Logo Sulselsatu

Belanja Daerah Mesti Dukung Target Capaian Prioritas Pembangunan Nasional

Andi Fardi
Andi Fardi

Selasa, 14 September 2021 10:13

Belanja Daerah Mesti Dukung Target Capaian Prioritas Pembangunan Nasional

SULSELSATU.com, Parepare — Belanja daerah harus mendukung target capaian prioritas pembangunan nasional tahun 2022.

Hal itu ditegaskan Wali Kota Parepare Taufan Pawe saat menyerahkan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2022 ke DPRD Parepare, kemarin.

Taufan Pawe menjelaskan, Belanja Daerah terdiri atas Belanja Operasi, Belanja Modal, Belanja Tidak Terduga dan Belanja Transfer dengan jumlah sebesar Rp1,09 triliun.

“Ada kenaikan sebesar Rp88,86 milyar atau 8,82 persen bila dibandingkan dengan tahun anggaran 2021,” kata Walikota Parepare dua periode itu.

Sponsored by MGID

Sementara selisih antara anggaran pendapatan daerah dengan anggaran belanja daerah mengakibatkan terjadinya surplus atau defisit APBD. Karena anggaran pendapatan daerah diperkirakan lebih kecil dari anggaran belanja daerah.

“Karena itu PPAS Tahun Anggaran 2022 mengalami defisit, namun defisit ini ditutupi dengan pembiayaan daerah. Adapun besaran defisit yaitu Rp21,98 milyar,” ujar dia.

Sedangkan penerimaan pembiayaan dalam rancangan PPAS tahun anggaran 2022 bersumber dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran Tahun Lalu (Silpa) sebesar Rp30 milyar.

“Untuk anggaran pengeluaran pembiayaannya dialokasikan pada pembayaran utang pokok sebesar Rp2,76 milyar, dan penyertaan modal pada Bank Sulsel dialokasikan sebesar Rp5,25 milyar,” jelasnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar27 September 2021 21:13
Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Se...
Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...
Makassar27 September 2021 18:54
Siapkan Simulasi PTM, Pemkot Makassar Pastikan Kondisi Pelajar Sehat Terlebih Dulu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar tidak mau gegabah menerapkan proses pembelajaran tatap muka (PTM) bagi para pelajar di masa ...
Sponsored by MGID
Video27 September 2021 18:41
VIDEO: Purnawirawan Polri Terpaksa Jadi Manusia Silver Akibat Himpitan Ekonomi
SULSELSATU.com – Seorang purnawirawan Polri jadi manusia silver viral di media sosial. Purnawirawan Polri itu ditangkap oleh satpol PP di Kota S...