Logo Sulselsatu

Kontribusi Menjaga Lingkungan, PT Vale Indonesia Kampanyekan Pengelolaan Sampah di Danau Matano

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Jumat, 27 Agustus 2021 13:38

Kontribusi Menjaga Lingkungan, PT Vale Indonesia Kampanyekan Pengelolaan Sampah di Danau Matano

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Vale Indonesia Tbk turut berkontribusi menjaga lingkungan dengan melakukan kampanye pengelolaan sampah di Danau Matano, Luwu Timur.

Kampanye dilakukan dengan kolaborasi bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Luwu Timur dan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi Selatan dan Maluku.

Kepala DLH, Andi Tabbacina mengapresiasi andil PT Vale dalam menjaga lingkungan dengan berkontribusi pada program kampye pengelolaan sampah di Danau Matano.

Baca Juga : Pembangunan Keberlanjutan PT Vale, Komitmen Kesejahteraan Bersama

“Danau Matano menjadi kawasan pelestarian alam yang sangat potensial untuk dikembangkan dan dimanfaatkan aebagai destinasi wisata dan rekreasi alam di Provinsi Sulsel. Namun, danau kebanggaan kita ini sedang sakit, karena dalam masalah mulai dari kerusakan daerah tangkapan air (DTA), kerusakan sempadan danau, kerusakan perairan danau, serta resiko bencana,” jelasnya, Jumat, (27/8/2021).

Sponsored by MGID

Dia menjelaskan, jika terkait pengerukan menggunakan alat berat, merupakan ini kali kedua. Tahun 2018 sudah dilakukan bekerja sama dengan PT Vale Indonesia Tbk dan BBKSDA, namun tidak juga memberikan hasil maksimal, mengingat sebagian besar sampah bertumpuk di bawah kolong rumah warga.

“Ada tiga kontributor sampah di dermaga ini yakni, sampah rumah tangga warga sekitar dermaga sorowako, sampah pasar maupun usaha lain (melalui drainase yang bermuara ke dermaga), serta sampah pengguna transportasi air maupun sampah kiriman dari desa sekitar,”katanya.

Baca Juga : Danny Paparkan Penanganan Sampah dan Bank Sampah Makassar Pada Forum APEC

Sementara itu, Direktur External Relations and Corporate Affair, Endra Kusuma menuturkan, PT Vale senantiasa mendukung upaya dalam peningkatan kualitas lingkungan di wilayah operasi PT Vale.

“Perlu koordinasi, sinergi dalam menyusun perencanaan dan menindaklanjuti upaya penyelamatan danau serta peningkatan kualitas lingkungan khususnya di pesisir Danau Matano. Ada nilai perusahaan yang terus kami jalankan dan kembangkan, respect our planet and communities,” pungkasnya.

Ia menuturkan, PT Vale sangat peduli dan mendukung upaya pelestarian lingkungan, serta senatiasa menghormati masyarakat dan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan.

Baca Juga : Dirjen PSLB3 KLHK Minta Pemprov Sulsel Turun Tangan Urusi Masalah Sampah

Hasil kegiatan kampanye pengelolaan sampah di Danau Matano berhasil mengumpulkan puluhan ton sampah basah. Sampah tersebut kemudian diangkut menggunakan escavator dan truk yang disiapkan oleh PT Vale Indonesia, Tbk.

Penulis : Sri Wahyudi Astuti
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video19 September 2021 00:20
VIDEO:Aksi Nakal Bocah Kempeskan Ban Mobil yang Keluar dari Parkiran Megamas Manado
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi sekelompok bocah mengempeskan ban mobil. Dalam video terlihat beberapa bocah mengempeskan ban ...
Video18 September 2021 21:42
VIDEO: Begini Penampakan Desain Stadion Mattoanging
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) belum lama ini melakukan penandatanganan kontrak dengan PT Ar...
Ekonomi18 September 2021 21:12
PLN Gelar Pelatihan Videografi dan Beri Bantuan Gapura Wisata Cendol Malino
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PLN berkomitmen untuk terus mendukung para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha kecil mikro dan menengah serta pembe...
Sponsored by MGID
Video18 September 2021 19:10
VIDEO: Tarik Motor Kredit Macet, Kantor Finance di Karawang Dihancurkan Massa
SULSELSATU.com – Sebuah video CCTV memperlihatkan sekelompok orang menghancurkan fasilitas kantor finance. Kejadian itu terjadi di kantor financ...