Logo Sulselsatu

Lomba Festival Bahasa Daerah se-Sulsel, Enam Pelajar SMP di Parepare Ikut Serta

Andi Fardi
Andi Fardi

Selasa, 07 Desember 2021 22:34

Lomba Festival Bahasa Daerah se-Sulsel, Enam Pelajar SMP di Parepare Ikut Serta

SULSELSATU.com, Parepare — Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare mengutus enam orang pelajar di tingkat SMP mengikuti lomba dalam Festival Tunas Bahasa Ibu yang digelar Balai Bahasa Provinsi Sulsel.

Kegiatan perlombaan itu berlangsung dari 7 hingga 10 Desember ini dipusatkan di Hotel Novotel Grand Shayla, Kota Makassar.

Enam pelajar dari berbagai SMP ini dilepas oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Arifuddin Idris di ruang Bidang Kebudayaan didampingi Kepala Bidang Kebudayaan, Mustadirham, dan Kepala Seksi Kebudayaan, Kesenian, dan Perfilman Amirullah.

“Kalian ini sudah menjadi pemenang. Lebih dari 6000 siswa SMP tapi hanya kalian 6 orang yang terpilih dalam seleksi yang digelar dalam Olimpiade Olahraga dan Seni, kemarin. Ini membuktikan bahwa kalianlah yang terbaik,” ujar Arif, sapaan karib dia.

Sponsored by MGID

Tak hanya kepada siswa, Arif juga menitip pesan kepada guru pendamping yang dikoordinir oleh seorang guru master dari SMP Negeri 2 Parepare, Rahmaniar untuk memperkuat solidaritas dan kebersamaan dalam menjaga nama baik Kota BJ Habibie itu.

“Jaga kekompakan, saat ini kita membawa nama Parepare. Tidak lagi hanya untuk kepentingan sekolah saja tetapi kepentingan dan atas nama bersama Parepare,” pesan Arif.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menyampaikan, berbagai kebijakan dilakukan pemerintah daerah untuk membangun SDM dalam penyelenggaraan pendidikan.

“Tujuannya menciptakan generasi cerdas, merata dan memiliki prestasi gemilang. Sehingga ada penguatan karakter dengan memperhatikan nilai budaya, adat istiadat, kearifan lokal dan prinsip berbasis sekolah,” tandasnya.

Adapun enam pelajar terbaik yang merupakan siswa dari SMP 2 (4 orang) SMP 9 (1 orang), dan SMP 10 (1 orang)
adalah para juara 1 dalam lomba mendongeng, puisi, dan pidato berbahasa daerah Bugis di tingkat Kota Parepare yang dikemas dalam Olimpiade Olahraga dan Seni beberapa waktu lalu.

Adapun pelajar yang diutus adalah sebagai berikut.
1. Othman Omar Amirullah, siswa SMPN 2 (Lomba Mendongeng Bugis kategori putra)

2. Arianti Atmariani, siswa SMPN 2 (Lomba Mendongeng Bugis kategori putri)

3. Muhammad Tsabitul Azmi Firman, siswa SMPN 9 (Lomba Pidato Bugis kategori putra)

4. Ummu Zahra Sabrina, siswa SMPN 2 (Lomba pidato Bugis kategori putri)

5. Muhammad Ramdhani, siswa SMPN 2 (Lomba Puisi Bugis kategori putra)

6. Ayu Rezki Ananda, siswa SMPN 10 (Lomba Puisi kategori putri)

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 22:40
VIDEO: Bikin Bingung, Penampakan Desain Pintu Toilet yang Hanya Setengah
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan toilet umum yang sedikit nyeleneh. Seorang perekam menyebut desain toilet sangat membingungkan lant...
Sulsel20 Januari 2022 21:56
Kepala BI Sulsel Apresiasi Pengelolaan Lahan Pasca Tambang PT Vale
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Komitmen PT Vale Indonesia Tbk dalam menjaga ekosistem lingkungan di areal operasional tambang mendapat apresiasi d...
Adventorial20 Januari 2022 21:26
Buka Musrenbang RKPD, Wali Kota Parepare Harap Perencanaan Pembangunan Berkualitas
SULSELSATU.com, Parepare — Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe membuka resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pem...
Sponsored by MGID
Video20 Januari 2022 21:21
VIDEO: Penjual Nasgor Jarang Cuci Tempat Sambal Hingga Berjamur, Pembeli Sampai Ogah Makan
SULSELSATU.com – Seorang perempuan membagikan momen menjijikan saat membeli nasi goreng. Dalam video terlihat perempuan tersebut memastikan temp...