Logo Sulselsatu

Video Pembongkaran Rumah Imbas Pilkades di Jeneponto Viral, Anggota DPRD Provinsi Sulsel Angkat Bicara

Dedy
Dedy

Rabu, 17 November 2021 13:59

Salah satu rumah warga di Dusun Kawaka, dibongkar (Int)
Salah satu rumah warga di Dusun Kawaka, dibongkar (Int)

SULSELSATU.com,Jeneponto – Sejumlah video beredar luas di sosial media (Sosmed) Facebook aksi Pembokaran rumah oleh puluhan massa yang diduga imbas pasca Pilkades Punagaya, Kecamatan Bangkala tepatnya Kampung Kawaka.

Dalam video yang beredar, pembongkaran rumah tersebut di picu lantaran pemilik lahan marah karena tidak memilih calonya di Pilkades Punagaya.

Menanggapi video yang beredar, anggota DPRD Provinsi Sulsel dari Fraksi Demokrat, Mulyadi Mustamu ikut angkat bicara.

“Yang saya dengar disana itu, kayaknya bukan dibongkar yah tapi dirusak. Saya lihat di video itu, di medsos, di rusak kasihan,” Kata Mulyadi Mustamu, Selasa malam (16/11/2021) kepada awak media.

Karaeng Tinggi kata Sapaanya itu mengaku prihatin atas demokrasi yang terjadi di Jeneponto.

“Demokrasi kan, orang bebas memilih tapi kalau diintimidasi bukan demokrasi lagi namanya,” pungkasnya.

Mantan wakil Bupati Jeneponto yang kampung halamanya berada di Desa Punagaya, mengaku siap membantu masyarakat yang rumahnya Dibongkar imbas Pilkades.

“Saya siap menampung mereka. Disekitar situ (Kawaka) ada beberapa saya punya lahan, kesana aja semua nanti kita bantu dan tempatnya gratis,” ujarnya.

Untuk luas lahan yang disediakan kata Mulyadi dapat menampung puluhan rumah panggung.

“Biar beberapa puluh rumah bisa,” bebernya.

Bahkan kata Mulyadi, sudah memberi tahu masyarakat yang rumahnya Dibongkar imbas Pilkades melalui kepala dusun agar korban pindah ke lokasinya.

“Saya sudah sampaikan kepala dusun, pindah saja ke tempat saya dan dekat disitu,” ungkapnya.

Mulyadi juga meminta kepada masyarakat agar tidak memikirkan biaya pembangunan rumahnya nanti di lokasi yang baru.

“Untuk biaya, insha Allah kita bantu juga tapi saya sudah sampaikan bahwa kita bergotong royong sama-sama untuk membangun sama-sama,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Sebanyak 8 unit rumah warga di Dusun Kawaka Desa Punagaya, Kecamatan Bangkala, Jeneponto, diminta untuk dibongkar, Selasa (16/11/2021).

Rumah tersebut dibongkar atas persetujuan pemilik rumah dan perintah pemilik lahan yang marah akibat diduga tidak memilih Calon Kades nomor urut 2, Andi Mustamu Arfa.

Kapolres Jeneponto, AKBP Yudha Kesit Dwijayanto yang dihubungi sulselsatu.com membenarkan adanya sejumlah rumah di Desa Pungaya dibongkar efek Pilkades.

“Rumah yang dibongkar ada 8 unit karena terbukti tidak melakukan pencoblosan pada calon Kepala Desa nomor urut 2 dan mereka sudah membuat pernyataan,”kata Yudha.

Yudha menjelaskan, sejumlah masyarakat yang ada di Dusun Kawaka sebelumnya pernah membuat surat pernyataan kepada pemilik Lahan (Aldin) untuk mencoblos nomor urut 2.

Sementara terkait video yang viral di sosial media aksi penrusakan rumah, Yudha menilai itu bukan penrusakan melainkan rumah tersebut dibongkar atas persetujuan pemilik rumah.

“Jadi bahasanya bukan penrusakan, cuma karena kekecewanya yang punya tanah lantaran sudah diberi tanah untuk mendirikan rumah tetapi mereka tidak mencoblos calon nomor 2,”katanya.

Atas kejadian tersebut, sejumlah Personel Brimob Polda Sulsel, Polres Jeneponto dan Polsek Bangkala mendatangi lokasi untuk mencegah terjadi gesekan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan20 April 2024 12:56
Prof Abdul Mu’ti Ajak Warga Muhammadiyah di Sulsel Tingkatkan Kerukunan di Tengah Persoalan Bangsa
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Abdul Mu’ti hadir langsung dalam kegiatan Syawalan bersama rib...
Hukum20 April 2024 11:27
Kanwil Kemenkumham Sulsel Audiensi ke Dinas Pendidikan Sulsel, Koordinasikan Kegiatan RuKI Goes to School
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) telah melakukan audiensi ke Din...
Ekonomi20 April 2024 10:42
BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang dan Penuhi Permintaan Saat Lebaran
SULSELSATU.com, SIDOARJO – Momen Ramadan dan Idul Fitri membawa berkah tersendiri bagi pelaku usaha kue kering dan berbagai macam snack. Bukan h...
Video19 April 2024 23:42
VIDEO: Bocah Nangis saat Pemain Timnas U-23 Hadapi Pinalti Australia
SULSELSATU.com – Seorang bocah nangis tersedu saat Kiper Timnas U-23 Ernando Ari Sutaryadi menghadapi tendangan pinalti. Saat pertandingan mengh...