Logo Sulselsatu

RSUD Parepare Hadirkan Alat Canggih MRI Bebas Radiasi

Andi Fardi
Andi Fardi

Senin, 01 November 2021 09:46

RSUD Parepare Hadirkan Alat Canggih MRI Bebas Radiasi

SULSELSATU.com, Parepare — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, terus melengkapi peralatan medis yang canggih dalam menunjang pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Rumah sakit rujukan yang terletak di Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat ini, memiliki alat penunjang pemeriksaan dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI) 1.5 Tesla.

Direktur RSUD Andi Makkasau, Dokter Renny Anggraeni Sari mengatakan, MRI merupakan pemeriksaan organ tubuh yang dilakukan dengan menggunakan teknologi magnet dan gelombang radio.

“Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendapatkan hasil gambar organ, tulang, dan jaringan di dalam tubuh secara rinci dan mendalam. Pemeriksaan ini dilakukan sebagai alat bantu diagnosis untuk dokter,” katanya.

Sponsored by MGID

Renny menjelaskan, MRI sering dilakukan dan berkaitan dengan pemeriksaan terhadap otak, saraf tulang belakang, jantung, pembuluh darah, tulang, sendri, jaringan lunak, dan organ-organ tubuh lainnya.

‘Pemeriksaan organ tubuh melalui prosedur MRI sering dianggap sebagai cara yang lebih aman. Sebab, berbeda dengan foto rontgen atau CT scan, pemeriksaan dengan MRI tidak memancarkan radiasi, sehingga cukup aman untuk dilakukan pada ibu hamil sekalipun,” jelasnya.

Renny memaparkan, prosedur MRI bisa dilakukan terhadap sejumlah organ tubuh tertentu, untuk mendeteksi kelainan atau gangguan kesehatan yang mungkin menyerang.

Ada berbagai organ yang biasanya diperiksa melalui MRI, di antaranya otak, saraf tulang belakang, jantung, pembuluh darah, tulang dan sendi,” ujarnya.

Renny menambahkan, pemeriksaan MRI juga bisa dilakukan untuk memeriksa keberadaan tumor atau kelainan dari banyak organ di dalam tubuh yang meliputi saluran empedu, ginjal, hati, limpa, pankreas, rahim, ovarium, serta prostat.

“Untuk saat ini pelayanan MRI di RSUD Andi Makkasau Parepare sudah dapat dilaksanakan bagi peserta BPJS maupun layanan pasien umum,” tandasnya.

Wali Kota Parepare Taufan Pawe, dalam beberapa pertemuan juga terus menekankan kepada jajaran SKPD untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

“Termasuk layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasau, yang merupakan rumah sakit rujukan di bagian Utara Sulawesi Selatan,” katanya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

OPD06 Desember 2021 20:47
Rangga Janji Perjuangkan Aspirasi Warga Saat Reses Bisa Terealisasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Sulsel Fachruddin Rangga kembali melakukan reses pada titik keempat di Kelurahan Pa’bundukang, Kecamat...
Berita Utama06 Desember 2021 20:13
Capaian Vaksinasi di Jeneponto Masih Rendah, Satgas Covid-19 Sulsel Turun Tangan
SULSELSATU.com, Jeneponto – Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sulsel turun tangan langsung melakukan vaksinasi di Jeneponto. Kedatangan tim Satgas Co...
Breaking News06 Desember 2021 20:05
Varian Omicron Terus Menyebar, Pemerintah Tunda Pemberangkatan Umroh Sampai Tahun 2022
SULSELSATU.com, JAKARTA – Varian Omicron terus menyebar ke sejumpah negara. Melihat kondisj tersebut, Pemerintah memutuskan untuk menunda pember...
Sponsored by MGID
Ekonomi06 Desember 2021 19:46
BRI Tanggap Bencana Semeru, Kerahkan Mobil Evakuasi dan Bangun Posko Bantuan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Proses penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur masih terus berjala...