Logo Sulselsatu

Capai Kapabilitas APIP Level 3, Pemkot Parepare Terima Penghargaan Dari BPKP

Andi Fardi
Andi Fardi

Rabu, 06 Oktober 2021 21:24

Capai Kapabilitas APIP Level 3, Pemkot Parepare Terima Penghargaan Dari BPKP

SULSELSATU.com, Makassar — Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menerima penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) berupa piagam atas capaian Kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Level 3.

Penghargaan ini diserahkan langsung Kepala Perwakilan BPKP Sulsel, Arman Sahri Harahap dalam acara Gelar Pengawasan Pemerintah Kota Parepare tahun 2021, di Kantor BPKP Sulsel, Jalan Tamalanrea, Kota Makassar, Rabu, 6 Oktober 2021.

Arman Sahri Harahap mengatakan, penghargaan yang diraih Inspektorat Kota Parepare patut dibanggakan karena Pencapaian Kapabilitas APIP Level 3 sulit didapatkan. Mengingat, penghargaan itu merupakan standar internasional yang dikeluarkan oleh Insititute of Internal Auditor (IIA) Research Foundation yaitu Internal Audit Capability Model (IA-CM).

“Dengan Pencapaian Kapabilitas APIP Level 3, Inspektorat Parepare sudah bisa dijadikan tempat bertanya. Sudah bisa dijadikan jasa konsultasi di bidang tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian internal. Pencapaian didapatkan ini wajar karena Pak Wali (Taufan Pawe) tegas dalam tata kelola keuangan dan pembangunan,” kata Arman.

Sponsored by MGID

Arman mengaku, intensitas koordinasi yang dilakukan Inspektorat Kota Parepare dan BPKP merupakan suatu sinergitas dan wujud kerja sama yang baik dalam tata kelola penggunaan anggaran dan pembangunan daerah. Sehingga, dirinya tak heran Inspektorat Parepare meraih Pencapaian Kapabilitas APIP Level 3.

“Ini merupakan suatu kehormatan dan bukti soliditas Pemkot Parepare dan BPKP. Saya mengakui, satu diantara pemerintah daerah di Sulsel yang intens koordinasi terkait penggunaan anggaran dan pembangunan yakni Pemkot Parepare,” ungkapnya.

Sementara Wali Kota Parepare, Taufan Pawe berharap, para pengguna anggaran Pemkot Parepare menjadikan penghargaan pencapaian Kapabilitas APIP Level 3 cambuk untuk bekerja lebih baik lagi.

“Ini merupakan suatu kesyukuran bagi kita. Tapi Jujur saya belum puas. Kita harus melihat masalah secara komprehensif masih ada perlu dideteksi inspektorat. APIP adalah garda terdepan untuk menjaga integritas, yang di dalamnya ada kapasitas dan loyalitas,” katanya.

Kepala daerah berlatar belakang profesional hukum ini menginginkan, Inspektorat Kota Parepare melakukan pemantauan ketat dan koordinasi dengan BPKP terhadap sistem tata kelola keuangan dan pembangunan Pemkot Parepare.

“Saya tidak mau lihat kepala dinas saya punya kegiatan tambahan. Inspektorat harus terus melakukan pengawasan. Jangan sampai kadar integritas anda terganggu karena ada kegiatan lain,” pungkas Ketua DPD I Golkar Sulsel ini.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar18 Oktober 2021 14:57
Waspadai Gelombang Ketiga Covid 19, Plt Gubernur Sulsel Tetap Buka Layanan FIT
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengaku akan tetap membuka layanan Fasilitas Isolasi Terintegrasi (FIT) Pr...
Politik18 Oktober 2021 13:52
Vaksinasi Golkar Sulsel Sasar Warga Pulau di Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan akan melaksanakan program serbuan vaksinasi di Pulau Baranglompo Makassar. Kegia...
Adventorial18 Oktober 2021 12:46
Parepare Zona Hijau, Pemkot Minta Tetap Terapkan Prokes Ketat
SULSELSATU.com, Parepare — Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, menghadiri langsung pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang digelar di Masjid bes...
Sponsored by MGID
Adventorial18 Oktober 2021 12:38
Momentum Maulid, Taufan Pawe : Jadikan Nabi Muhammad Teladan Dalam Kehidupan
SULSELSATU.com, Parepare — Momentum Maulid Nabi Muhammad SAW, menjadi momen untuk mengajak seluruh ummat Islam di Kota Parepare untuk senantiasa...