Logo Sulselsatu

Tidak Ada Lagi Kelas, Layanan BPJS Kesehatan Tidak Akan Dibedakan

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Senin, 06 Desember 2021 10:16

Kelas pada layanan BPJS Kesehatan akan dihapuskan (istimewa)
Kelas pada layanan BPJS Kesehatan akan dihapuskan (istimewa)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan menghapus kelas pada setiap layanannya. Penghapusan kelas ini akan dilakukan secara bertahap yang dimulai pada tahun 2022 mendatang.

Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), Muttaqien mengatakan, penghapusan disini nantinya meniadakan kelas 1,2,3 yang artinya ke depan hanya ada satu kelas standar jaminan kesehatan nasional (JKN).

“Terkait kelas standar JKN akan dilaksanakan secara bertahap, mengingat kondisi sedang menghadapi pandemi. Direncanakan mulai tahun 2022 mendatang,” kata Muttaqien dikutip dari CNBC Indonesia, Senin, (6/12/2021).

Muttaqien menjelaskan, tahapan yang dilakukan dengan harmonisasi regulasi, penyiapan infrastruktur, hingga sumber daya manusia (SDM). Dihapuskannya kelas peserta ini, layanan BPJS kesehatan akan sama rata lagi tidak berdasarkan kelas.

Sponsored by MGID

Namun, kategori kepesertaan masih tetap ada, yaitu peserta penerima bantuan iuran (PBI), peserta penerima upah (PPU), peserta bukan penerima upah (PBPU) dan bukan pekerja (BP).

“Prinsipnya peserta mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan,” kata Muttaqien.

Melansir CNBC Indonesia, Muttaqien mencontohkan, ketika peserta membutuhkan operasi jantung agar bisa kembali normal dan produktif menjalani hidup maka pelayanan yang diberikan kepada peserta tidak memandang perbedaan ekonomi maupun sosial yang ada.

Dengan begitu peserta kategori PBI, PPU, PBPU, dan BP nantinya mendapatkan pelayanan yang sama jika kelas tunggal JKN di BPJS kesehatan sudah berjalan.

“Tidak dibedakan karena kebutuhan standar kesehatan semua orang sama, hanya saja sampai sekarang manfaat non medis masih ada perbedaan ini yang akan diperbaiki dalam kebijakan kelas standar,” jelasnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Adventorial19 Januari 2022 16:12
Pantau Pelaksanaan Proyek, Taufan Pawe Pesan Jaga Kualitas Bangunan
SULSELSATU.com, Parepare — Wali Kota Parepare, Taufan Pawe memantau sejumlah proses pengerjaan mega proyek pembangunan infrastruktur. Salah satu...
Sulsel19 Januari 2022 15:56
Kebijakan Pemerintah Satu Harga, Pemkab Gowa Pantau Harga Minyak Goreng Rp14 Ribu Per Liter di Pasar
SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa melakukan pengecekan harga ...
Sulsel19 Januari 2022 11:16
Tingginya Geliat Bisnis Kedai Kopi, PT Vale Gelar Pelatihan Barista di Morowali
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Tingginya geliat bisnis kedai kopi yang berkontribusi positif terhadap perkembangan ekonomi kreatif, PT Vale Indone...
Sponsored by MGID
Video18 Januari 2022 23:27
VIDEO: Tak Mau Ditilang, Dua Pengendara Ini Pura-pura Jadi Petani
SULSELSATU.com – Dua pengendera motor berpura-pura jadi petani saat hendak ditilang polisi lalulintas viral di media sosial. Kejadian tersebut d...