Logo Sulselsatu

Yayasan Hadji Kalla Beri Pelatihan Mitigasi Bencana di Kabupaten Luwu

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Jumat, 05 November 2021 21:42

Simulasi Mitigasi Bencana yang Dilakukan Yayasan Hadji Kalla di Desa Boneposi, Kabupaten Luwu (dok. Kalla)
Simulasi Mitigasi Bencana yang Dilakukan Yayasan Hadji Kalla di Desa Boneposi, Kabupaten Luwu (dok. Kalla)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Yayasan Hadji Kalla menggelar program pelatihan mitigasi bencana, dan simulasi bencana alam di desa binaan Boneposi, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu.

Kegiatan ini digelar selama dua hari pada 30-31 Oktober 2021. Desa Bonepsosi terletak di lokasi dataran tinggi dengan kondisi tanah yang curam. Kondisi ini menyebabkan daerah ini berpotensi mengalami bencana tanah longsor, aliran deras, dan tanah retak.

Sementara itu, pengetahuan dan pemahaman masyarakat terkait mitigasi bencana alam masih rendah. Hal ini terjadi karena rendahnya kesadaran masyarakat terkait resiko terjadinya bencana alam yang sewaktu waktu bisa terjadi.

Baca Juga : Yayasan Hadji Kalla Bersama BPPAUD Gelar Pelatihan Pendampingan PAUD Terakreditasi dan Mandiri

Kegiatan pemberdayaan masyarakat berwujud Program Desa Bangkit Sejahtera oleh Yayasan Hadji Kalla berupa pelatihan mitigasi dan simulasi bencana alam. Kegiatan ini bermanfaat sebagai salah satu cara untuk menyadarkan masyarakat, akan pentingnya melengkapi diri dengan pengetahuan dan pemahaman terhadap bencana alam yang mungkin saja terjadi sewaktu-waktu.

Sponsored by MGID

Fasilitator Desa Binaan yang bertugas di Boneposi, Akhsan mengatakan, Sasaran kegiatan ini dikhususkan untuk masyarakat usia lanjut, usia produktif pemuda dan siswa-siswa sekolah yang merupakan generasi penerus desa. Pengetauan dan pengalaman yang diterima melalui pelatihan ini dapat dibawa dan ditularkan kepada lingkungan sekitar.

“Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah metode sosialisasi dan simulasi. Sosialisasi dengan cara penyampaian materi menggunakan pendekatan langsung dengan tujuan bisa menyampaikan informasi dengan lengkap namun bisa dipahami dengan mudah dan cepat,” jelasnya, Jumat, (5/11/2021).

Baca Juga : Program Desa Bangkit Sejahtera Yayasan Hadji Kalla Berdayakan Komoditas Kopi di Boneposi

Sementara itu, simulasi yang dipraktekan adalah penanganan saat terjadinya longsor dan banjir. Pada sesi penyampaian materi, peserta diberi pengetahuan mengenai becana apa saja yang rawan terjadi di Desa Boneposi, serta cara pencegahan dan kegiatan pasca bencana.

“Kegiatan ini kami canangkan karena hampir setiap hujan deras datang, selalu terjadi longsor di beberapa titik jalan atau lereng. Terkadang akses warga keluar desa terputus beberapa hari karena hal tersebut,” jelas Akhsan.

Penulis : Sri Wahyudi Astuti
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar08 Desember 2021 19:03
Unduh Aplikasi Kallafriends Dapat 10 Ribu Kalla Point yang Bisa Ditukar di Gastros MaRI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kalla Group menghadirkan aplikasi Kallafriends yang bisa digunakan untuk akses produk dan layanan Kalla Group. Dengan...
Video08 Desember 2021 19:02
VIDEO: Kepergok Pacaran, Sang Ayah Hancurkan Ponsel Sang Anak
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang pria yang diduga ayah melempar dan membanting ponsel milik anaknya. Video tersebut viral di...
Berita Utama08 Desember 2021 18:53
Walikota Tunjuk Pejabat Sementara Direksi Perusda, Dewan: Wujudkan Mimpi Danny-Fatma
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menunjuk sejumlah pejabat sementara untuk mengisi jabatan yang lowong di seluru...
Sponsored by MGID
Berita Utama08 Desember 2021 18:38
Peringatan Dini BMKG untuk Sulsel: Waspadai Hujan Ekstrem di Bulan Januari
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mencatat curah hujan yang terjadi di Sulsel sa...