Logo Sulselsatu

Wawali Pangerang Rahim Apresiasi Orientasi Indeks Pembangunan bagi Remaja

Andi Fardi
Andi Fardi

Selasa, 19 Oktober 2021 15:28

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, Parepare — Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim mengapresiasi DPPKB yang menggelar Orientasi Indeks Pembangunan Keluarga (IPK) bagi Remaja untuk mendorong jadi pelopor pembangunan keluarga.

Menurutnya, kegiatan ini selaras dengan visi Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare yang tengah mewujudkan Parepare sebagai kota maju, mandiri, dan berkarakter.

“Visi tersebut salah satunya diwujudkan dengan cara membangun kualitas SDMnya, khususnya remaja sebagai generasi penerus bangsa,” ucap Pangerang.

Diketahui, Orientasi Indeks Pembangunan Keluarga bagi Remaja oleh DPPKB Parepare ini berlangsung di Ruang Meeting, Hotel Pare Beach, Parepare. Jumat, 15/10/2021 lalu.

Orientasi itu diikuti oleh Forum Genre Kota Parepare dan sejumlah organisasi pemuda dengan narasumber oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Parepare, H. Abdul Gaffar, S.Ag.,MA dan perwakilan DP3A, Dr. Anti.

Kepala Dinas DPPKB Kota Parepare, Dr. Halwatiah pada waktu itu mengatakan bahwa kegiatan dilaksanakan untuk memberikan edukasi kepada remaja tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan perencanaan jenjang pendidikan, berkarier dalam pekerjaan, sampai menikah sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Menurut Halwatiah, ada tiga hal yang perlu diketahui oleh remaja. Ketiga hal itu adalah seks pranikah, pernikahan dini, dan narkoba. Ia menegaskan agar seseorang tak melakukan seks pranikah karena memiliki banyak risiko, seperti terpapar HIV atau penyakit seksual lainnya.

“Sementara pernikahan dini harus dihindari karena dapat berdampak pada kesehatan reproduksi. Selain itu, banyak hal lain yang harus dipersiapkan, seperti mental dan finansial, serta menyamakan visi dan misi,” ucapnya.

“Tujuannya, agar kelak remaja bisa melewati lima transisi kehidupan dengan baik. Transisi tersebut meliputi yaitu melanjutkan sekolah, mencari pekerjaan, memulai kehidupan berkeluarga, menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat, dan mempraktekkan hidup sehat,” ungkapnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi28 Maret 2024 22:30
Penyaluran Kredit UMKM Januari 2024 di Sulsel Mencapai Rp59,96 Triliun
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulselbar merilis penyaluran kredit UMKM di Sulsel hingga posisi Januari 2024 mencapai Rp59,96 triliun. Nominalnya naik 1...
Berita Utama28 Maret 2024 22:24
PLN Jeneponto Bukber Sekaligus Berbagi Keberkahan Ramadhan Dengan Yatim Dhuafa
SULSELSATU.com,JENEPONTO – PT. PLN Persero Rayon Jeneponto berkolaborasi dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) menggelar buka puasa bersama (Bukber) ...
Sulsel28 Maret 2024 22:02
Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023
Dari data BPS pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa tumbuh positif. Menjadi 5,82 persen pada 2023, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya 4,5...
Video28 Maret 2024 21:34
VIDEO: Muchlis Misbah Atensi Khusus Pasar Sentral dan Butung
SULSELSATU.com – Podcast bersama Anggota DPRD Kota Makassar, Muchlis Misbah pada Selasa (26/3/2023) lalu. Dalam kesempatan tersebut, Muchlis Mis...