Logo Sulselsatu

Kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar Sebut Taufan Pawe Kepala Daerah Paling Inovatif

Andi Fardi
Andi Fardi

Selasa, 26 Oktober 2021 05:35

Kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar Sebut Taufan Pawe Kepala Daerah Paling Inovatif

SULSELSATU.com, Makassar — Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan (Puslatbang) dan Kajian Manajemen Pemerintahan (KMP) Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Andi Taufik melontarkan pujiannya kepada Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Andi Taufik menilai, Taufan Pawe kepala daerah paling inovatif. Kemajuan Kota Parepare sangat siginifikan. Hal itu bisa dilihat sebelum dan saat Kota Parepare dinahkodai pria berakronim TP itu.

Taufik mengatakan hal tersebut saat pembukaan Pelaksanaan Lomba Inovasi Daerah Kota Parepare tahun 2021, di Kantor Puslatbang KMP LAN RI Makassar, Jalan Baruga, Makassar, Senin, 25 Oktober 2021.

“Sebelum dijabat oleh Pak TP, Kota Parepare minim inovasi. Kita lihat sekarang setalah beliau (Taufan Pawe) memimpin, dari waktu ke waktu inovasi terus tumbuh dan ada dimana-mana,” katanya.

Sponsored by MGID

Dirinya menjelaskan, secara filosofi, inovasi sulit hadir jikalau digerakkan dari bawah saja. Harus pemimpin yang menggerakkan inovasi itu. Dan itu terjadi di Kota Parepare di bawah kendali Taufan Pawe.

Bahkan Andi Taufik menjadikan Kota Parepare icon inovasi daerah. Tak heran Kota Parepare dijadikan tempat pembelajaran bagi daerah lain di Indonesia.

“Sebagai putra daerah Kota Parepare, saya sangat senang dan bangga Kota Parepare memiliki pemimpin seperti Bapak Taufan Pawe. Makanya Parepare kita jadikan icon untuk inovasi daerah,” jelasnya.

“Setiap kesempatan saya mendorong pemerintah daerah di Indonesia untuk studi banding di Parepare. Saya meminta mereka melihat langsung, belajar, dan meniru kepimpinan, pengawasan, administrasi di Parepare,” ungkapnya.

Tak sampai disitu, dirinya meminta Taufan Pawe membuat buku inovasi Pemkot Parepare. Dirinya ingin menjadikan buku tersebut menjadi referensi wajib bagi pemerintah daerah yang menggelar pelatihan dan kerja sama di Puslatbang KMP LAN RI Makassar.

“Kami mendorong Kota Parepare bisa membuat satu buku tentang inovasi Kota Parepare. Dan itu akan kami jadikan buku wajib pada semua pelatihan kepemimpinan kita dan diharapkan menginspirasi seluruh daerah di Indonesia,” bebernya.

Sementara Wali Kota Parepare, Taufan Pawe turut mengapresiasi Kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar, Andi Taufik. Betapa tidak, semenjak kedua pihak melakukan MoU kerja sama, inovasi Pemkot Parepare semakin menonjol.

Kepala daerah berlatar belakang profesional hukum ini juga mengingatkan kembali para jajaran Pemkot Parepare akan pentingnya integritas.

“ASN yang tidak berintegritas akan sulit berinovasi. Mengingat di dalam integritas ada kapasitas. Di era digitalisasi saat ini tidak ada alasan bagi ASN tidak melek dengan perkembangan kekinian. Kita dituntut untuk terus berinovasi,” katanya.

Ketua Golkar Sulsel ini meminta seluruh jajarannya untuk tidak pernah berhenti belajar dan selalu menghasilkan inovasi. Kepuasan masyarakat Kota Parepare atas pelayanan pemerintah daerah harus terus dijunjung.

“Inovasi itu adalah kemauan kuat dari imajinasi yang tajam untuk lain dari pada yang lain. Secara umum inovasi itu menuju peradaban yang lebih baik,” pungkasnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi30 November 2021 08:42
Erick Thohir Kukuhkan Aestika Oryza Gunarto Sebagai Ketum Forum Humas BUMN
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Humas (FH) BUMN terus memperkuat komitmen dalam menjamin penyampaian informasi mengenai Badan Usaha Milik Negar...
Makassar30 November 2021 08:07
Wali kota Danny Tanggung Biaya Pengobatan Kedua Mahasiswa Korban Pertikaian
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota, Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menjenguk kedua korban pertikaian mahasiswa asal kabupaten Lu...
Makassar30 November 2021 00:04
Saksikan Penyerahan DIPA Oleh Jokowi, Danny Harap Antisipasi Penanganan Covid-19 Gelombang III
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menyaksikan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA...
Sponsored by MGID
Breaking News29 November 2021 23:25
Terbukti Bersalah, Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara dan Denda Rp500 Juta
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulsel nonaktif, Nurdin Abdullah terbukti bersalah oleh Majelis Hakim. Putusan dibacakan Ketua Majelis Hakim...