Logo Sulselsatu

DLH Parepare Apresiatif Pemenang Lomba Kebersihan Lingkungan

Andi Fardi
Andi Fardi

Jumat, 19 November 2021 18:47

DLH Parepare Apresiatif Pemenang Lomba Kebersihan Lingkungan

SULSELSATU.com, Parepare — Pemerintah Kota Parepare melalui Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyerahkan penghargaan kepada para pemenang lomba kebersihan lingkungan perumahan/permukiman se kota Parepare tahun 2021.

Acara penyerahan di gelar di taman kawasan Kebun Raya Jompie, kota Parepare. Jumat, (19/11/2021).

Lomba tersebut diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan refleksi delapan tahun kepemimpinan Wali Kota Parepare HM. Taufan Pawe.

Kepala Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Parepare, Budi Rusdi mengapresiasi para pemenang lomba kebersihan tersebut.

Sponsored by MGID

Dia mengatakan lomba kebersihan lingkungan tahun ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan di wilayahnya masing masing.

“Ya, tentu ini sebagai motivasi bagi warga, dan menjadi evaluasi tingkat kebersihan pada wilayah Kelurahan yang ada di Kota Parepare. Kita apresiatif sebagai bentuk kepedulian pemerintah,” ujar Budi Rusdi.

Budi pun menyampaikan selamat kepada pemenang lomba. Dia berharap dan mengajak masyarakat Parepare untuk terus menjaga dan merawat kebersihan lingkungan.

Penilaian pada lomba itu dilakukan oleh tim dari Dinas terkait dan Forum Komunitas Hijau (FKH) Parepare atas berbagai indikator terutama pada ruang terbuka hijau (RTH).

Perumahan Bumi Carlos Residence (BCR) Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, berhasil menjadi salahsatu pemenang.

“Alhamdulillah kita juara terbaik ke II dalam ajang lomba tersebut. Kita bangga dan bersyukur dapat meraih penghargaan itu. Ini hasil dari kekompakan warga kompleks dalam menjaga dan merawat lingkungan yang bersih. Terimakasih kepada Pak Lurah yang mendukung kami,” ujar Joni Tanbila, Kepala Lingkungan di Perumahan BCR Residence.

Dia berharap kedepan raihan ini dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan. Mengingat perumahan itu mengandalkan keasrian lingkungan karena ruang terbuka hijaunya (RTH) yang cukup memadai.

“Kita punya RTH yang memadai. Lingkungan kami bersih, aman, asri, dan teduh. Itu akan kita pertahankan dengan bimbingan dari Pak Lurah, terutama kekompakan warga kompleks,” ungkap Joni.

Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas Lingkungan Kantor DLH Parepare, Jenamar Aslan, menjelaskan, penilaian lomba kebersihan dilakukan pada lokasi perumahan/permukiman usulan dari 22 Kelurahan di Parepare.

“Indikator penilaiannya adalah kebersihan area permukiman, drainase, RTH, dan pengelolaan sampah dengan metode penilaian menggunakan skala likers rentang nilai 30 sampai 90 point. Itu kami laksanakan sejak tanggal 13-16 November 2021,” jelasnya.

Ditempat lain, Ketua Forum Komunitas Hijau Parepare, H. Bakhtiar Syarifuddin mengungkapkan, dalam melakukan penilaian pihaknya mengedepankan objektifitas.

Dia mengapresiasi pihak perumahan dan kelurahan yang terpilih sebagai pemenang. Menurutnya pemenang lomba kebersihan itu termasuk perumahan yang memiliki standar layak huni.

“Kita telah memotret perwajahan kuantitas dan kualitas RTH di pemukiman dan perumahan disetiap Kelurahan sepanjang 8 tahun terakhir. Kita ingin memastikan tingkat derajat kualitas lingkungan hidup yang bersih, sehat dan hijau. Kita objektif dan kita harapkan hadirnya pemukiman dan perumahan yang layak huni bagi warga Parepare,” ungkap Wakil Ketua Umum KONI Parepare itu.

Dia menambahkan, menghadapi iklim pemanasan global yang telah melanda berat kehidupan warga perkotaan, pemenuhan ketersediaan RTH yang berkualitas disetiap pemukiman dan perumahan sudah menjadi keharusan.

“Sehingga melalui ajang lomba ini diharapkan menjadi momentum yang tepat untuk memicu dan memacu kesadaran warga masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup disekitarnya,” tandas Bakhtiar Syarifuddin.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Adventorial02 Desember 2021 23:28
Plt Gubernur Akui Inovasi Taufan Pawe di Hadapan Kepala Daerah di Sulsel
SULSELSATU.com, Makassar — Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengakui sosok Taufan Pawe sebagai kepala daerah inovatif. Hal itu ia lont...
Makassar02 Desember 2021 23:06
Narasumber di Supermentor, Wali Kota Danny Paparkan Arti Sebuah Kepemimpinan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menjadi pembicara membahas tentang kepemimpinan dalam acara Su...
Makassar02 Desember 2021 20:40
Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Mulai Diterapkan TK Islam Athirah 1
SULSELSATU.com, MAKASSAR – TK Islam Athirah 1 siap melakukan pembelajaran tatap muka (TPM) terbatas mulai Desember 2021 ini. Kepala TK Islam Ath...
Sponsored by MGID
Makassar02 Desember 2021 20:21
Difasilitasi ANC Japan dan PT IKI, Plt Gubernur Sulsel Sebut Peluang 10 Ribu Lulusan SMK Bisa Bekerja di Jepang
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menyambut baik peluang yang diberikan oleh PT Industri Kapal Indonesia (Persero)...