Logo Sulselsatu

PT Vale Kirim 14 Orang Tim Tanggap Darurat ke Semeru

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Rabu, 08 Desember 2021 18:25

PT Vale kirim 14 orang tim tanggap darurat ke lokasi bencana erupsi gunung Semeru (dok. Vale)
PT Vale kirim 14 orang tim tanggap darurat ke lokasi bencana erupsi gunung Semeru (dok. Vale)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) kirim 14 orang tim tanggap darurat atau Emergency Response Group (ERG) untuk membantu operasi Search and Rescue (SAR) di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur.

Tim beranggotakan 14 orang, terdiri dari kru penyelamatan, dokter, paramedis, dan personel security berangkat dari Bandar Udara Khusus Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulsel pada Rabu, (8/12/2021).

Tim tanggap darurat PT Vale didukung dengan perlengkapan SAR, sekaligus membawa bantuan berupa peralatan kesehatan dan obat-obatan. Pada fase tanggap darurat, operasi pencarian dan penyelamatan korban akan menjadi fokus kegiatan tim.

PT Vale juga membuka posko pengungsian di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, yang bekerja sama dengan BASARNAS, Polri, dan tim gabungan di bawah koordinasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sponsored by MGID

Fire & Emergency Services Specialyst PT Vale Indonesia Tbk, Koesharjanto mengatakan, pemberangkatan tim tanggap darurat sebagai bentuk kepedulian perseroan terhadap bencana alam yang menimpa saudara-saudara yang ada di Jawa Timur.

“Bantuan yang dibawa berupa kebutuhan medis seperti peralatan kesehatan dan obat-obatan. Di lokasi bencana tim tanggap darurat akan fokus melakukan pencarian dan penyelamatan korban, semoga korban bencana lainnya bisa ditemukan segera,” katanya, Rabu, (8/12/2021).

Erupsi Gunung Semeru terjadi pada Sabtu lalu (4/12/2021), yang mengakibatkan belasan orang meninggal dunia, puluhan warga masih dinyatakan hilang, serta kerusakan pada ribuan rumah warga dan fasilitas umum.

Hingga saat ini, tim SAR terus berusaha melakukan pencarian dan penyelamatan korban jiwa yang dilaporkan tertimbun awan panas guguran.

Di bawah koordinasi Kementerian ESDM, PT Vale berperan aktif dalam mengemban misi kemanusiaan dengan mengirimkan tim tanggap darurat ke sejumlah titik bencana di tanah air.

Baru-baru ini, bantuan kemanusiaan PT Vale hadir membantu korban bencana gempa Mamuju, Sulawesi Barat, pada Januari 2021 silam. Kepedulian PT Vale pada situasi bencana tak hanya berlangsung saat fase tanggap darurat, tetapi hingga rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, seperti yang dilakukan di lokasi gempa dan tsunami Palu-Donggala, Sulawesi Tengah, pada 2018.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 22:40
VIDEO: Bikin Bingung, Penampakan Desain Pintu Toilet yang Hanya Setengah
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan toilet umum yang sedikit nyeleneh. Seorang perekam menyebut desain toilet sangat membingungkan lant...
Sulsel20 Januari 2022 21:56
Kepala BI Sulsel Apresiasi Pengelolaan Lahan Pasca Tambang PT Vale
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Komitmen PT Vale Indonesia Tbk dalam menjaga ekosistem lingkungan di areal operasional tambang mendapat apresiasi d...
Adventorial20 Januari 2022 21:26
Buka Musrenbang RKPD, Wali Kota Parepare Harap Perencanaan Pembangunan Berkualitas
SULSELSATU.com, Parepare — Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe membuka resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pem...
Sponsored by MGID
Video20 Januari 2022 21:21
VIDEO: Penjual Nasgor Jarang Cuci Tempat Sambal Hingga Berjamur, Pembeli Sampai Ogah Makan
SULSELSATU.com – Seorang perempuan membagikan momen menjijikan saat membeli nasi goreng. Dalam video terlihat perempuan tersebut memastikan temp...