Logo Sulselsatu

Pemilih Wajib Vaksin, Cakades Diperbolehkan Fasilitasi Vaksinasi Warga

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Minggu, 07 November 2021 15:04

Vaksinasi di Takalar (Ist)
Vaksinasi di Takalar (Ist)

SULSELSATU.com, TAKALAR – Perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 akan dilaksanakan pada 17 November mendatang.

Pikades kali ini diselenggarakan dalam suasana pandemi covid-19, seluruh pemilih diwajibkan untuk mengikuti vaksinasi minimal vaksin pertama untuk mencegah cluster baru penyebaran covid-19 di TPS.

Para calon kepala desa, lembaga ataupun kelompok masyarakat diperbolehkan untuk turut serta membantu warga atau calon pemilihnya mendapatkan pelayanan vaksin.

Baca Juga : Rakor Penguatan Peran dan Fungsi Forum Kewasapadaan Dini Daerah Dipusatkan di Takalar

Hal ini guna memastikan bahwa tidak ada calon pemilih yang kehilangan hak suara karena tidak ikut vaksin.

Sponsored by MGID

“Setiap calon kepala desa diperkenankan memfasilitasi para pemilihnya untuk divaksin sebelum hari pemilihan dengan terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat, boleh koordinasi dengan kepala desa, camat dan tentu harus koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan minimal 100 orang yang akan divaksin,” kata Sekda Takalar H. Hasbi. Minggu (07/11/2021).

Adapun calon pemilih yang mendapat pengecualian vaksin yakni pemilih yang memiliki penyakit bawaan atau kormobid, dan harus menunjukkan keterangan dari petugas screening.

Baca Juga : Wabup Takalar Harap Hasil Tes Urine Para Calon Kades Segera Terbit

” Jadi vaksinasi di kantor desa akan tetap berjalan, disamping itu cakades atau lembaga yang ingin ikut memfasilitasi itu boleh tapi koordinasi dengan dinas terkait atau puskesmas,” pungkas Hasbi.

Selain untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, wajib vaksin bagi calon pemilih juga sebagai upaya untuk mencapai 70 persen herd imunity di Takalar.

Wajib vaksin juga menjadi syarat utama bagi para calon kepala desa yang akan bertarung pada 17 november mendatang.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Internasional21 Januari 2022 17:01
ISIS Serang Penjara Suriah Lepaskan Tahanan Sesama Anggota
SULSELSATU.com – Kelompok ISIS dilaporkan telah menyerang penjara di timur laut Suriah pada hari Kamis (20/1/2022) waktu setempat. Dalam seranga...
Video21 Januari 2022 16:13
VIDEO: Mobil Sedan Tersangkut di Peyangga Kabel Listrik PLN
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mobil sedan berwarna biru tersangkut di kabel peyangga listrik milik PLN. Terlihat dalam video mobi...
Makassar21 Januari 2022 15:40
Ikut Honda Student Fest, Bisa Dapat Hadiah Honda Genio Loh!
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Bara...
Sponsored by MGID
Makassar21 Januari 2022 13:38
Camat Tallo Alamsyah Minta Kontainer Makassar Recover Jadi Posko Tanggap Bencana
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Usai mengunjungi korban bencana angin puting beliung di Kelurahan Rappokalling, Camat Tallo, Alamsyah Sahabuddin, lan...