Logo Sulselsatu

Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo Sosper Penataan dan Pengelolaan RTH

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Sabtu, 28 Agustus 2021 14:40

Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo Sosper Penataan dan Pengelolaan RTH

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo (RL) menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Kota Makassar no 3 tahun 2014 Tentang Penataan dan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau di hotel Grand Maleo Makassar, Sabtu (28/08/2021).

Kegiatan ini menghadirkan 2 pemateri diantaranya Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan dan Pemeliharaan RTH Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Novi Narilla Akib dan Sukarno Lallo selaku Pemerhati Lingkungan Hidup serta dipandu langsung oleh Anwar.

Pada kesempatan ini, Rudianto Lallo mengatakan bahwa Sosialisasi Perda ini merupakan tugas dan tanggungjawab anggota DPRD Kota Makassar untuk memberi pemahaman dan tanggungjawab masyarakat dalam penataan ruang terbuka hijau di Kota Makassar. Apa lagi, RTH di Kota Makassar masih terbilang rendah hanya 8 persen dari target 30 persen.

Baca Juga : Buka Kejuaraan Sepak Bola Ketua DPRD Kota Makassar, Ini Pesan Rudianto Lallo

Sosialisasi perda ini bagian dari program dan fungsi kami di DPRD, apa lagi RTH kita itu sangat renda, ditambah penduduk semakin padat, makanya ini kewajiban pemerintah supaya ada ruang terbuka hijau” kata Rudianto Lallo saat membuka kegiatan sosialisasi tersebut.

Sponsored by MGID

Lebih lanjut, Politisi Partai Nasdem itu mengaku akan mengusulkan pengoptimalan RTH di kawasan unhas Baraya ke Pemkot Makassar.

“Kalau di situ pasti akan bagus, apa lagi di Utara kota pemukiman sangat padat makanya perlu ada ruang terbuka hijau di situ” kata RL,

Baca Juga : Reses di Lakkang, Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo Beri Bantuan Perlengkapan Olahraga

Sukarno Lallo selaku Pemerhati Lingkungan mengatakan bahwa peran masyarakat juga sangat penting dalam melestarikan lingkungan sekitarnya. Ia mengaku banyak hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk melestarikan lingkungan diantaranya merawat tanaman hias.

Selain itu, pemanfaatan ruang di pesisir pantai juga dapat dilakukan oleh pemerintah kota Makassar. Hal tersebut dianggap penting untuk menjaga kelestarian alam serta mencegah terjadinya banjir di kota Makassar.

“Kita juga memiliki pesisir pantai yang cukup luas untuk dilakukan penghijauan, ini upaya untuk mencegah banjir,” pungkasnya

Baca Juga : Ketua DPRD Makassar Sosialisasi Perda Nomor 2 Tahun 2016

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan dan Pemeliharaan RTH Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Novi Narilla Akib mengatakan, sudah kewajiban Pemkot Makassar untuk menghadirkan serta merawat ruang terbuka hijau di Kota Makassar.

Diatur dalam kepastian hukum, salah satunya perda ini, ini tanggung jawab kita bersama untuk mengelola dalam mempertahankan keberadaannya.” ungkapnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video19 September 2021 00:20
VIDEO:Aksi Nakal Bocah Kempeskan Ban Mobil yang Keluar dari Parkiran Megamas Manado
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi sekelompok bocah mengempeskan ban mobil. Dalam video terlihat beberapa bocah mengempeskan ban ...
Video18 September 2021 21:42
VIDEO: Begini Penampakan Desain Stadion Mattoanging
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) belum lama ini melakukan penandatanganan kontrak dengan PT Ar...
Ekonomi18 September 2021 21:12
PLN Gelar Pelatihan Videografi dan Beri Bantuan Gapura Wisata Cendol Malino
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PLN berkomitmen untuk terus mendukung para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha kecil mikro dan menengah serta pembe...
Sponsored by MGID
Video18 September 2021 19:10
VIDEO: Tarik Motor Kredit Macet, Kantor Finance di Karawang Dihancurkan Massa
SULSELSATU.com – Sebuah video CCTV memperlihatkan sekelompok orang menghancurkan fasilitas kantor finance. Kejadian itu terjadi di kantor financ...