Logo Sulselsatu

Kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar Sebut Taufan Pawe Kepala Daerah Paling Inovatif

Andi Fardi
Andi Fardi

Selasa, 26 Oktober 2021 05:35

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, Makassar — Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan (Puslatbang) dan Kajian Manajemen Pemerintahan (KMP) Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Andi Taufik melontarkan pujiannya kepada Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Andi Taufik menilai, Taufan Pawe kepala daerah paling inovatif. Kemajuan Kota Parepare sangat siginifikan. Hal itu bisa dilihat sebelum dan saat Kota Parepare dinahkodai pria berakronim TP itu.

Taufik mengatakan hal tersebut saat pembukaan Pelaksanaan Lomba Inovasi Daerah Kota Parepare tahun 2021, di Kantor Puslatbang KMP LAN RI Makassar, Jalan Baruga, Makassar, Senin, 25 Oktober 2021.

“Sebelum dijabat oleh Pak TP, Kota Parepare minim inovasi. Kita lihat sekarang setalah beliau (Taufan Pawe) memimpin, dari waktu ke waktu inovasi terus tumbuh dan ada dimana-mana,” katanya.

Dirinya menjelaskan, secara filosofi, inovasi sulit hadir jikalau digerakkan dari bawah saja. Harus pemimpin yang menggerakkan inovasi itu. Dan itu terjadi di Kota Parepare di bawah kendali Taufan Pawe.

Bahkan Andi Taufik menjadikan Kota Parepare icon inovasi daerah. Tak heran Kota Parepare dijadikan tempat pembelajaran bagi daerah lain di Indonesia.

“Sebagai putra daerah Kota Parepare, saya sangat senang dan bangga Kota Parepare memiliki pemimpin seperti Bapak Taufan Pawe. Makanya Parepare kita jadikan icon untuk inovasi daerah,” jelasnya.

“Setiap kesempatan saya mendorong pemerintah daerah di Indonesia untuk studi banding di Parepare. Saya meminta mereka melihat langsung, belajar, dan meniru kepimpinan, pengawasan, administrasi di Parepare,” ungkapnya.

Tak sampai disitu, dirinya meminta Taufan Pawe membuat buku inovasi Pemkot Parepare. Dirinya ingin menjadikan buku tersebut menjadi referensi wajib bagi pemerintah daerah yang menggelar pelatihan dan kerja sama di Puslatbang KMP LAN RI Makassar.

“Kami mendorong Kota Parepare bisa membuat satu buku tentang inovasi Kota Parepare. Dan itu akan kami jadikan buku wajib pada semua pelatihan kepemimpinan kita dan diharapkan menginspirasi seluruh daerah di Indonesia,” bebernya.

Sementara Wali Kota Parepare, Taufan Pawe turut mengapresiasi Kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar, Andi Taufik. Betapa tidak, semenjak kedua pihak melakukan MoU kerja sama, inovasi Pemkot Parepare semakin menonjol.

Kepala daerah berlatar belakang profesional hukum ini juga mengingatkan kembali para jajaran Pemkot Parepare akan pentingnya integritas.

“ASN yang tidak berintegritas akan sulit berinovasi. Mengingat di dalam integritas ada kapasitas. Di era digitalisasi saat ini tidak ada alasan bagi ASN tidak melek dengan perkembangan kekinian. Kita dituntut untuk terus berinovasi,” katanya.

Ketua Golkar Sulsel ini meminta seluruh jajarannya untuk tidak pernah berhenti belajar dan selalu menghasilkan inovasi. Kepuasan masyarakat Kota Parepare atas pelayanan pemerintah daerah harus terus dijunjung.

“Inovasi itu adalah kemauan kuat dari imajinasi yang tajam untuk lain dari pada yang lain. Secara umum inovasi itu menuju peradaban yang lebih baik,” pungkasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...