Logo Sulselsatu

Hadiri Webinar Kebangsaan, Ganjar Pranowo – Fadli Ananda Bahas Peran Pemerintah dan Pemuda di Era Pandemi

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Senin, 27 September 2021 13:57

Hadiri Webinar Kebangsaan, Ganjar Pranowo – Fadli Ananda Bahas Peran Pemerintah dan Pemuda di Era Pandemi

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Webinar Kebangsaan yang dilaksanakan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Minggu malam, 26 September 2021, menghadirkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Tokoh Pemuda Sulsel dr Fadli Ananda SpOg MKes. Keduanya membahas peran pemuda dan pemerintah di era pandemi Covid-19.

Mengawali webinar kebangsaan, Ganjar melemparkan sejumlah pertanyaan kepada para peserta mengenai apa masalah yang dihadapi bangsa ini. Beragam respon pun disampaikan. Mulai dari masalah integritas, hoax, hingga pertanian dan agraria.

Ganjar menjelaskan, apapun masalah bangsa yang dihadapi saat ini, membutuhkan peran pemuda di dalamnya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan. Termasuk dalam upaya melawan Covid-19.

Baca Juga : Fadli Ananda Instruksikan Baguna Luwu Turun Langsung ke Lokasi Bencana Banjir Bandang

“Banyak sekali yang bisa kita lakukan, dan pemuda bisa berkontribusi dalam banyak hal,” ujarnya.

Sponsored by MGID

Iapun menceritakan bagaimana ketika mahasiswa di Jawa Tengah berencana melakukan aksi demonstrasi saat pemerintah sedang berjuang melawan pandemi. Ketika pemerintah mengkampanyekan protokol kesehatan, dan mereka akan berkumpul menimbulkan kerumunan.

“Waktu itu, mau dibubarkan dengan disiram. Saya setuju. Dengan catatan kalau sudah diperingati dan tidak mau bubar. Kenapa? Karena mereka berkerumun, tidak taat prokes,” bebernya.

Baca Juga : Andi Sudirman Undang Gubernur Jateng Hadiri Toraja Highland Festival

Setelah melakukan dialog, Ganjar menyebut para mahasiswa tersebut kini justru banyak berperan membantu pemerintah. Diantaranya, ada yang mengajar anak-anak sekolah, yang terpaksa harus belajar daring akibat pandemi.

Ia juga mengungkap bagaimana pemerintah memaksa para penderita Covid-19 mengikuti isolasi terpusat yang telah disiapkan, untuk menekan penyebaran virus di masyarakat.

Dalam webinar tersebut, Ganjar mengaku tak ingin menjelaskan terlalu banyak, karena menurutnya Fadli Ananda yang selama ini banyak berperan di masyarakat, bisa menjelaskan secara detail bagaimana kolaborasi pemerintah dan pemuda di tengah pandemi.

Baca Juga : Tarik Perhatian Sejumlah Tokoh Nasional, Begini Konsep ISYEF Dorong Perekonomian Masyarakat Berbasis Masjid

“Bung Fadli, kalau ke Semarang kontak saya,” ujar Ganjar, sesaat sebelum mengakhiri penyampaiannya di webinar.

Sementara, dr Fadli Ananda, mengatakan, pandemi Covid-19 ini merupakan hal baru dan membuat seluruh negara di dunia bingung bagaimana menghadapinya. Karena itu, butuh kolaborasi semua pihak, termasuk pemuda di dalamnya.

“Pemuda jangan hanya mengkritik, tapi harus hadir memberikan solusi. Kita bantu pemerintah,” ujarnya.

Baca Juga : Tarik Perhatian Sejumlah Tokoh Nasional, Begini Konsep ISYEF Dorong Perekonomian Masyarakat Berbasis Masjid

Ia mengapresiasi gerakan pemuda yang membantu dengan ikut melakukan vaksinasi massal. Apalagi, yang awalnya antivaksin, adalah pemuda itu sendiri.

“Sekarang vaksinasi di Sulsel ini baru 30 persen. Disinilah peran kita juga, bagaimana berkolaborasi mendorong ini agar herd immunity bisa cepat terbentuk,” terangnya.

Ketua Indonesian Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) Sulsel ini juga membeberkan sejumlah kegiatan yang telah dilakukan bersama para relawan Covid selama ini. Mulai dari membeli makanan produk UMKM lalu menjualnya kembali dengan harga Rp 2.000 lalu hasilnya disumbangkan ke masjid, menyiapkan makanan untuk nakes, pemeriksaan kesehatan gratis untuk ibu hamil, hingga vaksinasi massal.

Baca Juga : Tarik Perhatian Sejumlah Tokoh Nasional, Begini Konsep ISYEF Dorong Perekonomian Masyarakat Berbasis Masjid

“Mulai sekarang ayo berkolaborasi, jangan bergerak sendiri-sendiri. Tanpa sinergitas, kita tidak akan bisa menghadapi pandemi ini. Kita harus berkolaborasi dengan pemerintah,” pesan dr Fadli Ananda.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video26 Oktober 2021 18:16
Biadab! Pemuda Asal Bantaeng Bunuh Bapak, Ibu dan Saudara Kandungnya
SULSELSATU.com,Jeneponto – Akmal (29) pemuda asal Kelurahan Ereng-Ereng, Kecamatan Tompo Bulu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Selasa (26/10/...
Berita Utama26 Oktober 2021 17:42
Tak Dibelikan Rokok, Pemuda Asal Bantaeng Bunuh Bapak, Ibu dan Saudara Kandungnya
SULSELSATU.com,Bantaeng – Akmal (29) pemuda asal Kelurahan Ereng-Ereng, Kecamatan Tompo Bulu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Selasa (26/...
Makassar26 Oktober 2021 17:20
Beri Kuliah Umum, Danny Bakar Semangat Mahasiswa UNM
SULSULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) membakar semangat Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (U...
Sponsored by MGID
Makassar26 Oktober 2021 16:52
Rektor UNM Hadirkan Danny dan Amran Berbagai Pengalaman Kepada Mahasiswa UNM
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar menggelar Kuliah Umum dengan tema “Peran Pemuda dalam Entrepreneurship untuk Pengembang...