Logo Sulselsatu

Mulai Besok, Tukar Uang Rusak Bisa Lewat Aplikasi

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Rabu, 08 Desember 2021 15:20

BI Sulsel siapkan uang tunai dalam perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 sebesar Rp3,17 triliun (WartaBromo)
BI Sulsel siapkan uang tunai dalam perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 sebesar Rp3,17 triliun (WartaBromo)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bank Indonesia (BI) mempermudah akses penukaran uang rusak atau cacat dengan hanya melalui aplikasi. Dengan aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR) uang rusak bisa diganti menjadi uang baru.

Aplikasi tersebut dibuat oleh BI dan dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, layanan penukaran uang secara online tersebut mulai berlaku Kamis (9/12/2021) besok. Pihaknya mengatakan, adanya aplikasi tersebut untuk mengurangi antrean masyarakat di era new normal.

“Pemanfaatan aplikasi PINTAR untuk layanan penukaran uang rusak merupakan salah satu upaya BI dalam meningkatkan layanan kas kepada masyarakat dan untuk terus memperkuat layanan publik di era kenormalan baru, dengan mengurangi antrean pemesanan pada layanan penukaran uang Rupiah rusak/cacat,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono di keterangan tertulisnya dikutip dari detikcom, Rabu (8/12/2021).

Sponsored by MGID

Melansir dari detikcom, dari aplikasi tersebut masyarakat tidak perlu lagi antre berjam-jam untuk menukarkan uang rusak atau cacat. Di dalamnya, masyarakat dapat memilih lokasi kantor BI tempat penukaran uang, waktu penukaran dan jumlah nominal uang yang akan ditukar.

Setelah itu, saat akan melakukan penukaran uang di Bank Indonesia, masyarakat tinggal membawa bukti pemesanan penukaran uang melalui aplikasi PINTAR.

Selanjutnya, petugas akan melakukan perhitungan serta verifikasi keaslian uang. Adapun jam operasional penukaran uang rupiah rusak atau cacat dapat dilakukan pada pukul 08.00-11.30.

“Dengan layanan penukaran uang Rupiah rusak atau cacat yang terdigitalisasi secara online menggunakan PINTAR, masyarakat akan memperoleh layanan penukaran yang semakin pasti, akurat dan aman, nyaman, dan mudah untuk Rupiah yang berkualitas dan berdaulat di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video21 Januari 2022 20:03
VIDEO: Aksi Heroik Wanita Berhijab di Bali Padamkan Api Motor yang Terbakar
  SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan sepeda motor terbakar di Jalan Glogor Carik, Bali. Terlihat pemilik kendaraan berusahaa mema...
Kesehatan21 Januari 2022 19:14
Aduh, Penelitian Sebut Infeksi Covid-19 Menurunkan Kesuburan Pria
SULSELSATU.com, JAKARTA – Pria yang pernah terinfeksi Covid-19 terbukti menurunkan kesuburan. Fakta tersebut sesuai dengan studi terbaru dari In...
Video21 Januari 2022 18:58
VIDEO: Begini Kondisi Saat Olah TKP Kecelakaan Maut di Balikpapan
SULSELSATU.com – Polresta Balikpapan menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan maut di Balikpapan pada Jumat (21/1). Polisi juga t...
Sponsored by MGID
Internasional21 Januari 2022 17:01
ISIS Serang Penjara Suriah Lepaskan Tahanan Sesama Anggota
SULSELSATU.com – Kelompok ISIS dilaporkan telah menyerang penjara di timur laut Suriah pada hari Kamis (20/1/2022) waktu setempat. Dalam seranga...