaku, Perda nomor 11 tahun 2012 ini akan menjadi regulasi dalam pengelolaan sampah di Kota Parepare.

Menurut dia, secara akumulatif total sampah yang dihasilkan di Kota Parepare yaitu 98, 92 ton per hari, yang masuk ke TPA sekitar 72 ton, sisanya tidak terangkut atau dimanfaatkan sebagai sumber daya.

Sehingga semangat Perda ini, yaitu bagaimana menangani dan mengurangi sampah tersebut.

“Persoalan sampah adalah tanggung jawab kita bersama. Kita edukasi agar menjadikan sampah sebagai sumber daya atau ekonomi. Ada program Bank Sampah yang kita laksanakan di Kelurahan, hali itu dapat dimanfaatkan warga,” katanya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video19 September 2021 00:20
VIDEO:Aksi Nakal Bocah Kempeskan Ban Mobil yang Keluar dari Parkiran Megamas Manado
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi sekelompok bocah mengempeskan ban mobil. Dalam video terlihat beberapa bocah mengempeskan ban ...
Video18 September 2021 21:42
VIDEO: Begini Penampakan Desain Stadion Mattoanging
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) belum lama ini melakukan penandatanganan kontrak dengan PT Ar...
Ekonomi18 September 2021 21:12
PLN Gelar Pelatihan Videografi dan Beri Bantuan Gapura Wisata Cendol Malino
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PLN berkomitmen untuk terus mendukung para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha kecil mikro dan menengah serta pembe...
Sponsored by MGID
Video18 September 2021 19:10
VIDEO: Tarik Motor Kredit Macet, Kantor Finance di Karawang Dihancurkan Massa
SULSELSATU.com – Sebuah video CCTV memperlihatkan sekelompok orang menghancurkan fasilitas kantor finance. Kejadian itu terjadi di kantor financ...