Logo Sulselsatu

Peringatan Dini BMKG untuk Sulsel: Waspadai Hujan Ekstrem di Bulan Januari

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Rabu, 08 Desember 2021 18:38

Ilustrasi
Ilustrasi

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mencatat curah hujan yang terjadi di Sulsel saat ini masuk kategori sangat ekstrem.

Kepala balai BMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan, mengatakan Hujan yang turun sejak tanggal 5 Desember ini disebut tidak pernah terjadi tahun-tahun sebelumnya.

“Di tanggal 5 itu curah hujannya mencapai 250 mm/detik kategorinya sangat ekstrem, tanggal 6 dan 7 itu naik sampai 500 mm/detik, itu lebih lagi, sangat-sangat ekstrem,” kata Dermawan, Rabu, (8/12/2021).

Baca Juga : Gempa Magnitudo 7.5 di NTT, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami di Kepulauan Selayar

Darmawan menjelaskan curah hujan selama tiga hari ini sangat tinggi. Padahal Normal curah hujan tingginya hanya 100 mm/detik.

Sponsored by MGID

“25-50 mm/detik saja disebut sudah masuk kategori lebat. Ini sampai 500 mm/detik jadi sangat di atas normal. Selama ini di Sulsel itu (curah hujannya) hanya kurang dari 50 (mm/detik)” ujarnya.

Curah hujan yang tinggi ini mengakibatkan sejumlah daerah mengalami banjir bandang dan banjir rob. Gelombang tinggi juga naik hingga tiga meter.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Prakiraan Cuaca Besok 5 April di Kabupaten/Kota se Sulsel

Kata Darmawan, hujan sangat ekstrem yang terjadi kemarin belum sampai kategori puncak. Pihaknya memperkirakan curah hujan yang lebih dan sangat ekstrem lagi baru akan terjadi pada akhir Januari 2022.

Hal tersebut diakibatkan oleh aktivitas angin Muson Barat yang bergerak ke wilayah Sulawesi Selatan. Kemudian ada pusaran angin di wilayah Kalimantan, sehingga semua angin dari Utara melambat.

Perlambatan itu terjadi di Sulawesi Selatan dan sebagian pulau Jawa. Akibatnya terjadi pertumbuhan curah hujan di wilayah Sulawesi dengan intensitas yang sangat besar.

Baca Juga : BMKG: Dampak Hujan, 17 Kabupaten/Kota di Sulsel Status Siaga, 7 Waspada

“Kami laporkan ini belum puncaknya. Kami perkirakan puncaknya itu akhir Januari. Lebih ekstrem lagi dari kemarin bahkan bisa sampai 700 mm/second, itu sangat besar sekali,” tegasnya sambil geleng-geleng kepala.

Ia mengaku hujan selebat itu belum terjadi di Sulsel sebelumnya. Tahun lalu, Sulsel diselamatkan oleh El Nino sehingga curah hujannya sedikit lebih kecil.

Namun tahun ini mengalami hal yang berbeda. Apalagi adanya badai La Nina.

Baca Juga : BMKG: Dampak Hujan, 17 Kabupaten/Kota di Sulsel Status Siaga, 7 Waspada

BMKG mengaku sudah mengeluarkan imbauan siaga banjir dan waspada bencana alam di sejumlah wilayah Sulsel. Mengingat dari pantauan pergerakan curah hujan yang hampir merata dengan intensitas sangat lebat bisa di atas 500 mm/detik.

Terutama untuk daerah Maros, Takalar, Gowa, Jeneponto. Kemudian, Pare-pare, Kabupaten Pinrang, Barru, Soppeng, Barru, Pangkep.

Oleh karena itu, BMKG Wilayah IV Makassar mengeluarkan status siaga waspada untuk Sulsel berdasarkan analisis peta berbasis dampak. Pemerintah daerah diminta untuk melakukan antisipasi dini.

Baca Juga : BMKG: Dampak Hujan, 17 Kabupaten/Kota di Sulsel Status Siaga, 7 Waspada

“Akhir Januari itu diprediksi banjir bandang. Kami minta Pemda bisa melakukan hal yang urgen dan antisipasi dini,” pungkasnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Sulsel19 Januari 2022 11:16
Tingginya Geliat Bisnis Kedai Kopi, PT Vale Gelar Pelatihan Barista di Morowali
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Tingginya geliat bisnis kedai kopi yang berkontribusi positif terhadap perkembangan ekonomi kreatif, PT Vale Indone...
Video18 Januari 2022 23:27
VIDEO: Tak Mau Ditilang, Dua Pengendara Ini Pura-pura Jadi Petani
SULSELSATU.com – Dua pengendera motor berpura-pura jadi petani saat hendak ditilang polisi lalulintas viral di media sosial. Kejadian tersebut d...
Video18 Januari 2022 21:56
VIDEO: Driver Ojol Kesasar Masuk Tol Gegara Ikuti Arahan Google Maps
SULSELSATU.com – Seorang driver ojol kedapatan saat menerobos jalan tol. Video tersebut terjadi di Tol Kota Makassar dan viral di media sosial. ...
Sponsored by MGID
Politik18 Januari 2022 21:06
NasDem Sulsel Siap Kawal Korban Kekerasan Seksual
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai NasDem sangat prihatin terhadap tingginya angka kekerasan seksual di Indonesia. Sebagai bentuk nyata kepedulia...