Logo Sulselsatu

Belanja Daerah Mesti Dukung Target Capaian Prioritas Pembangunan Nasional

Andi Fardi
Andi Fardi

Selasa, 14 September 2021 10:13

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, Parepare — Belanja daerah harus mendukung target capaian prioritas pembangunan nasional tahun 2022.

Hal itu ditegaskan Wali Kota Parepare Taufan Pawe saat menyerahkan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2022 ke DPRD Parepare, kemarin.

Taufan Pawe menjelaskan, Belanja Daerah terdiri atas Belanja Operasi, Belanja Modal, Belanja Tidak Terduga dan Belanja Transfer dengan jumlah sebesar Rp1,09 triliun.

“Ada kenaikan sebesar Rp88,86 milyar atau 8,82 persen bila dibandingkan dengan tahun anggaran 2021,” kata Walikota Parepare dua periode itu.

Sementara selisih antara anggaran pendapatan daerah dengan anggaran belanja daerah mengakibatkan terjadinya surplus atau defisit APBD. Karena anggaran pendapatan daerah diperkirakan lebih kecil dari anggaran belanja daerah.

“Karena itu PPAS Tahun Anggaran 2022 mengalami defisit, namun defisit ini ditutupi dengan pembiayaan daerah. Adapun besaran defisit yaitu Rp21,98 milyar,” ujar dia.

Sedangkan penerimaan pembiayaan dalam rancangan PPAS tahun anggaran 2022 bersumber dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran Tahun Lalu (Silpa) sebesar Rp30 milyar.

“Untuk anggaran pengeluaran pembiayaannya dialokasikan pada pembayaran utang pokok sebesar Rp2,76 milyar, dan penyertaan modal pada Bank Sulsel dialokasikan sebesar Rp5,25 milyar,” jelasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...