Logo Sulselsatu

Gelar Pasar Murah, Ini Item Yang Disiapkan Pemkot Parepare

Andi Fardi
Andi Fardi

Senin, 13 Desember 2021 22:20

Gelar Pasar Murah, Ini Item Yang Disiapkan Pemkot Parepare

SULSELSATU.com, Parepare — Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Perdagangan bekerja sama Perum Bulog kembali menggelar pasar murah. Kali ini, pasar murah dengan pemberian subsidi sekira setengah harga tersebut menyasar 1.660 warga non muslim pra sejahtera.

Pelepasan 9 unit armada dan Tim Pasar Murah dilakukan oleh Wali Kota Parepare, Taufan Pawe di halaman Gedung Olahraga (GOR) Parepare, Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Senin, (13/12/2021).

Taufan Pawe didampingi Wakilnya, Pangerang Rahim, Ketua DPRD, Andi Nurhatina, Ketua TP PKK, Erna Rasyid Taufan, dan sejumlah Kepala SKPD, Camat, dan Lurah.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Parepare, Hasan Ginca menyebutkan, jumlah warga penerima manfaat sebanyak 1.660 orang yang tersebar di 22 kelurahan dan empat Kecamatan.

Sponsored by MGID

Hasan Ginca menjelaskan, pasar murah sebagai wujud perhatian fan kepedulian Pemkot Parepare untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok jelang natal 2021 dan tahun baru 2022 (nataru).

“Ini juga untuk mendukung program Bapak Wali Kota dalam pemulihan ekonomi,” ujar Hasan Ginca.

Pasar murah secara mobile itu dilaksanakan selama 5 hari, dimulai 13 hingga 17 Desember 2021. “Tempatnya mobile di empat kecamatan dengan sasaran 1.660 orang warga pra sejahtera non muslim,” ungkap Hasan Ginca.

Ia juga menguraikan item-item barang-barang kebutuhan pokok yang disubsidi dalam gelaran pasar murah yang benar-benar murah itu, seperti beras 5 kg harga pasaran 50ribu (subsidi harga 25 ribu), gula pasir 2 kg dengan harga Rp 24.600 subsidi Rp 12 ribu, minyak goreng Rp 36.400 dengan subsidi Rp 8 ribu, terigu 1 kg dengan harga 10 ribu atau pemberian subsidi Rp 3.500, minuman 1 botol dengan harga Rp 11.500 subsidi Rp 3 ribu, susu kaleng 1 kaleng Rp 8.600 subsidi Rp 3.500.

“Total Rp 141.100 namun setelah subsidi Rp 55 ribu, warga hanya membayar sebesar Rp 86.100,” detail Hasan Ginca.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe dalam sambutannya menyampaikan, peluncuran pasar murah itu sebagai upaya meringankan beban masyarakat jelang perayaan natal dan tahun baru.

“Pasar murah harus sukses dan betul-betul menyentuh masyarakat lapisan bawah,” harapnya, usai menyerahkan barang-barang kebutuhan pokok pasar murah secara simbolis, sekaligus melepas tim pasar murah.

Ketua DPD 1 Golkar Sulsel ini mengatakan, Pemerintah masih selalu dan tetap hadir di tengah-tengah masyarakat di saat terjadi kesulitan ekonomi di tengah-tengah masyarakatnya.

“Inilah salah satu nikmat syukur yang harus kita kedepankan. Program pasar murah ini kita sudah anggarkan dengan perhitungan akan dilakukan pada saat-saat masyarakat butuh diberi perhatian agar supaya kemampuan masyarakat bisa terjangkau, dan daya beli masyarakat bisa terkontrol,”jelas taufan.

Untuk menjelang natal dan tahun baru tambah Taufan, Pemerintah Kota menganggarkan kurang lebih Rp 650 juta untuk pelaksanaan pasar murah. Dan ini akan dibagi secara massif dan diperuntukan bagi warga menengah ke bawah.

“Contoh harga beras saja dari harga Rp 50 ribu kita subsidi Rp 25 ribu, warga saya hanya membeli beras 5 Kg dengan harga Rp 25 ribu. Ini sudah sangat luar biasa kami meringankan warga masyarakat.

Taufan juga menekankan, pasar murah itu menjadi momentum bagi para Camat, Lurah, hingga Ketua RT dan RW melakukan edukasi pencegahan Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

“Edukasi warga terapkan protokol kesehatan, bagi yang belum vaksin, agar segera diajak untuk vaksin, vaksin aman dan halal untuk kekebalan tubuh,” imbau Wali kota dua periode ini.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Januari 2022 07:44
Andi Sudirman-Airlangga Saling Puji di HUT MKGR
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri perayaan 62 tahun Ormas Musyawarah Kekelu...
Politik16 Januari 2022 23:39
Airlangga Optimis Golkar Sulsel Keluar Sebagai Pemenang di 2024
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto optimis partai berlambang pohon beringin ini akan keluar sebagai par...
Otomotif16 Januari 2022 19:10
Selama 3 Tahun Terakhir, Nmax Motor Yamaha Paling Laris
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nmax menjadi motor Yamaha yang paling banyak dibeli masyarakat di Sulawesi. PT Suracojaya Abadimotor (PT SJAM) menjad...
Sponsored by MGID
Pendidikan16 Januari 2022 18:10
Ikatli Unhas Harapkan Alumni Ada di Setiap Lini Pembangunan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebagai upaya mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar alumni, Ikatan Alumni Teknik Lingkungan (Ikatli) Uni...